Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Bagian-Bagian Daun (Luar dan Dalam)

Bagian-Bagian Daun – Selain batang dan akar, daun pada tumbuhan memiliki peran yang tak kalah penting, berikut penjelasan tentang bagian bagian dan fungsi daun pada tumbuhan.

Daun berada di bagian atas tumbuhan dan menempel di sekitar batang, daun merupakan modifikasi batang dan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil. Sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak terjadi di daun.

Setiap daun memiliki bentuk dan ukuran tertentu, sehingga dapat melakukan tugas penting dan membuat makanan dengan seefisien mungkin.

Untitled

Selain berfungsi sebagai tempat fotosintesis, daun juga memilik fungsi lain sebagai tempat terjadinya transpirasi atau proses menguapnya air dan organ pernapasan atau respirasi.

Bahkan pada tumbuhan tertentu, daun memiliki fungsi tambahan sebagai alat reproduksi vegatatif.

Bagian Bagian Luar Dan Dalam Daun

  1. Epidermis Daun

Setiap daun memiliki epidermis pada bagian permukaannya, baik permukaan atas (adaksial) dan permukaan bawah (abaksial). Pada umumnya, epidermis bersusun rapat membentuk lapisan yang kompak tanpa ruang interseluler.

Di beberapa tumbuhan sel epidermis memiliki bentuk memanjang, sehingga disebut sel panjang. Pada bagian atas tulang daun terdapat sel pendek yang dibedakan menjadi dua tipe sel, yaitu sel gabus dan silica.

Pada bagian epidermis terdapat mulut daun (stomata) yang dihimpit oleh dua sel penutup, stomata ada yang berada di permukaan atas saja, permukaan bawah saja, dan ada juga yang berada di kedua permukaan atas dan bawah daun.

Selain mulut daun, Epidermis juga memiliki beberapa tambahan bagian yang berada di antara daun, antara lain rambut daun (trikoma) dan sel kipas.

  1. Mesofil Daun (Jaringan dasar)

Mesofil merupakan jaringan yang memiliki sifat parenkim, yang terletak di sebelah dalam epidermis.

Mesofil daun terdiri atas jaringan bunga karang (jaringan spons) beserta jaringan palisade, keduanya mengandung banyak kloropla dan menjadi tempat terjadinya fotosintetis. Jaringan palisade berada di bawah epidermis, namun ada juga hipodermis yang berada di antara jaringan palisade dan epidermis.

Sel bunga karang memiliki bentuk yang beragam, namun sebagian besar hampir menyerupai sel-sel palisade karena ukurannya hampir sama dan memanjang sejajar sesuai arah permukaan daun.

Pada jaringan spons terdapat sel-selnya tidak rapat atau terdapat ruang antar sel, selain itu jaringan spons memiliki kloroplas lebih sedikit dari palisade.

Sel-sel parenkim bunga karang memiliki ciri khas sendiri, yaitu adanya cuping-cuping yang terhubung dengan sel-sel di sebelahnya.

  1. Pembuluh Daun (Berkas Pengangkut Daun)

Pembuluh pada daun terletak pada tulang daun, selain itu pada daun terdapat urat-urat halus yang berfungsi sebagai organ vital yang berfungsi sebagai jalur makanan ke seluruh bagian daun.

Baca Juga :

Di sekitar pembulu daun, terdapat tulang daun yang berfungsi untuk menguatkan daun. Bukan hanya itu, urat-urat daun juga berperan sebagai kerangka dan penopang daun.

  1. Jaringan Tambahan Daun

Selain epidermis, mesofil, dan pembuluh daun. Daun memiliki Jaringan tambahan antara sel-sel kristal dan kelenjar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme