Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya dan Merawat Tanaman Srikaya

Cara Budidaya dan Merawat Tanaman Srikaya – Menanam srikaya itu mudah namun memastikan hasil panennya baik itu cukup sulit.

Dengan tips dan cara-cara perawatan pohon srikaya yang diberikan di bawah ini, Anda bisa menumbuhkan buah tropis paling manis dan lembut ini di halaman Anda.

Cara Menanam Pohon Srikaya

Menanam dari Biji

Budidaya dengan benih adalah metode tradisional yang melaluinya pohon srikaya tumbuh. Ini adalah metode propagasi yang paling sering digunakan. Namun, metode ini memiliki beberapa kelemahan seperti tingkat perkecambahan rendah, variabilitas genetik tinggi, panen pertama yang memakan waktu lebih lama dan tanaman lebih tinggi dan agak sulit ditangani.

Kumpulkan bibit dari buah matang dari pohon yang memiliki produksi bagus, enak rasanya, dan kesehatan tanaman yang baik. Benih dengan cepat kehilangan kelangsungan hidup mereka (sekitar 6 bulan) oleh karena itu, benih tersebut harus ditanam sesegera mungkin.

Benih harus ditanam secara horisontal, kedalaman 2 – 3 cm pada jarak 1,5 cm dengan campuran biji berkualitas baik. Umumnya, perkecambahan terjadi dalam 30 hari. Meski, tingkat perkecambahannya rendah dan waktu lambat karena lapisan benih yang keras.

Untuk mempercepat perkecambahan dan tingkat keberhasilan, haluskan bijinya dengan amplas. Setelah dihaluskan, rendam dalam air hangat selama 24 jam. Anda bisa langsung menabur benih di tempat penanaman atau menaburnya di dalam panci kecil. Pencangkokan dilakukan saat bibit telah melampaui pot yang ada.

Membeli Pohon Graft

Jenis propagasi lainnya adalah perbanyakan vegetatif dengan menggunakan grafts. Metode ini paling direkomendasikan karena memastikan tanaman memiliki identitas genetik yang sama, dengan produksi yang lebih baik, pohon sehat dan buah berkualitas. Jika memungkinkan, belilah pohon yang dicangkokkan dari tempat pembibitan.

Penanaman Pohon Srikaya

Tumbuhan harus ditanam dengan jarak 4 x 4 atau 5 x 5 m. Ukuran lubang tanam bergantung pada ukuran tanaman dan bola akar, namun pada umumnya, lubang tanam harus dua kali lebar dan kedalaman bola akar yang sama.

Menanam Pohon Srikaya dalam Pot

Memungkinan untuk menanam pohon srikaya di pot. Hal ini mirip dengan pohon buah tropis lainnya seperti jambu atau delima. Pemangkasan reguler akan diperlukan. Selain itu, semua persyaratan yang agar tanaman tumbuh dengan baik mirip dengan pohon srikaya yang ditanam di tanah.

Kebutuhan Budidaya Srikaya

Tempratur dan Iklim Ideal

Suhu yang paling optimum untuk menanam pohon srikaya adalah sekitar 50 F – 85 F (10 – 30 C). Meski menjadi pohon tropis, srikaya memiliki beberapa ketahanan terhadap dingin.

Namun, saat suhu di bawah 32 F (0 C) bibit muncul dan tanaman muda mati. Pohon dewasa menunjukkan beberapa toleransi beku sampai beberapa derajat di bawah titik beku.

Selanjutnya, suhu di atas atau di bawah suhu optimum mempengaruhi penyerbukan, dapat menyebabkan penurunan buah atau kuncup dan mengurangi masa panen dan pasca panen.

Pengairan

Pohon srikaya dengan mudah menangani periode kekeringan yang lama. Namun, kekeringan yang berlebihan bisa menyebabkan turunnya daun dan buah. Untuk pertumbuhan optimal, dibutuhkan curah hujan tahunan antara 750 dan 1.200 mm. Dalam saat hujan pengairan sendiri harus dihentikan. Umumnya, Anda harus menyirami pohon dewasa dalam setiap 12 sampai 15 hari.

Harus ada kelembaban yang cukup di tanah untuk mendorong pertumbuhan vegetatif dan mekar yang terjadi pada cabang baru. Pohon harus disiram setiap 2 – 4 minggu selama periode pertumbuhan rendah dan setiap 3 sampai 5 hari saat berbunga dan tumbuh buah. Stres air harus dicegah dan tanah harus tetap lembab saat ini karena buahnya lebih sensitif daripada daun yang kekurangan air.

Tanah

Meskipun tumbuh di berbagai tanah, mulai dari berpasir, tanah liat hingga lumpur, tapi pohon yang paling sehat dan produktif ditanam di tanah yang subur, longgar, dalam dan netral atau sedikit alkali yang tidak berpasir dengan drainase dan aerasi yang baik. Selanjutnya drainase sangat penting untuk mencegah penyakit. Pertumbuhan tersebut berkaitan langsung dengan kandungan bahan organik di dalam tanah.

Kelembaban

Kelembaban relatif merupakan salah satu faktor iklim yang sangat bertanggung jawab dalam pembentukan bunga dan penyerbukan. Karena itu, kalau mau meningkatkan produktivitas, kelembaban harus dijaga di atas 60% terutama selama periode berbunga.

Perawatan Pohon Srikaya

Pupuk

Penerapan pupuk lengkap pada tahun-tahun awal penanaman sangat dianjurkan. Begitu pohon cukup matang dan mampu menghasilkan buah, penggunaan pupuk 3: 10: 10 secara signifikan meningkatkan pembungaan, buah, dan panen.

Sedangkan untuk pemupukan organik, penerapan pupuk organik meningkatkan tekstur tanah dan kondisinya serta memfasilitasi pengembangan akar. Dianjurkan untuk menerapkan 60 sampai 80 kg pupuk kandang atau kompos setiap tahunnya.

Penyerbukan

Salah satu masalah utama yang mempengaruhi hasil dan kualitas buah pohon srikaya adalah rendahnya tingkat penyerbukannya bunga dan akibatnya produksi buah.

Srikaya memiliki bunga yang lengkap (biseksual), bagaimanapun, bagian bunga jantan dan betina berfungsi pada waktu yang berbeda dalam sehari (disebut * protandry, suatu kondisi di mana organisme memulai kehidupan sebagai pria atau wanita dan mengubah jenis kelamin nanti). Bunga srikaya pertama dibuka pada siang hari sebagai bunga betina. Jika bunga betina tidak diserbuki, keesokan paginya bunga terbuka lebih lebar dan menumpahkan serbuk sari (stadium jantan). Dianjurkan untuk menarik serangga penyerbuk atau menyerbuki bunga untuk hasil terbaik. Siklus ini dipersingkat saat suhu tinggi dan memanjang saat mereka rendah.

Pemangkasan Pohon Srikaya

Pohon srikayacenderung membentuk banyak cabang, sehingga pemangkasan dianjurkan untuk membentuk pohon agar tidak jumlah cabang tidak terlalu banyak.

Pemangkasan pemeliharaan berfungsi untuk melestarikan keseimbangan struktur pohon dengan menghilangkan pengisap atau tunas dan cabang yang tumbuh ke arah yang salah atau diarahkan ke tanah.

Demikian juga, Anda harus melakukan pemangkasan bersih setelah setiap panen, pemangkasan untuk sanitasi adalah pengangkatan cabang dan buah yang rusak atau memiliki masalah hama atau penyakit.

Pemangkasan peremajaan dilakukan setelah sekitar 10 tahun saat pohon itu sudah tua dan kurang produktif. Dalam pemangkasan peremajaan, pohon harus dipangkas dengan kuat namun dalam beberapa tahap sehingga akan memulai pertumbuhannya sekali lagi.

Perlindungan angin

Seperti semua pohon kayu lunak lainnya, srikaya ini rentan terhadap kerusakan akibat angin. Kerusakan dan robeknya cabang mungkin terjadi. Ditambah lagi, buah srikaya mudah rusak akibat tergesek cabang. Selanjutnya, angin kencang mempercepat pengeringan stigma, sehingga mengurangi penyerbukan. Karena itu, sebaiknya ditanam di lokasi yang terlindung dari angin.

Pengelolaan gulma

Tumbuh pohon srikaya membutuhkan pengelolaan gulma. Ini menyebabkan kelemahan terbesar pada tahap muda. Kontrol bisa manual, mekanik, atau inert, dengan penggunaan herbisida atau dengan melakukan kombinasi metode. Anda juga bisa melakukan mulsa untuk menghentikan gulma. Cara terbaik adalah dengan menyiangi secara teratur dan mencegah pertumbuhan tanaman lain di dekat pangkal pohon.

Hama dan Penyakit Pada Pohon Srikaya

Pengelolaan hama

Srikaya sangat rentan terhadap hama dan hal ini mengurangi produksi buahnya. Biasanya, hama dan serangga menelan buah dan menyebabkan kerusakan. Praktik terbaik adalah melindungi buah menggunakan sampul buah. Kantong plastik, kertas atau polyethylene bisa digunakan untuk membungkus buah sejak tahap awal pembangunan. Kantong harus menutupi buah sepanjang perkembangannya tapi harus terbuka di dasarnya dan memiliki perforasi mikro untuk sirkulasi air gas karena kelebihan uap air menyebabkan buah busuk.

Langkah pengendalian kimia itu sulit dilakukan sehingga lebih baik mencegah hama dengan menjaga agar pohon tetap sehat juga mengingat penggunaan insektisida menghancurkan serangga ramah dan penyerbuk. Beberapa hama yang paling umum dan utama yang perlu Anda cari adalah ngengat, kutu daun, kutu telur dan sisik.

Manajemen Penyakit

Di antara penyakit yang paling umum adalah antraknose dan bercak daun. Penyakit ini terjadi dengan tingkat keparahan pada saat hujan, suhu tinggi dan stabil serta kelembaban relatif.

Memanen Pohon Srikaya

Pohon srikaya gula mulai menghasilkan buah pada usia 3-4 tahun dan menurun setelah 12-15 tahun. Pohon dewasa rata-rata menghasilkan antara 100-180 buah per tahun.

Pemilihan waktu panen yang optimal adalah sesuatu yang kritis. Selain itu, tidak semua buah matang pada waktu yang sama dan waktu pengumpulannya bervariasi tergantung pada variasi dan kondisi cuaca dimana mereka tumbuh.

Metode visual berdasarkan perubahan warna kulit dan bentuk buah adalah yang paling umum digunakan saat ini untuk memutuskan kapan harus panen.

Indikasi lain dari pematangan adalah perubahan warna biji, yang berasal dari warna coklat muda sampai hampir hitam pada tahap matang.

Kriteria ini umumnya tidak dapat diandalkan untuk menunjukkan kematangan dan buah yang tepat kadang-kadang dipanen sebelum masak. Karena itulah produsen komersial menggunakan bahan kimia untuk mematangkan buah pasca panen.

Buah harus dipanen dengan memotong batangnya dengan menggunakan gunting pemangkas. Juga harus dipanen di pagi hari. Buah srikayasangat halus dan harus dipanen dengan hati-hati.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman / Buah Kiwi

1 Comment

Add a Comment
  1. Silang

    Srikaya memang sangat berguna bagi kita terutama masyarakat yang berada di Indonesia, biasnaya srikaya digunakan dalam memakan roti dan membuat roti. Terimakasih info penanamannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme