Ilmu Pertanian

Agroteknologi

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Ini Perbedaan Evaporasi dan Transpirasi

Ini Bedanya Evaporasi dan Transpirasi – Mungkin kita yang sudah tidak asing lagi dengan kata-kata seperti evaporasi dan kondensasi, siklus air pada tumbuhan juga dikenal yang namanya transpirasi.

Sayangnya istilah-istilah tersebut sering sekali disalah artikan dan disamakan dengan embun.

Untuk itu kali ini kita akan mencoba sedikit memhami tentang perbedaan antara evaporasi dan transpirasi.

asd

Pengertian Evaporasi

Penguapan atau dalam Bahasa ilmiah disebut dengan evaporasi adalah proses perubahan molekul  dalam keadaan cair (contohnya air) yang secara tiba-tiba berubah menjadi gas (contohnya uap air).

Proses ini adalah kebalikan dari proses kondensasi. Umumnya penguapan dapat dilihat dari hilangnya cairan secara perlahan ketika terpapar pada gas dengan volume yang signifikan.

Penguapan merupakan bagian esensial dari siklus air. Uap air yang ada di udara akan berkumpul lalu membentuk awan.

Hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh suhu, partikel uap air yang berukuran kecil yang bergabung (berkondensasi) menjadi butiran air sehingga turun hujan. Siklus air ini terjadi terus menerus.

Pengertian Transpirasi

Secara sederhana tranpirasi ialah proses penguapan yang terjadi pada tumbuhan.

Transpirasi berbeda dengan penguapan/evaporasi sederhana, sebab proses berlangsung pada jaringan hidup dan dipengaruhi oleh fisiologi tumbuhan. Umumnya transpirasi berlangsung melalui stomata.

Transpirasi terjadi pada saat tumbuhan membuka stomatanya untuk mengambil karbon dioksida dari udara untuk berfotosintesis.

Cepat atau lambatnya proses transpirasi dipengaruhi oleh ukuran tumbuhan, kadar CO2, cahaya, suhu, dan tersedianya air tanah.

Faktor-faktor itulah yang mempengaruhi perilaku stoma yang proses membuka dan menutupnya dikendalikan oleh perubahan tekanan turgor sel penjaga yang berkorelasi dengan kadar ion kalium di dalamnya.

Selama stoma terbuka, terjadi pertukaran gas daun dengan atmosfer, dan air akan hilang ke dalam atmosfer.

Untuk mengukur laju transpirasi yang terjadi, dapat menggunakan sebuah alat bernama potometer. Stoma (tunggal) atau mulut daun, pada umumnya transpirasi berlangsung pada bagian ini.

Baca Artikel Lainnya :

Iulah sedikit penjelasan tentang perbedaan antara evaporasi dan transpirasi. Semoga dapat dipahami dengan baik dan jangan sampai salah lagi ya dalam menyebutkan perbedaan Antara keduanya.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme