Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Daun Beluntas

Kandungan dan Manfaat Daun Beluntas – Seiring perkembangan teknologi, penemuan di dunia pengobatan penyakit pun semakin canggih.

Namun, meskipun banyak penyakit yang sudah menggunakan peralatan modern untuk pengobatannya,

Tidak sedikit juga masyarakat yang masih menggunakan pengobatan tradisional dengan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.

Salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk pengobatan tradisional adalah beluntas, khususnya bagian daunnya.

Berikut ini akan disebutkan beberapa manfaat serta kandungan di dalam daun beluntas untuk kesehatan.

Mengobati gangguan pencernaan pada anak-anak

Manfaat pertama dari daun beluntas di bidang kesehatan adalah sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan yang terjadi pada anak-anak.

Adanya banyak kandungan senyawa di dalam daun beluntas, salah satunya yakni senyawa fenol, sangat berguna untuk membatu menyembuhkan masalah sistem pencernaan anak-anak seperti diare, sembelit, susah buang air besar, dan lain sebagainya.

Cara pengobatannya sendiri yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun beluntas yang sudah dibersihkan, lalu masak daun tersebut dengan cara menyampurkannya dengan bubur atau makanan lain yang disukai anak-anak.

Sebagai obat penurun panas

Manfaat selanjutnya dari daun beluntas yaitu menurunkan panas.

Daun beluntas memang dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh yang disebabkan oleh demam karena ada banyak kandungan senyawa yang berguna dalam hal tersebut.

Cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan panas dengan daun beluntas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara penyembuhan gangguan pencernaan pada anak-anak, yaitu hanya perlu menyiapkan daun beluntas secukupnya, dibersihkan lalu dimasak dengan cara menyampurkannya dengan masakan lain.

Tak hanya dimasak, daun beluntas juga dapat dijadikan teh dan diminum setiap hari secara rutin hingga panas tubuh menurun.

Membantu menghilangkan bau badan yang mengganggu

Bau badan memang sangat mengganggu aktivitas banyak orang, karena bukan hanya pertanda tidak sehat tetapi juga membuat seseorang merasa tidak percaya diri ketika sedang bersama dengan orang lain.

Penyakit bau badan yang menyengat ini dapat diatasi secara alami dengan menggunakan daun beluntas.

Daun ini memiliki kandungan anti-bakterial yang ampuh untuk membunuh kuman penyebab bau badan.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa menyiapkan daun beluntas yang sudah dibersihkan untuk dimasak selama beberapa saat, lalu dijadikan minuman atau campuran makanan yang dinikmati secara rutin setiap hari untuk mencegah bau badan yang mengganggu tersebut tidak datang lagi.

Menyembuhkan penyakit TBC

Manfaat terakhir dari daun beluntas di bidang kesehatan adalah untuk menyembuhkan penyakit TBC.

Meskipun penyakit ini tergolong ke dalam penyakit serius yang sulit disembuhkan, namun ada beberapa cara alami yang dapat meringankannya, salah satunya yaitu dengan menggunakan daun beluntas.

Cara pengobatan yang dilakukan pun sama, yakni Anda harus membersihkan daun beluntas hingga sangat bersih, lalu campurkan dengan batang tanaman beluntas dan rumput laut.

Masak semua bahan tersebut menjadi bubur tim dan nikmati setiap hari secara rutin hingga penyakit TBC tersebut benar-benar tersembuhkan.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat daun beluntas di bidang kesehatan.

Meskipun tergolong pengobatan tradisional yang sudah mulai dilupakan, daun beluntas tetap mempunyai manfaat yang besar dan terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut.

Namun, tentu saja, jika penyakit-penyakit yang sudah disebutkan di atas sudah parah, ada baiknya Anda perlu memerikasakannya ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut karena biasanya pengobatan dengan daun beluntas di lakukan jika penyakit tersebut masih dalam kondisi ringan.

Baca Juga : Kandungan dan manfaat tanaman kunyit

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme