Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Ubi Kayu

Cara Budidaya Tanaman Ubi Kayu – Cara membudidayakan ubi kayu sudah lama diminati oleh banyak kalangan.

Hal ini berkaitan dengan faktor kemudahan dalam penanaman dan pengembangan nya.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat banyak, dan juga menjadi salah satu penghasil tepung yang sangat berguna bagi sebagaian khalayak ramai.

Dengan melakukan cara budidaya yang tepat,  akan dapat meningkatkan produksi nya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Cilembu

Jika anda termasuk orang yang menyukai ataupun tertarik dengan pembudidayaan ubi kayu ini, cara terbaik untuk memulai nya adalah dengan mempelajari cara budidaya nya terlebih dahulu guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Bibit dan Varietas

Bibit merupakan hal yang sangat penting untuk dapat dipersiapkan dengan sebaik-baik nya. Biasanya bibit  diambil dari tanaman yang kondisi nya cukup sehat.

Bentuk  nya berupa stek, berumur sekitar 7 sampai dengan14 bulan. Sebaik nya diperhatikan dengan benar  kondisi dari stek tersebut untuk dapat memastikan bagian didalam batang dalam kondisi sehat dan bagus.

Batang tanaman yang dipotong untuk dijadikan stek ukuran nya dengan kisaran panjang sekitar 15 sampai 25 cm.

Apabila kondisi batang tanaman sudah terkena hama, sebaik nya disemprot  terlebih dahulu dengan pestisida untuk menghilangkan hama yang menempel.

Bibit yang memepunyai varietas unggul akan dapat menghasilkan kualitas ubi kayu yang lebih baik. Ubi kayu dengan kualitas baik, saat dimasak akan terlihat bagus dan rasa nya pun lezat untuk dinikmati.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Pengolahan Lahan dan Penanaman

Sangatlah penting untuk dapat memilih tanah yang subur sebelum dimulai penanaman.

Cara pertama adalah dengan cara melakukan pengolahan pada tanah yang dipilih sedalam kurang lebih 25 cm.

Tanaman Ubi kayu  sangat memerlukan air yang cukup, terutama pada awal masa pertumbuhan. Karena hal inilah, musim tanam yang baik sebaik nya dilakukan saat musim penghujan dimulai agar kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik.

Untuk cara penanaman stek nya dapat dilakukan dengan cara ditanam dan ditancapkan kedalam tanah yang sudah diolah.Pastikan  posisi stek penanaman nya benar dan tidak terbalik pada kedalaman 3cm sampai dengan 5cm.

Untuk menentukan jarak penanaman dapat menggunakan standard ukuran jarak pada umumnya yakni sekitar 80cm × 70cm atau 100cm × 70cm tergantung pada varietas yang digunakan. Apabila anda mempunyai lahan yang kecil, sebaiknya tetap menggunakan  pola jarak tanam yang sama jarak nya, karena apabila jarak yang digunakan lebih pendek dari standard yang sudah ditentukan  atau berjarak terlalu  dekat , ubi kayu yang dihasilkan ukuran nya juga akan menjadi lebih kecil.

Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan nya,  tanaman ubi kayu ini akan membutuhkan perawatan secara rutin yang meliputi pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan dengan cara memilih pupuk dengan kualitas baik atau memilih jenis pupuk organik.

Selain melakukan pemupukan, melakukan pembatasan jumlah tunas pun sampai dengan maksimal 2 tunas sebaik nya juga dilakukan sejak tanaman berumur 1 bulan. Hal ini dimaksud kan guna  membuang tunas-tunas yang berlebih, sehingga tanaman mendapatkan pasokan makanan yang maksimal.

Penyiangan sebaik nya dilakukan paling sedikit 1 hingga 2 kali sampai tanaman bebas gulma hingga mencapai umur 3 bulan. Saat usia  tanaman mencapai 2 sampai 3 bulan, dapat juga dilakukan pembubunan.

Penyemprotan hama dengan menggunakan pestisida sangat direkomendasikan untuk dilakukan karena hama dapat merusak kualitas hasil panen tanaman.

Jenis dan dosis pestisida yang ingin digunakan dapat disesuaikan  dengan jenis hama yang menyerang tanaman tersebut.

Lakukan penyemprotan sebaik nya di sore hari, karena ini adalah waktu yang paling dianjurkan oleh para ahli budidaya tanaman. Untuk  penanggulangan pencegahan, dapat menggunakan pestisida jenis organik nasa. Setelah semua rangkaian budidaya ini selesai, tinggal melihat hasil nya saat musim panen datang.

Pada saat musim panen tiba, biasa nya akan ditandai dengan tumbuh nya ketela pohon yang pertumbuhan daun pada bagian bawah nya mulai sedikit berkurang. Warna daun pun berubah  menjadi lebih menguning dan mudah gugur.

Baca Juga : Proses Dan Cara Metamorfosis Akar Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme