Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Flame Moss

Morfologi

  • Nama Latin : Taxiphyllum Barbieri
  • Nama Lain : Flame Moss
  • Level Pemeliharaan : Relatif Sangat Mudah
  • Kebutuhan Oksigan : Relatif Sangat Rendah
  • Kebutuhan Penerangan : Relatif Sangat Rendah
  • Perletakan Lokasi Tanaman : Bersifat Variabel
  • Level Pertumbuhan : Relatif Sangat Lambat
  • Keluarga : Hypnaceae
  • Genus : Vesicularia
  • Negara Asal : Asia Tenggara
  • Jenis Tanaman : Moss
  • Kekerasan Air : Medium

Klasifikasi

Taxiphyllum Barbieri mempunyai nama lain flame moss yang memiliki bentuk cukup unik. Bentuknya  hampir menyerupai api dengan warna hijau gelap.

Pertumbuhan nya cenderung menuju ke atas, Batangnya juga akan tumbuh memutar ke atas, bentuk nya menyerupai nyala api lilin. Flame Moss lebih menyukai keadaan suhu kurang dari 30 derajat celciuls.

Pada kelompok habitat asli nya, tanaman ini hidup di tempat yang bersuhu dingin. Kecepatan pertumbuhan tanaman ini lebih cepat dari jenis Fissiden dan Riccardia.

Tanaman Flame Moss merupakan tanaman yang dapat dikategorikan sebagai tanaman lumut yang paling produktif.

Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman yang tersedia untuk penggemar aquascape.

Banyak ditemukan  di Benua Asia, terutama di negara Jepang dan Vietnam. Jenis lumut ini biasa ditemukan melekat pada bagian batu alam, kayu apung, dan bentuk vegatasi lain nya yang ada di sungai dan rawa-rawa.

Meskipun di kalangan khalayak ramai Moss ini lebih banyak dikenal sebagai Flame Moss, para ilmuwan belum dapat mengklasifikasikan taksenomi yang tepat untuk menentukan kategori  tanaman nya. Sebagaian orang mengklasifikan nya sebagai Vesicularia Dubyana.

Tetapi banyak juga dari para ilmuwan yang menganggap bahwa penamaan tersebut tidak tepat.

Penamaan yang dirasakan tepat adalah Taxiphyllum Barbieri. Dan sampai dengan saat ini, nama tersebut masih dianggap sebagai nama yang tepat untuk pengklasifikasian nya.

Jenis Tanaman Flame Moss sangat dikenal dengan perawatan nya yang sangat mudah dan tidak membutuhkan suhu  atau lingkungan tertentu untuk dapat tumbuh dengan baik.

Flame Moss pun dapat tumbuh dalam kondisi pencahayaaan , nutrisi dan air yang bersifat apa ada nya.

Cabang-cabang nya yang tumbuh bebas akan dapat dengan mudah melekat pada berbagai macam bidang seperti batu ataupun kayu apung. Bahkan ada kemungkinan media tersebut dapat terbungkus didalam tanaman nya.

Pertumbuhan tanaman ini dapat dikatakan relatif sangat lambat, tetapi dapat menjadi relatif sedikit lebih cepat pertumbuhan nya apabila mendapatkan pencahayaan yang lebih banyak.

Pertumbuhan nya akan menyebar secara horizontal dan vertikal didalam lapisan nya.

Sistim filtrasi yang baik akan membantu tetap menjaga nya kondisi Flame Moss agar tetap bersih dan terbebas dari berbagai macam kotoran.

Pembiakan nya akan dapat dilakukan dengan cara memotong cabang yang tumbuh dari bagian daun nya.

Flame Moss sangat dikenal dapat tumbuh dari bagian cabang yang berukuran terkecil dari daun nya.

Tanaman inipun sangat mudah untuk dapat dilekatkan pada satu media tertentu dengan cara menggunakan senar pancing ataupun benang. Cara nya dengan mengikat ataupun membungkus  lapisan tipis yang terdapat pada Moss dan didekatkan  pada  lumut ataupun media tertentu. Dalam beberapa minggu yang terlihat adalah lumut akan tumbuh membungkus dan melekat pada media yang berada didekat nya.

Flame Moss pun dapat dijepit pada dua kawat mesh dengan tujuan untuk membuat suatu dinding lumut. Dinding ini akan berfungsi sebagai media tempat tumbuh nya Moss diantara lubang-lubang  dinding tersebut.

Pertumbuhan tanaman ini akan berjalan secara perlahan, hingga bulan berikut nya. Dinding akan terlihat seperti layar yang menggantung.

Walaupun sebagian orang menganggap bahwa taksonomi nya masih sangat membingungkan, tetapi  Flame Moss tetap banyak digemari oleh banyak penggemar dari aquacape.

Selain itu juga karena  cara perawatan nya yang cukup mudah dan fleksibel, sehingga tetap menjadi salah satu tanaman yang menjadi pilihan bagi para pecinta tanaman air.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Flame Moss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme