Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Tanaman Melinjo

Kandungan dan Manfaat Tanaman Melinjo – Tanaman melinjo adalah salah satu tanaman yang berasal dari Asia tenggara seperti Indonesia.

Tanaman ini bisa juga di tanam di pekarangan rumah tanpa harus di budi dayakan di sebuah lahan, apalagi mengingat manfaat yang dikandungnya banyak dan bisa dimanfaatkan dalam kehidupan  sehari – hari.

Berikut ini akan di sebutkan beberapa kandungan dan manfaat tanaman melinjo.

manfaat melinjo

Kandungan tanaman melinjo

Berikut ini beberapa kandungan yang ada pada tanaman melinjo :

  1. Purin
  2. Antioksidan
  3. Kalsium
  4. Kalori
  5. Karbohidrat
  6. Zat besi
  7. Fosfor
  8. Vitamin A
  9. Vitamin B
  10. Vitamin C
  11. Kadar air
  12. Protein
  13. Lemak

Manfaat tanaman melinjo

Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh tanaman melinjo, mulai dari batang , daun hingga buahnya. Berikut ini beberapa manfaat tanaman melinjo :

  1. Daun dimanfaatkan sebagai sayuran

Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa salah satu manfaat tanaman melinjo adalah sebagai bahan sayuran.

Daun yang biasa di sebut dengan nama daun So ini banyak sekali dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pembuatan sayur seperti sayur asam dan gulai, rasanya juga memiliki ciri kasa yang nikmat dan sedap seperti kemangi.

  1. Biji dimanfaatkan sebagai bahan dasar emping

Manfaat yang di berikan tanaman melinjo dari si bijinya adalah sebagai bahan dasar pembuatan emping melinjo.

Emping melinjo ini bisa dikatakan sudah familia di kalangan masyarakat, sampai – sampai mereka memanfaatkan sebagai lauk atau teman makan nasi duduk dan gado-gado, walaupun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai camilan sehari – hari.

Emping melinjo ini memang dikenal memiliki cita rasa yang sangat khas, yaitu rasa pahit dan gurih karena telah tercampur oleh garam saat pembuatannya.

Bisanya pembuatannya biji melinjo sendiri awalnya di rebus hingga matang baru di bersihkan kulitnya baru ditumbuk hingga tipis baru kemudian di jemur hingga kering dan langsung di goreng, jika tidak ingin di rebus bisa di bakar bijinya.

Namun, banyak yang bilang kalau terlalu banyak memakan emping ini akan menyebabkan terserang asam urat akibat puri berlebih yang di kandungnya.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan memakan si buah melinjo, apalagi kandungan antioksidannya tersebut dapat membantu mencegah terhadap radikal bebas yang menyerang tubuh dan juga meningkatkan imunitas tubuh atau daya tahan tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan pasti akan terjadi, tapi agak tidak nyaman jika penuaan terjadi sejak dini, akibatnya kulit menjadi tidak elastis lagi, terdapat bintik – bintik hitam dan kulit juga semakin keriput keadaannya, biasanya disebabkan oleh radikal bebas.

Maka dengan mengonsumsi buah melinjo secara teratur dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

  1. Memperkuat daya ingat

Jika anda termasuk seseorang yang sering lupa atau daya ingat rendah, sebaiknya memakan si melinjo, karena tanaman melinjo termasuk ke dalam jenis tanaman ginko yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Mengonsumsi buah melinjo menjadikan sel – sel dalam dalam otak dan darah tumbuh.

  1. Mencegah anemia

Salah satu kandungan si melinjo adalah zat besi, yang mana zat besi ini sangat di butuhkan oleh seseorang yang mengalami anemia, biasanya di tandai dengan pusing, tidak semangat dan lemas.

Baca Juga :

Maka di sarankan jika seseorang mengalami anemia untuk mengonsumsi buah melinjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme