Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Hias Cornflower

Cara Budidaya Tanaman Hias Cornflower – Bunga Cornflower adalah bunga yang asal nya datang dari dataran Benua Eropa dan lokasi nya tersebar sampai ke bagian pantai asia.

Bunga  ini termasuk dalam keluarga Asteraceae yang merupakan jenis dari bunga potong yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Walaupun jenis nya belum banyak di budidayakan, tetapi bunga ini mempunyai pangsa pasar yang cukup luas.

Baca Juga : Morfologi Dan Klasifikasi Tanaman Hias Bunga Begonia

Mempersiapkan Benih

Benih bunga ini dapat  diperbanyak melalui  bagian biji nya. Jenis Cornflower lebih banyak dibudidayakan untuk pangsa ekspor ke luar negeri.

Oleh karena itulah tidak mudah untuk mendapatkan benih nya. Apabila anda sudah memiliki benih nya, sebaik nya simpan di tempat yang sejuk dan lebih baik jika tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Menyemaikan Benih

Setelah anda mendapatkan benih bunga yang di inginkan, fase selanjut nya adalah menyemaikan  benih nya untuk  dapat mengetahui kemampuan tumbuh nya, agar tanaman yang tumbuh  dapat seragam ukuran nya.

Selain itu juga, untuk menjaga agar benih yang disemai dapat memiliki kesempatan tumbuh diluar dengan presentase lebih tinggi dibandingkan dengan benih yang tidak disemai.

Pindahkan Tanaman ke Halaman Luar

Tanaman Cornflower biasa nya memiliki batang yang  tumbuhcukup tinggi. Sehingga sangat baik jika ditanam pada lahan pekarangan luar rumah anda.

Tetapi jika tetap ingin menanamnya di pot bunga, maka sebaik nya anda menggunakan pot dengan ukuran besar, agar posisi nya tidak jatuh ke tanah.

Apabila bibit yang di semai  tersebut sudah tumbuh dan berkembang, tahapan selanjutnya adalah  agar memindahkan tanaman tersebut ke lahan pekarangan yang sudah disediakan, dengan tetap memperhatikan beberapa hal seperti :

  • Pastikan lubang yang akan dibuat tempat menanam telah dipersiapkan paling tidak 10 hari sebelum nya, dengan pertimbangan agar senyawa kimia dan mikroorganisme yang ada di tanah dapat dihilangkan terlebih dahulu.
  • Galilah lubang tempat menanam sedalam ukuran 25x25x25 cm.
  • Setelah itu, anda dapat menggemburkan tanah di sekitar lubang tanam tersebut sebelum memasukan 2-3 kg kompos kedalam nya.
  • Tunggu hingga masa tanam tiba pada saat nya.
  • Ketika tanaman tumbuh dan memiliki paling tidak 3-4 daun, hal itu adalah pertanda bahwa tanaman siap di pindahkan ke pekarangan.
  • Bolak balik kompos terlebih dahulu sebelum dicampur dengan tanah yang sudah digali pada lubang tanaman.
  • Kemudian keluarkan tanah dari plastik pembungkus nya dengan cara merobek plastik tersebut. Sebaik nya lakukan dengan perlahan agar akar tanaman tidak  menjadi rusak.
  • Mulailah menanm bibit tanaman dengan posisi tegak lurus, kemudian tutup lubang tanaman dengan tanah sisa galian nya.

Perawatan dan Pemeliharaan

Tahapan berikut nya adalah proses perawatan dan pemeliharaan yang  sebaik nya dilakukan dengan cara yang intensif, dengan tujuan agar tanaman dapat berbunga dengan baik, dan sesuai dengan waktu yang sudah diperkirakan.

Selain itu, perawatan dan pemeliharaan ini akan sangat menentukan hasil dari kualitas bunga yang akan dihasilkan.

Musim Berbunga

Setelah  melewati masa tanam selama 2-3 bulan, tumbuhan mulain akan berbunga.

Pada masa terbut, sebaik nya perawatan intensif tetap dapat dilakukan untuk tetap menjaga kualitas bunga yang akan tumbuh dan dihasilkan.

Sebagai tambahan informasi, Bunga Cornflower ini masuk dalam kategori tanaman tahunan, yang pengertian nya adalah hanya dapat bertahan hidup sampai mencapai umur 1 tahun.

Tetapi apabila perawatan nya tetap dijaga secara intensif, maka masa tumbuh nya dapat bertahan sedikit lebih panjang  hingga 2 tahun.

Baca Juga : Tips dan Cara Membuka Bisnis Tanaman Hias

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme