Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis-jenis Jati Yang Harganya Mahal

Jenis-jenis Jati Yang Harganya Mahal – Pohon Jati atau yang dikenal dengan nama latin Tectona grandis merupakan salah satu jenis pohon penghasil kayu yang memiliki kualitas tinggi.

Karena kualitasnya yang tinggi dan banyak diminati untuk pembuatan perabotan rumah tangga sehingga pohom jati mempunyai nilai jual yang tinggi dipasarans serta merupakan lahan bisnis yang sangat menjajikan. Jenis dan variasi dari pohon jati ada bermacam-macam.

Sesuai kualitasnya, jenis jati-jati tersebut bahkan ada yang dipasarkan dengan harga yang sangat fantastis.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Jati Hingga Menghasilkan

Sampai saat ini, jenis pohon jati telah terjual dengan jenis kualitas yang baik dengan harga Rp.15 juta per meter kubiknya.

Disamping itu, harga jenis jati terbaik dapat mencapai harga Rp 100 juta–Rp 200 juta per pohon bahkan ada pohon jati yang dijual dengan harga 1 Miliar rupiah! seperti yang terjadi di daerah Cepu, Jawa Tengah.

Ternyata pohon jati yang dijual dengan harga fantastis tersebut sudah berusia selama 150 tahun lebih. Pohon  tersebut memiliki ketinggian 35 meter, diameter 3 meter serta keliling batang sebesar 6,9 meter.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum menentukan pilihan jati yang tepat sebagai bisnis usaha, mari kenali dulu jenis-jenis pohon jati dengan harga termahal yang akan dibahas kali ini. Langsung saja, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jati Emas Plus

Pohon jati emas ini memiliki tekstur yang kuat dan kokoh, hampir sama seperti pohon jati pada umumnya.

Namun, kualitas tersebut hanya dapat diperoleh apabla pohon terus dirawat seperti dengan melakukan pemupukan pada awal tanam, pembersihan gulma di sekeliling tanaman, dan pemetikan daun-daun tua.

Kelebihan lain dari varietas ini adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi. Pohon Jati emas juga dapat ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi.

2. Jati Jumbo

Jenis jati jumbo biasa dikenal dengan sebutan jati Solomon. Hal tersebut dikarenakan jenis jati ini dikembangkan di Kepulauan Solomon yang merupakan negara di sebelah timur Papua Nugini. Adapun beberapa ciri Khas Jati Jumbo antara lain sebagai berikut :

  • Daun cukup lebar, namun sedikit tebal dan kuat.
  • Pohonnya tumbuh lurus ke atas.
  • Pasangan daun serasi, berwarna hijau kebiruan.
  • Memiliki batang tegak lurus, bulat besar
  • Memiliki batang yang tahan penyakit, mampu tumbuh terlalu cepat, relatif sedikit percabangan, pucuk batang kuat, batang juga jarang patah karena badai atau hama, supaya tanaman sanggup tumbuh sempurna.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jati

3. Jati Plus Perhutani (JPP)

Pada tahun 1976, Perhutani mulai menyeleksi 600 jati unggul di semua Indonesia.

12 tahun kemudian, muncul lah jenis pohon jati plus perhutani yang memiliki keungguluan lebih tinggi  seperti tumbuh lebih cepat, tahan penyakit dan lebih adaptif di dataran tinggi maupun rendah. Disamping itu, jenis jati ini  juga lebih tahan pada lahan parah yang tak bernutrisi.

Jati ini memiliki tekstur kayu serupa jati umumnya yang masih tergolong kelas kekuatan III.

4. Jati Super Gama

Jenis jati super gama ini berasal dari pohon jati terbaik yang berada di Cepu, Jawa Tengah.

Pohon jati ini memiliki ciri warna daun hijau kemerahan. Pohon jati ini memiliki cara tumbuh dan perawatan yang hampir mirip dengan jati-jati lainnya.

Pertumbuhan jati super gama ini mampu mencapai 20 cm per bulannya sehingga saat berumur 1 th. tingginya dapat mencapai 8 m.

5. Jati utama

Berbeda dengan jenis jati lainnya, pohon jati utama dihasilkan dari klon paling baik asal Muna, Sulawesi Tenggara.

Jenis pohon jati termasuk kuat dan tahan dengan kondisi iklim dan lingkungan di luar Jawa.

Oleh karena itu, varietas ini lebih cocok apabila ditanam di luar Pulau Jawa. Areal penanaman diutamakan terhadap ketinggian kurang berasal dari 700 m dpl. Cara tumbuh dan perawatannya serupa bersama jati lain.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi hutan jati dan manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme