Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu – Tanaman Ubi Kayu  yang biasa disebut  juga dengan singkong atau ketela pohon merupakan golongan tanaman perdu.

Dikenal kenal juga sebagai salah satu makanan pokok yang berguna sebagai sumber karbohidrat nomor tiga setelah padi dan jagung.

Pada Tanaman Ubi kayu, bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian umbinya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Ubi Kayu

Dimana bagian inilah  yang paling banyak mengandung  unsur karbohidrat.

Klasifikasi  Pada Tanaman Ubi Kayu 

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Malpighiales
Famili Euporbiaceae
Genus Manihot
Spesies Manihot esculenta

Morfologi  Pada Tanaman Ubi Kayu

Akar

Bagian akar pada Tanaman Ubi Kayu termasuk dalam golongan akar tunggang dan tergolong juga sebagai tumbuhan dikotil. Pada bagian akar merupakan bagian padaTanaman Ubi Kayu yang menyimpan banyak cadangan makanan.

Batang

Bagian batang pada Tanaman Ubi Kayu bentuk nya bulat, panjang, berkayu, berbuku – buku dan tumbuh nya  memanjang. Ukuran panjang batang tanaman Ubi Kayu sekitar 2 sampa 3 cm.

Sedangkan ukuran pada diameter batang nya tergantug  dari varietasnya, yang memiliki warna batang kecoklatan dengan bentuk tonjolan kecil pada bagian batang nya. Selain itu juga memiliki gabus juga pada bagian dalam batang nya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Cilembu

Daun

Bagian daun pada Tanaman Ubi Kayu termasuk  dalam kategori daun tunggal atau folium simplek yang mempunyai tulang daun  atau nervatio/ veneration dengan bentuk menjari  atau palminervis. Mempunyai tepi daun  atau margo folii yang berbentuk rata atau integer.

Bagian Daun ubi kayu memiliki tangkai atau petioles yang bentuk panjang dan helaian daunnya menyerupai telapak tangan, dimana setiap tangkai mempunyai daun sekitar 3 sampai 8 lembar.

Daun Ubi Kayu juga bersifat cepat gugur dengan umur paling lama hanya beberapa bulan saja. Daun pada Ubi Kayu ini berwarna hijau muda ketika  umur nya masih muda, juga dapat dimanfaatkan sebagai sayuran yang dapat digunakan juga untuk menetralisir rasa pahit  pada sayuran lainnya, namun saat sudah tua, warna nya berubah menjadi hijau tua.

Bunga
Bunga pada Tanaman Ubi Kayu termasuk dalam kategori bunga berumah satu atau monoeseus melalui penyerbukan silang. Bunga ini juga mempunyai tenda berbunga tunggal dengan ukuran 1 cm.

Bunga ini terletak dalam tandan yang tidak rapat dan tempat nya terkumpul pada bagian ujung batang.  Bunga betina pada Tanaman Ubi Kayu ini bentuk nya menyerupai cincin dengan tangkai putik atau stylus yang menyatu.

Bunga betina juga mempunyai tenda bunga, serta tonjolan penebalan dasar bunga atau recetaculum  yang berwarna kuning  dan posisi nya mengelilingi calon buah nya.

Pada Bunga jantan dalam Tanaman Ubi Kayu ini juga mempunyai tenda bunga yang bentuk nya menyerupai lonceng, dan tertancap disekitar posisi penebalan dasar bunga. Bentuk nya seperti berlekuk.

Buah

Bagian buah pada Tanaman Ubi Kayu disebut  juga sebagai Umbi. Bagian umbi pada Tanaman Ubi Kayu ini terbentuk dari akar yang mengalami perubahan bentuk dan fungsinya menjadi sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan.

Bentuk umbi pada Ubi Kayu ini dapat bermacam-macam, namun  mayoritas berbentuk seperti silinder dan meruncing.

Beberapa diantaranya mempunyai bentuk yang bercabang. Selain itu bentuk umbi biasanya juga  berbentuk bulat memanjang.

Bagian daging umbi mengandung zat pati  yang berwarna putih gelap, dan tiap tanaman nya dapat menghasilkan 5 sampai 10 buah.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme