Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman nangka

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman nangka – Nangka atau yang memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus Lamk merupakan tanaman buah yang beraasal dari India, tanaman ini kemudian menyebar luas hingga ke berbagai daerah tropis, termasuk Indonesia.

Tanaman ini memiliki nama yang berbeda–beda dan bervariasi pada tiap tempat, tergantung pada wilayah dan daerahnya.

Tanaman nangka sendiri merupakan tanaman yang tergolong dalam jenis buah tahunan, dan masih memiliki hubungan dengan Malvales dan juga termasuk kedalam ordo Urticales.

f

Selain itu, tanaman yang satu ini juga dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang di daerah tropis, pada ketinggian berapapun.

Menurut beberapa penelitian dan pakar botani, secara sistematis klasifikasi dan anatomi tanaman yang satu ini ialah sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Nangka

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Sub Kingdom : Tracheobionta (Memiliki pembuluh)
  • Super Divisi : Spermatiphyta (Memiliki biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magniliopsida (berkeping dua)
  • Sub Kelas : Dilleniidae
  • Ordo : Urticales
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Artocarpus
  • Spesies : Artocarpus heterophyllus

Morfologi Tanaman Nangka

Biji

Biji tanaman nangka berbentuk bulat memanjang, ada pula yang berbentuk lonjong, memiliki warna keabu-abuan, dan terdiri dari lapisan luar dan dalam.

Selain itu, biji tanaman buah ini diselimuti daging tebal berwarna kekuningan hingga kuning pekat. Biji buah nangka memiliki lapisan luar yang tipis, dan lapisan dalam yang tebal berwarn putih.

Akar

Nangka memiliki akar tunggang dan cabang yang sangat banyak. Akar yang dimiliki oleh tanaman nangka dapat menembus hingga ke permukaan tanah, juga bisa menjalar hingga pada kedalaman 10-15 meter bahkan lebih, tergantung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Daun

Tanaman nangkan memiliki daun tunggal, bertangkai 1-4 cm, memiliki bagian tepi yang rata dan berbentuk bulat telur memanjang, serta memiliki ujung pangkal pendek meruncing.

Daun nangka ini memiliki permukaan atas berwarna hijau tua mengkilap, kaku dan juga permukaan bagian bawah memiliki warna hijau muda.

Bunga

Tanaman nangka bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan memiliki ciri khas berwarna hijau tua dan membengkok, sedangkan bunga betina berbentuk silinder.

Proses pembuahan terjadi di kelopak bunga dan benang sari, dalam penyerbukannya umumnya dibantu dengan angin dan juga binatang yang ada di sekitar.

Buah

Tanaman nangka memiliki buah berbentuk bulat berwarna hijau dan kekuning-kuningan jika sudah mau matang.

Baca Artikel Lainnya :

Buah ini tergolong kedalam buah yang majemuk, karena memiliki daging buah yang banyak. Buah ini memiliki permukaan kasar dan berduri lunak, serta buah ini terdapat di batang dan percabangan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme