Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya dan Menanam Rumput Gajah Mini Di Taman

Bagaimana cara mengembangkan rumput gajah mini di taman ?

Salah satu tanaman penghias dekorasi taman yang saat ini pamornya semakin meningkat dikalangan pecinta tanaman hias mahal ialah rumput gajah mini.

Tanaman yang bernama latin Pennisetum Purpureum Schamach ini tidak hanya bermanfaat untuk menutupi permukaan tanah saja, tetapi juga dapat diandalkan untuk tujuan memperindah pembatas teras dengan taman atau pemanis nat lantai carport.

kampanye

Rumput gajah mini sangat mudah dikenali yaitu memiliki daun berkelir hijau pekat (ada yang muda, licin dan mengkilat dan ada pula yang hijau pekat) yang tepat dimanfaatkan sebagai penghias taman untuk menyegarkan mata yang sedang beristirahat di teras taman.

Daun tanaman ini tebal, tepiannya agak keriting, dan panjang daunnya bisa mencapai 5 cm dengan panjang akar berkisar antara 5-8 cm.

Penampilannya lain dari jenis rumput penghias dekorasi taman yaitu lebih pendek sehingga membuat rumput ini terlihat rapi.

Bagaimana cara menanam hingga merawat rumput gajah mini?

Jika anda tertarik untuk mengetahuinya, ikuti langkah-angkah praktis dari kami di bawah ini untuk memudahkan anda dalam menanam rumput gajah mini di pekarangan rumah :

1). Ketahui prosedur penanaman

Langkah awal adalah ketahui prosedur penanaman rumput gajah mini yang tepat, mulailah dengan menanamkan rumput di dalam sepetak tanah skala kecil dan pastikan ikatan akar rumput dengan tanah telah kuat.

Berikan pukulan perlahan-lahan pada permukaan rumput agar akarnya melekat kuat ke dalam tanah.

Kemudian ratakan posisi rumput dan permukaan tanah dengan memanfaatkan balok kayu atau batu bata.

Terakhir, biarkan rumput tumbuh dan beradaptasi dengan kondisi media baru selama seminggu hingga akar-akar baru mulai tumbuh.

2). Ketahui tempat menjual bibit rumput gajah mini

Pada umumnya, bibit rumput gajah mini bisa dengan mudah dibeli dalam ukuran dan bentuk ikatan yang besar.

Itulah sebabnya, pecah bibit rumput gajah mini tersebut menjadi kelompok-kelompok rumput yang lebih kecil sekitar 3-5 cm.

Kemudian, tanamkan bibit rumput ini ke tanah yang sudah anda siapkan sebelumnya sampai seluruh bagian akarnya tertimbun oleh tanah.

Disarankan agar menanam bibit-bibit rumput ini secara zigzag agar nantinya mendapatkan pertumbuhan rumput yang terlihat rapat, rapi, dan subur.

3). Telitilah kondisi tanah yang akan anda tanami rumput

Rumput gajah mini merupakan salah satu jenis rumput yang menyukai kondisi tanah yang sehat yaitu gembur dan subur.

Sebelum tanah di taman yang telah tersedia bisa ditanami rumput jenis ini, cangkul terlebih dulu semua media supaya benar-benar gembur.

Jangan mencangkul tanah terlalu dalam, cukup sampai mencapai kedalaman 20 cm. Selanjutnya adalah ratakan permukaan tanah sehingga nantinya rumput-rumput yang akan ditanam di atasnya ikut berpermukaan rata.

4). Pelajari cara pemupukan ulang

Taman rumput gajah mini harus dipupuk ulang secara berkala dengan rutin agar kondisi tanahnya tetap dalam keadaan subur.

Idealnya, pemupukan ulang dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan mengaplikasikan pupuk NPK. Umumnya, untuk pemupukan ulang tahap pertama, anda bisa melalukakannya dimulai sejak dua minggu setelah proses penanaman bibit.

Cairkan terlebih dahulu pupuk NPK dengan memakai air secukupnya, lalu siramkan pupuk cair ini pada jarak 20 cm ke kelompok rumput.

5). Kenali teknik penyiraman

Mengingat ukurannya yang kecil dan mungil serta rentan mengalami daun kering dan layu, maka tanaman rumput gajah mini akan cenderung mudah rusak atau membusuk dan mengering jika terkena air terlalu banyak dan bertekanan keras.

Apabila anda hendak menyiram tanaman ini maka lebih bagus menggunakan selang air untuk menjaga susunan rumput yang indah tetap terpelihara dan tidak mudah rusak seketika.

Sebaliknya, penyiraman tanaman dengan memakai air bertekanan rendah akan menghindari kejadian lebih buruk serta memungkinkan rumput tidak tergenangi air dan membusuk pada akar dan daun.

Baca Artikel Lainnya :

Maka dari itu, setiap kali hendak menyiram taman, manfaatkan ceret penyiraman yang mempunyai lubang – lubang kecil.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat bagi anda semua!!

1 Comment

Add a Comment
  1. sultan

    bagaimana jika terkena air hujan? terkadang kan air hujan ada yang deras bertekanan tinggi ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme