Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Manfaat dan Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan – Keberadaan obat tradisional sebagai obat alternative yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit semakin banyak dicari.

Salah satu obat alternatif yang berkhasiat dan sudah dikenal oleh banyak orang adalah Daun Sukun.

Manfaat dari Daun Sukun dipercaya dapat mengobati penyakit ginjal, penyakit diabetes serta penyakit jantung.

Cara pengolahan daun sukun ini untuk menjadi ramuan alami berbeda-beda pembuatannya, tergantung dari jenis penyakit yang diderita.

Baca Juga : Teknik Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sukun

Sebaiknya hal ini dipelajari lebih seksama agar tidak sampai salah pengolahannya, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Manfaat daun sukun untuk kesehatan dan alternatif pengobatan berbagai penyakit

  • Alternatif untuk mengobati penyakit asam urat

Pilihlah daun Sukun yang masih segar dan tidak berlubang dan mulus. Kemudian bersihkan dengan menggunakan kain jika permukaannya kotor.

Cucilah daun tersebut dan kemudian dipotong-potong untuk kemudian dikeringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.

  • Alternatif untuk mengobati penyakit ginjal

Banyak orang percaya bahwa dengan meminum rebusan daun secara teratur dapat menjadi obat herbal yang berfungsi untuk menyembuhkan sakit ginjal. Kuncinya adalah disiplin dalam mengkonsumsi ramuannya setiap hari.

Pilihlah daun terbaik yang masih segar, tidak berlubang dan bersih dari kotoran.

  • Alternatif daun sukun untuk mengobati penyakit jantung

Apabila anda menginginkan tubuh yang fit, pastikan anda menjaga kesehatan jantung sejak usia muda.

Tetapi jika anda sudah menderita penyakit sakit jantung, anda dapat mencoba racikan alternatif obat herbal yang berbahan dasar daun sukun.

Pilihlah daun yang sudah tua dan masih tumbuh menempel di pohonnya. Kemudian bersihkan dengan memakai air yang mengalir, lalu jemur sampai kering.

  • Alternatif daun sukun untuk mengobati penyakit diabetes

Cobalah ramuan berikut ini, siapkan tiga lembar daun yang berwarna hijau tua, sebaiknya yang masih tumbuh dan menempel di dahan pohon. Kemudian bersihkan dengan air yang masih mengalir, potong-potong dan kemudian jemur sampai kering.

Sementara itu siapkan juga wadah yang diisi air bersih sebanyak dua liter. Sebaiknya menggunakan wadah yang terbuat dari tanah liat. Tetapi jika tidak ada, dapat menggunakan panci dari stainless steel.

Rebuslah daun yang sudah kering tersebut dengan menggunakan wadah yang sudah disiapkan.

Rebuslah daun hingga airnya tinggal separuh. Selanjutnya tambahkan air bersih sebanyak satu liter dan rebus kembali sampai air tinggal separuh.

Dinginkan,  kemudian minumlah secara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes serta menurunkan kadar kolesterol darah.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Sukun dengan Mudah

  • Alternatif daun sukun untuk mengobati penyakit lever

Cara pengolahannya adalah, ambil daun yang sudah tua kemudian cucilah sampai bersih. Kemudian rebus daun dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua.

Tunggulah hingga dingin, kemudian minum air rebusan tersebut dua kali sehari di pagi dan sore hari sebanyak satu gelas sekali minum.

Tips untuk memanfaatkan daun sukun kering bagi kesehatan

  1. Usahakan untuk memilih daun yang sudah tua atau daun yang berwarna kuning.
  2. Hindari mengambil daun yang sudah jatuh ke tanah, sebaiknya langsung memetik langsung dari pohonnya.
  3. Jika olahan herbal akan memakai daun yang masih segar, sebaiknya hindari memilih daun yang banyak lubang, kotor, dan warnanya tidak merata. Dan biasakan mencuci daun tersebut hanya dengan air yang mengalir sebelum diolah.
  4. Jika olahan herbal akan menggunakan daun kering, jemurlah dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  5. Cara merebus daun sukun yang benar sebaiknya selalu memakai bahan dari tanah liat atau paling tidak menggunakan panci dari bahan stainless steel. Hindari memakai panci aluminium karena zat pada daun terhadap bahan aluminium dapat menimbulkan reaksi yang beresiko membahayakan kesehatan.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sukun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme