Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan TanahAgroteknologi.web.id – Tanah merupakan unsur yang dimiliki oleh bumi.

Tanah adalah bagian terluar yang berada di dalam bumi. Tanah ada karena bumi ini memiliki proses yaitu pelapukan dari bagian bagian bumi yang lainnya.

Batuan yang ada di bumi mengalami proses pelapukan dengan kurun waktu dan proses lainnya sehingga lama kelamaan batuan itu berubah menjadi bentuk dan karakteristik yang lainnya seperti tanah yang ada di dalam bumi.

Pembentukan tanah memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya. Tanah sendiri terjadi dari faktor alamiah.

Baca Juga : Proses Terbentuknya Tanah Padas

Faktor faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah secara umum dibagi menjadi beberapa faktor. Faktor faktornya adalah sebagai berikut :

Iklim

Faktor iklim adalah faktor umum yang mempengaruhi pembentukan tanah. Dari iklim ini pembentukan tanah terjadi dari 2 unsur yaitu curah hujan dan suhu. 2 unsur ini memang ada di bumi dan mempengaruhi tanah.

Curah hujan ini dapat mempengaruhi karena hujan sendiri memiliki intensitas yang tidak menentu dan memiliki kandungan asam dan mempengaruhi pH tanah.

Hujan ini membuat pH tanah menjadi meningkat membuat tanah mengalahi korosi secara kimia sebab hujan juga mengandung zat kimia seperti asam.

Suhu disini termasuk kecepatan angina, panas dinginnya suhu atau temperatur suatu wilayah.

Apabila suhu semakin meningkat maka proses pelapukan juga semakin cepat sedangkan jika suhu rendah maka proses pelapukan juga berlangsung lebih lama.

Baca Juga : Pengertian dan Ciri Tanah Ekspansif

Organisme

Di dalam tanah beberapa organisme hidup di dalamnya sehingga juga dapat mempengaruhi pembentukan tanah.

Tanah sendiri biasa di tempati oleh beberapa hewan dan mikroba mikroba yang terkandung di dalam tanah. Organisme tanah ini dapat mempengaruhi sebagai berikut :

  1. Organisme dapat membantu proses pelapukan secara kimiawi dan juga pelapukan organic.
  2. Organisme juga membantu dalam pembentukan tanah yang humus
  3. Organisme dapat mempengaruhi jenis tanah tergantung tempatnya, seperti tanah yang berwarna kemerah merahan ataupun jadi subur hijau karena vegetasi dari tumbuh tumbuhan
  4. Unsur kimiawi yang dimiliki oleh tanaman dapat mempengaruhi sifat fisik tanah. Karena berbeda tanaman maka berbeda juga tanah itu mengandung zat kimianya.

Topografi

Topografi atau relief ini juga menjadi faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah.

Pembentukan tanah terjadi karena topografi tanahnya yang berbentuk miring. Bentuk miring ini mempengaruhi proses drainase dari suatu daerah batuan yang mengalami pelapukan.

Daerah yang miring biasanya kontur tanahnya tipis dikarenakan sering terjadi erosi tanah atau abrasi mengakibatkan percepatan perubahan tanah.

Sedangkan daerah yang landai kontur tanahnya lebih baik dan tidak mudah untuk merubah tanah tersebut dalam artian lebih lama untuk mempengaruhinya.

Waktu

Yang paling mempengaruhi pembentukan tanah adalah waktu. Di mana waktu yang di maskud adalah usia tanah. Usia tanah ini bisa dipengruhi dari sifat biologi, sifat kimia dan sifat fisika.

Tanah juga memiliki umur yang tersendiri, jika semakin tua waktu tanah maka kandungan zat di dalamnya semakin berkurang.

Seperti zat mineral tanah semakin lama semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Sehingga tanah yang berkurang itu lama kelamaan akan sulit lapuk seperti kuarsa.

Bahan Induk

Bahan induk disini yang dimaksudkan adalah faktor yang mempengaruhi karakteristik tanah yang akan di hasilkan.

Batuan batuan berikut merupakan contoh batuan induk seperti batuan vulkanik, batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Batuan ini yang mengalami erosi atau abrasi sehingga batuan ini lapuk dan menjadi tanah. Dari beberapa batuan ini menghasilkan tanah yang berbeda beda dari hasil pelapukan batuan tersebut.

Demikian artikel tentang faktor faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Proses Terbentuknya Tanah Gambut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme