Kandungan dan Manfaat Tanaman Kayu Manis

Kandungan dan Manfaat Tanaman Kayu Manis – Semua pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya kayu manis, salah satu tanaman ini memiliki berbagai macam kandungan yang bisa di manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Sebagai bumbu masak  hingga sebagai obat misalnya.

Kayu manis mengandung eugenol, minyak atsiri, tanin, sinamaldehide, kalsium oksalat, safrole, zat penyamak dan damar.

daun dewa

Beberapa manfaat kayu manis :

  • Mengurangi rasa nyeri ketika haid

Kayu manis mengandung serat dan protein, sehingga sangat di sarankan untuk di konsumsi wanita ketika haid. Karena dengan kandungan tersebut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang di akibatkan kontraksi otot pada rahim.

Baca Artikel Lainnya :

Kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan. Jadi bagi pasangan suami istri yang belum memiliki anak di sarankan juga untuk mengonsumsinya setrap hari.

  • Mencegah terjadinya penggumpalan darah

Kayu manis bermanfaat juga untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga jika terjadi radang pada anda atau pembengkakan, maka di sarankan untuk mengonsumsi kayu manis tersebut untuk mencegah maupun mengobati kondisi tadi.

  • Mengurangi sakit pada penderita rematik

Sitikon pada tubuh manusia yang mengakibatkan terjadinya rematik ternyata dapat di kurangi dengan  memanfaatkan kayu manis.

Dengan begitu jika anda terserang rematik secara dadakan misalnya dapat teratasi.

  • Menyeimbangkan hormon

Cinnamaldehyde adalah salah satu senyawa kimia dalam kayu manis. Senyawa tersebut dapat membantu mengontrol atau menyeimbangkan hormon – hormon dalam tubuh jika di konsumsi secara teratur.

Misalnya dapat menurunkan kadar hormon progesteron dan menurunkan hormon testosteron.

  • Mencegah penyakit jantung

Kayu manis ternyata juga mengandung anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Kandungan tersebut yang dapat membantu melindungi jantung dari bakteri atau infeksi pengganggu.

Apalagi banyak di ketahui bahwa penyakit jantung ini kambuh tanpa gejala dahulu, walaupun mereka penderita sering melakukan olahraga secara teratur.

  • Mengontrol gula darah

Kayu manis mengandung anti oksidan yang dapat membantu mengontrol gula dalam darah. Misalnya ketika memperbaiki sistem pencernaan dan hormon insulin setelah

makan. Satu gram kayu manis jika dikonsumsi ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Kandungan dalam kayu manis juga dapat membunuh kolesterol jahat yang tidak di pakai oleh tubuh. Apalagi tidak semua kandungan dalam makanan dapat membunuh kolesterol jahat ini.

Sehingga bisa jadi kolesterol jahat dalam darah lebih banyak di bandingkan dengan kolesterol baik. Maka dari itu sangat di sarankan untuk selalu mengonsumsi kayu manis.

  • Obat anti bakteri

Bakteri ada di mana – mana, semua tempat ada bakteri baik maupun bakteri jahat, dan bisa jadi bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh. Jika bakteri jahat yang masuk, belum tentu seseorang akan bertahan, karena setiap orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda – beda.

Jadi sangat di sarankan mengonsumsi kayu manis untuk menjaga kekebalan tubuh, bisa juga mencampurkannya dengan minuman seperti wedang jahe atau teh hangat.

  • Menghangatkan tubuh

Kayu manis juga banyak dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba misalnya.

Contohnya saja ketika masa penjajahan, mereka mengambil rempah – rempah Indonesia untuk di jadikan sebagai penghangat tubuh. Selain itu kayu manis juga di manfaatkan untuk salah satu bahan obat tradisional China.

  • Sumber serat dan mineral

Tubuh manusia memerlukan nutrisi setiap hari. Unsur – unsur tersebut di antaranya serat dan mineral yang di kandung oleh kayu  manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *