Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Mangga Harum Manis

Cara Budidaya Tanaman Mangga Harum Manis – Sekarang ini budidaya tanaman buah mangga harum manis mendapatkan banyak peminat untuk ditekuni lebih serius dalam pengembangan skala besar.

Hal ini terjadi karena cara menanam jenis mangga yang satu ini terbilang sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh pemula.

Ciri termudah mengenali buah mangga harum manis adalah buahnya berasa manis jika matang di pohon, bijinya agak kecil dan daging mangga yang tebal.

Dimana diketahui bahwa buah mangga merupakan buah yang sangat populer dikalangan semua masyarakat di Indonesia bahkan negara – negara barat dan Jepang, karena citarasa buah sesuai dengan selera.

Baca Juga : Teknik dan Cara yang Baik dalam Memanen Buah Mangga

Juga, kandungan vitamin yang terdapat dalam sebutir buah mangga sangat banyak yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Pohon mangga pada umumnya merupakan salah satu jenis tanaman buah – buahan yang sangat mudah dalam penanaman, anda hanya perlu memperhatikan cara pembibitan dan perawatan.

Untuk mendapatkan ukuran buah dan rasa berkualitas tinggi, sangat tergantung dari jenis mangga yang akan anda pilih oleh penanaman.

Disarankan memilih salah satu jenis buah mangga yang memiliki citarasa daging buah yang enak, lembut, manis dan banyak air.

Selain itu, apakah anda bisa menanam pohon buah mangga tersebut di dalam pot, tujuannya agar pohon mangga menjadi tanaman bonsai berukuran kecil namun bisa berbuah seperti pada asalnya sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi tidak hanya terhadap buahnya saja.

Bagi anda yang berminat menekuni budidaya tanaman buah mangga harum manis dalam skala besar, maka berikut ini akan kami berikan beberapa langkah untuk melakukan budidaya mangga yang dikenal menghasilkan kualitas buah paling manis. Berikut ini penjelasannya, simak baik -baik.

  1. Persiapkan memilih bibit mangga yang bagus

Bibit mangga hasil dari proses cangkok bisa anda jadikan pilihan untuk pengembangan kebun buah mangga harum manis yang menghasilkan citarasa buah sangat enak, dapat dengan mudah anda peroleh dari penjual tanaman hias di sekitar tempat anda tinggal.

Atau anda bisa melakukan pencngkokan sendiri di rumah jika kebetulan anda memiliki sebatang pohon mangga harum manis yang sudah berusia dewasa. Pilihlah tanaman yang memiliki batang tegak serta tidak banyak mempunyai cabang dan subur.

  1. Selanjutnya adalah menyiapkan lahan dan lubang

Seperti halnya anda akan menyiapkan teknik menanam tanaman buah – buahan komersil menanam tanaman mangga harum manis ini juga sama yaitu persiapkan lahan, bisa berupa tanah ladang yang tidak terlalu kering atau langsung terkena sinar matahari, lalu buat lubang dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan dalamnya sekitar 50 cm.

Taburkan pupuk kompos setinggi 1/3 bagian. Biarkan lubang terbuka begitu saja hingga 5 – 7 hari agar kondisinya stabil. Lakukan ketika menjelang musim hujan.

  1. Mulai menanam pohon mangga

Bibit tanaman mangga yang sebelumnya sudah anda siapkan bisa dihilangkan polybagnya dengan cara merebok keseluruhan plastic yang dilakukan dengan hati – hati agar tidak merusak akar.

Lakukan dengan perlahan – lahan sehingga tanah dan keseluruhan bibitnya tidak buyar.

Masukkan bibit stu per satu ke dalam lubang dengan posisi tepat di tengah lubang lalu tutup dengan sisa tanah galian. Hal yang perlu anda perhatikan lebih serius adalah ketika akan menutup bibit,  sebaiknya menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan menggunakan pupuk kompos.

Pemadatan dilakukan untuk tahap akhir, hindari jangan terlalu longgar atau terlalu kencang.

  1. Selanjutnya lakukan perawatan

Setelah berhasil melakukan 3 tahap pertama tersebut di atas, dilanjutkan dengan melakukan perawatan rutin dilakukan setiap hari yaitu penyiraman pagi dan sore (pada waktu musim kemarau) hingga bibit terlihat mulai tumbuh tunas – tunas baru.

Dengan adanya perawatan bagus terhadap bibit tanaman mangga harum manis yang dilakukan secara rutin maka anda akan mendapatkan hasil yang sempurna yaitu bibit tersebut bisa tumbuh dengan optimal, seperti rutin membersihkan rumput yang tumbuh liar di sekitar bibit pohon mangga.

Selanjutnya lakukan pemupukan ketika usia tanaman menginjak pada usia 2 bulan dari mulai penanamannya.

Untuk menghindari pemanfaatan pupuk kimia yang berbahaya, maka pilihlah pupuk kompos atau kandang.

Bibit mangga hasil dari cangkokan akan lebih mudah dan cepat berbuah. Apalagi mendapatkan pengaruh bagus dari iklim atau cuaca yang ada di sekitarnya.

Mangga harum manis hasil cangkok yang berusia 1 tahun hingga 1.5 tahun sudah mulai belajar berbunga asalkan anda tepat dalam hal pemilihan kualitas bibit pertama kali.

Nah, sekarang tidak sulit untuk melakukan cara menanam mangga harum manis yang benar ? Selamat mencoba !

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme