Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Wangi

Manfaat dan Khasiat Daun Pandan Wangi – Daun Pandan Wangi selain dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alternatif tradisional, dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut.

Khasiatnya untuk menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, mengatasi rambut rontok hingga menghilangkan ketombe.

Daun Pandan WangiSudah lama daun pandan wangi dijadikan sebagai obat herbal alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit.

Baca Juga : Cara Budidaya Pohon Pandan Bali

Mengobati rematik

Gunakan 3 lembar daun pandan yang masih segar, kemudian dicuci bersih dan dirajang hingga menjadi beberapa bagian.

Setelah itu seduhlah dengan ukuran setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil dicampur hingga semuanya merata.

Dinginkan dahulu sebelum digunakan sebagai obat gosok dan urut didaerah yang sakit.

Mengobati pegal linu

Gunakan 5 lembar daun pandan yang masih segar ditambah dengan 20 lembar daun serai. Cuci dahulu dan kemudian tumbuk hingga halus.

Tambahkan dengan komposisi ukuran 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk sampai tercampur rata.

Gunakan ramuan tersebut sebagai obat gosok dan urut untuk bagian tubuh yang sakit.

Mengobati lemah saraf

Ambil 3 lembar daun pandanwangi, cuci bersih kemudian rajang. Rebus dengan 3 gelas air putih hingga tersisa sampai 2 gelas saja.

Dinginkan dahulu, kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore hari, sebanyak satu gelas setiap kali minum.

Mengobati depresi

Apabila anda terkena masalah emosional hingga depressi, ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis.

Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai anda merasa tenang.

Mengobati dan menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, ambilah beberapa lembar daun kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas.

Kemudian saring airnya, dan minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore hari.

Baca Juga : Teknik dan Cara Menyadap Getah Pepaya Untuk Pemula

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Rambut

Selain digunakan sebagai obat herbal, daun pandan wangi juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan rambut.

  1. Mengatasi rambut rontok

Gunakan 1 lembar daun pandan dengan tambahan 10 lembar daun waru yang masih segar dan muda, tambahkan juga sebanyak 1 genggam daun urang-aring dengan 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum melati, dan terakhir tambahkan juga 1 kuntum  mawar.

Cuci hingga bersih semua bahan tersebut, kemudian masukkan ke dalam panci alimunium sambil dicampur dengan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Rebuslah semua ramuan hingga mendidih lalu disaring.

Pemakaiannya dengan cara mengoleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat.

Sebaiknya dilakukan setiap malam hari sebelum tidur, dan keesokan harinya baru bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 2-3 kali seminggu.

  1. Menghitamkan rambut

Gunakan 7 lembar daun pandan, kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebuslah dengan 1 liter air, sampai airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman.

Campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak keesokan harinya.

Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

  1. Menghilangkan ketombe

Gunakan 7 lembar daun pandan, cuci bersih dan ditumbuk atau blender sampai halus.

Tambahkan dengan ukuran setengah gelas air bersih lalu dicampur sambil diperas degan tangan.

Gunakan air sisa saringan untuk mencuci rambut dan kulit kepala. Biarkan mengering dengan sendirinya, baru bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. Gunakan rutin hingga ketombe hilang.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, dan Contoh Sedimentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme