Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang – Siapa sih yang tidak tahu buah pisang? Buah berwarna kuning berbentuk lonjong dengan sedikit lancip di bagian ujungnya ini sangat dikenal di kalangan sosial.

Banyak sekali orang-orang yang menjual buah ini di pasar dengan jenis-jenis yang beragam. Konon, orang-orang mengatakan bahwa buah ini juga sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Terlebih ini buah ini memiliki rasa manis yang bikin kecanduan untuk memakannya terus deh, kurang sempurna apa lagi sih buah ini. Darimana asal buah ini ya? Yuk, sekarang marilah kita lakukan pembahasan mengenai hal ini.

Untitled

Tanaman Pisang (Musa paradisiaca) adalah tanaman berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat bekas pelepah daun. Tumbuhan ini tidak memiliki cabang, berbatang basah, dan tidak mengandung lignin. Batang tumbuhan ini diselubungi oleh pelepah daunnya. Tumbuhan ini berasal dari daerah Asia Tenggara.

Tumbuhan ini dapat berbuah menghasilkan buah yang kita kenal yaitu Pisang. Tumbuhan ini memiliki banyak ragam jenis, seperti ‘M. cavendishii, M. sinensis’, ‘M. paradisiaca normalis’, dan ‘M. brachycarpa’. Untuk hasil buah pisang jenis pertama, yaitu adalah pisang yang dapat dimakan setelah dimasak terlebih dahulu seperti halnya pisang ambon, pisang susu, dan juga pisang raja.

Sedangkan yang kedua adalah layaknya buah pisang yang kita ketahui pada umumnya, dapat dimakan tanpa perlu dimasak. Sedangkan yang terakhir adalah tumbuhan pisang yang hanya dimanfaatkan dedaunannya seperti pisang klutuk dan batu.

Berikut adalah klasifikasi dan morfologi tanaman pisang :

KINGDOM                  : Plantae (Tumbuhan)

SUB KINGDOM         : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)

INFRA KINGDOM      : Streptophyta (Tumbuhan Darat)

SUPER DIVISI           : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

DIVISI                         : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)

KELAS                        : Liliopsida (Tumbuhan Monokotil)

SUB KELAS               : Commelinidae

ORDO                         : Zingiberales

FAMILI                         : Musaceae

GENUS                       : Musa

SPESIES                     : Musa paradisiacal

(Referensi: plants.usda.gov – Plants Database)

Tumbuhan pisang memiliki ujung daun yang berbentuk rompang dan daging daun yang sangat tipis. Pertulangan daun berbentuk menyirip serta permukaan baik atas maupun bawah daun licin berlapis lilin.  Daun pisang ini berbentuk memanjang namun juga agak melebar berwarna hijau tua saat dewasa dan hijau muda saat masih muda.

Tanaman ini berakar serabut dan tidak memiliki akar tunggang. Pertumbuhan akar pada umumnya berkumpul dan bergerak menyamping sepanjang 4-5 meter. Walaupun dengan kepanjangan tersebut, akar tanaman ini tidak dapat meraih lebih dalam dari 2 meter di bawah permukaan tanah.

Sedangkan untuk batangnya dibedakan menjadi 2 macam, yaitu batang asli dan batang semu. Batang asli berada di pangkal batang semu yang tenggelam di bawah permukaan tanah. Batang asli memiliki banyak mata tunas yang akhirnya dapat menghasilkan akar. Batang semu terdiri dari pelepah-pelepah daun, tegak, dan berdiri kokoh di atas permukaan tanah.

Tumbuhan Pisang juga memiliki bunga, sering disebut dengan jantung pisang. Bunga ini keluar dari ujung batang, tersusun atas daun-daun yang melindungi bunga yang berada di tiap ketiak antara daun pelindung.

Bunga pisang tergolong bunga yang bermah satu, dengan letak bunga betina di pangkal dan bunga jantan di bagian tengah. Bunga pisang yang sempurna terdiri atas bunga jantan dan bunga betina di bagian ujung.

Buah pisang terdiri dari beberapa sisir dengan tiap sisirnya terdapat 7-21 buah tergantung pada jenis dan perawatan tumbuhan pisangnya. Buah pisang tidak memiliki biji dan berasa manis dan sedikit lunak untuk yang matang. Buah pisang sangat bermaanfaat untuk kesehatan karena memiliki gizi yang lebih tinggi daripada apel dan menyediakan cadangan energi.

Buah pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Vitamin pada buah pisang juga berlimpah seperti vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme