Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot – Ingin punya buah Mangga nih, tapi tidak punya lahan untuk pohon Mangga. Terus gimana dong?

Santai saja lah, sekarang ini, penanaman tanaman dalam pot atau tabulampot sedang ngetrend lho. Dan tambah lagi, tanaman Mangga juga bisa lho ditanam dengan menggunakan media pot! Wah pasti asik banget yah.

Hmm… Tetapi apa sih keuntungannya menanam di dalam pot? Nanti takutnya banyak ruginya… Tenang saja, justru dengan menanam dalam pot, lebih banyak dapat untungnya deh daripada ruginya.

Untitled

Ini lho keuntungan berbudidaya tanaman dalam pot:

  1. Menghemat tempat
  2. Tanaman dapat berbuah kapan saja (tidak melihat musim)
  3. Lebih cepat berbuah
  4. Rasa buah yang dihasilkan tergolong manis
  5. Dapat dilihat sebagai hiasan rumah

Waduh… Keuntungannya menggiurkan banget kan? Tunggu apa lagi, langsung saja belajar cara berbudidaya tanaman Mangga dalam pot! Bingung mau dimana mencari informasinya? Lah, disini tempatnya! Berikut ini akan saya berikan informasi cara berbudidaya Mangga dalam pot hanya untuk anda!

Hal terpenting untuk diketahui pertama-tama dalam berbudidaya Mangga dalam pot adalah, proses pembudidayaan Mangga sedikit berbeda dengan tabulampot pada umumnya. Kita harus dapat menyiasati ukuran batang Mangga dan kanopi pohonnya yang sangat besar.

Tabulampot mangga memang tergolong sulit, tetapi jika berhasil, kenikmatan serta kepuasan yang muncul tidak ada tandingannya. Berikut ini adalah 5 poin yang perlu diingat:

  1. Varietas Mangga
  2. Bahan Tanaman Mangga
  3. Media Penanaman Mangga
  4. Penanaman Mangga
  5. Perawatan Mangga

Varietas Mangga

Pada titik ini, anda diperlukan untuk memilih varietas mangga yang mudah berbuah, dirawat, dan kompak. Jika anda memilih varietas yang tidak sesuai dengan syarat tersebut, anda lah yang akan kesulitan nantinya karena yang anda hadapi tidak hanya tanaman Mangga anda, melainkan juga penyakit serta produktivitas mangga yang bergantung pada varietasnya.

Contoh Mangga yang bagus untuk tabulampot antarai lain adalah Mangga Gedong, Mangga Arumanis, atau Mangga Golek.

Bahan Tanaman Mangga

Tanaman Mangga yang bagus untuk digunakan dalam tabulampot adalah mangga perpaduan generatif dan vegetatif.

Jadi, tanaman Mangga harus berasal dari biji dan batang hasil okulasi atau sambungan dari pohon Mangga yang memiliki sifat produktif (berbuah lebat).

Media Penanaman Mangga

Disini tidak kalah pentingnya dalam pemilihan varietas Mangga, media penanaman Mangga adalah berupa pot yang berisi dengan tanah dengan campuran pupuk kandang, arang, sekam dengan perbandingan 2 : 2 : 1 : 1.

Hal ini diperlukan karena Mangga menyukai media yang gembur dan kaya unsur hara. Penggunaan media ini juga dapat meminimalisir kemungkinan tanaman anda terkena penyakit dan terserang hama.

Untuk potnya sendiri harus ringan namun berukuran lebar, anda dapat menggunakan benda seperti drum berbahan dasar plastik. Selain itu, dasar pot juga harus diberikan lubang sebanyak 4 – 6 buah dengan ukuran masing-masing 1 – 2 cm. Berikan ganjalan di bawah pot agar pembuangan lancar, dapat menggunakan batu bata atau apapun yang cukup tinggi dan kuat untuk menopang pot.

Penanaman Mangga

Jika semua sudah dilakukan, lakukan penanaman Mangga anda. Berikan serutan gergaji atau pecahan batu bata dalam pot hingga setebal 5 – 10 cm, hal ini bertujuan memperlancar drainase pada pot.

Kemudian masukkan tanah campuran yang anda buat sebelumnya ke dalam pot secara merata hingga setengah pot terisi penuh. Buka polybag tanaman anda dan masukkan tanaman tepat di bagian tengah pot.

Jika terdapat lenggangan antara tanah dengan Mangga anda, tutup kembali dengan tanah campuran hingga Mangga benar-benar terhimpit rapat dengan tanah tersebut. Pastikan bekas okulasi masih menonjol sekitar 15 cm di atas permukaan tanah, kemudian lakukan penyiraman air.

Perawatan Mangga

Setelahnya, rawat tanaman anda seperti anda merawat tanaman pada umumnya. Lakukan penyiraman rutin, pemotongan cabang yang tidak perlu, pemberatasan hama serta penyakit dan mengganti pot jika sekiranya ukuran tanaman sudah tidak cukup.

Baca Juga :

Bagaimana? Sudah paham sekarang? Langsung saja deh prakteknya, tidak usah banyak tanya hehehe. Yang perlu anda ingat adalah, tabulampot tidaklah sulit, hanya perlu perawatan rutin dan ketekunan dari diri anda sendiri. Jadi, jangan malas ya!

Loading...

2 Comments

Add a Comment
  1. Sariman Kuncung

    saya menanam Mangga dari biji mangga arum manis, sudah lima tahun belum juga berbuah, bagaimana caranya supaya berbuah, apakah perlu diberi pupuk tambahan, pupuk apa yang paling tepat dan baik . Makasih.

    1. agroteknologi

      yang paling utama dalam menanam mangga adalah bibit dan media tanam. alangkah baiknya membeli bibit yang sudah pasti kualitasnya. masalahnya tidak berbuat biasnaya pada bibit, kemudian pada subur atau tidaknya media tanam, kemudian baru perawatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme