Ilmu Pertanian

Agroteknologi

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Rempah Lada

Kandungan dan Manfaat Rempah Lada – Lada. Rempah-rempah asal nusantara yang satu ini memang telah terbukti mengandung banyak senyawa kimia yang mampu mencegah timbulnya banyak penyakit dan juga menjaga kesehatan kita.

Sebagaimana rempah-rempah yang lain, rempah unik yang satu ini telah banyak dimanfaatkan sedari berabad-abad yang lalu sebagai obat anti-inflamasi, anti kembung, serta karminatif.

rempah lada

Berikut ini adalah rincian kandungan pada rempah lada:

  1. Rempah yang bisa disebut merica ini mengandung berbagai minyak esensial semisal piperin, alkaloid amina, yang memberi sensasi pedas yang khas dan cukup kuat. Lada juga mempunyai monoterpen hidrokarbon semisal pinene, terpinene,sabinene, limonene, myrcene, dll, yang memberi nuansa aromatik.
  2. Zat piperin pada rempah lada meningkatkan penyerapan tubuh akan zat selenium, beta-karoten, vitamin B kompleks, serta nutrisi lain makanan.
  3. Merica diketahui mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, seng, mangan, kalium, besi, dan magnesium. Kalium adalah komponen penting yang membantu mengontrol tekanan darah dan juga jantung. Mangan dipakai oleh tubuh untuk menjadi co-faktor dari enzim antioksidan, superoksida dismutase. Sementara Besi sangat vital untuk respirasi sel juga produksi sel darah.
  4. Lada merupakan rempah yang menjadi sumber kelompok vitamin B kompleks penting semisal Riboflavin, thiamin, pyridoxine, dan niacin.
  5. Lada juga menjadi sumber vitamin kelompok anti-oksidan seperti vitamin-C & vitamin-A. Rempah-rempah ini kaya dengan polifenol flavonoid anti-oksidan seperti cryptoxanthin, zea-xanthin, karoten dan lycopene. Senyawa ini memaksimalkan tubuh dalam menangkal radikal bebas berbahaya dan membantu melakukan perlindungan dari kanker juga penyakit lainnya.

Tingginya tingkat kandar gizi padanya membuat manfaat lada cukup tinggi untuk kesehatan. Selain itu ia juga menjadi bahan campuran alami pada berbagai produk Industri.

Manfaat Lada :

1). Menurunkan presentase resiko terjangkit penyakit kanker

Walaupun Lada memiliki bentuk yang kecil, ternyata rempah yang satu ini dapat memberikan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan manusia.

Diantaranya adalah untuk membantu mengobati penyakit kanker. Banyak penelitian menyatakan bahwa senyawa kimia pada lada (pipering) mampu membantu menurunkan presentase resiko berkembangnya kanker hingga tumor payudara.

Hal ini tentu akan sangat efektif jika pemakaiannya dipadukan dengan kunyit, baik itu dengan bentuk makanan ataupun obat-obatan herbal.

2). Mencegah kerusakan gigi

Lada juga dipakai dalam terapi di banyak klinik dokter gigi. Rempah ini berperan sebagai zat antiseptik untuk mengobati gigi yang busuk ataupun gusi yang mengalami

3). Menurunkan depresi

Kandungan minyak esensial Lada juga dipercaya bisa menurunkan tingkat kecemasan dan kekhawatiran berlebih.

Hal itu disebabkan oleh kandungan zat piperin dalam lada yang dapat bertindak sebagai obat antidepresan yang kuat untuk membantu proses pemulihan diri dari depresi dan juga dikenal untuk menambah kemampuan kognitif.

4). Meredakan rematik

Rematik bisa disebabkan oleh akumulasi zat beracun, kelebihan cadangan air dalam tubuh, kadar garam dan asam urat yang membuat terjadinya kemerahan, nyeri, peradangan, rasa sakit dan iritasi bagian sendi.

Kandungan minyak esensial  lada memiliki kekuatan istimewa untuk mengeluarkan sebagian besar simpanan air yang berlebih di tubuh, sisa-sisa zat racun, asam urat dan kelebihan zat kalsium lainnya via urine.

Cara pengobatannya rematik dengan lada bisa dikatakan cukup sederhana. Yaitu dengan cara memadukan 2 tetes minyak lada, 2 tetes minyak kemenyan dan 2 ml minyak kelapa.

Gunakan ramuan itu untuk terapi pemijatan pada bagian anggota tubuh yang terserang penyakit rematik untuk membantu mengurangi peradangan, kemerahan, pembengkakan, nyeri, dan iritasi kulit.

Sekiranya itu yang bisa kami sampaikan di postingan kali ini. Terimakasih, See you next post

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme