Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan bagian-bagian kromosom tumbuhan

Pengertian dan bagian-bagian kromosom tumbuhan – Kromosom berasal dari bahasa Yunani yaitu Chroma yang berarti warna dan soma yang berarti badan.

Kromosom merupakan unit genetic yang selalu ada di setiap inti sel mahluk hidup, termasuk tumbuhan.

Kromosom berupa deret panjang dari melekul yang terdiri dari 1 molekul DNA bersama dengan berbagai protein terkait sebagai informasi genetic dari suatu organisme.

Kromosom hanya dapat dilihat menggunakan bantuan mikroskop electron. Panjang kromosom kurang lebih 0,2 u hingga 5 u dan diameter yang mencapai 0,2 u hingga 20 u.

Baca Juga : Macam dan Ciri Kromosom

Kromosom merupakan benda-benda yang sangat halus, jika diamati menggunakan mikroskop, kita dapat melihat bentuk kromosom yaitu lurus seperti batang.

Zat penyusun kromosom disebut dengan kromatin dan merupakan susunan benang-benang halus dalam inti plasma yang saling menempel. Setiap mahluk hidup memiliki kromosom termasuk tumbuhan.

Kromosom pada tumbuhan terdiri atas DNA, RNA dan juga protein. Kromosom berfungsi untuk membawa sifat individu dan membawa informasi genetika, karena di dalam kromosom megandung gen.

Gen pada kromosom terdapat di dalam lokus. Gen merupakan bagian dari DNA. Karakter-karakter kromosom pada tumbuhan paling mudah dipelajari pada saat fase prometa fase dari mitosis.

Hal tersebut disebabkan karena pada saat itu kromosom-kromosom pada tumbuhan tampak tersebar dan tidak salin tumpang tindih. Kromosom pada tumbuhan terdiri dari 4 bagian yaitu sebagai berikut ini :

  1. Kromatid

Kromatid merupakan salah satu bagian pada kromosom tumbuhan yang merupakan lengan hasil replikasi dari kromosom.

Kromatid merupakan bagian lengan kromosom yang terikat satu sama lainnya yang diikat oleh sentromer.

Nama lain dari kromatid adalah kromonema. Kromonema akan terlihat pada proses pembelan sel masa profase dan kadang-kadang pada masa interfase juga.

  1. Sentromer

Sentromer merupakan salah satu bagian pada kromosom tumbuhahan yaitu penebalan-penebelan yang terjadi pada kromonema.

Sentromenter merupakan suatu daerah yang tidak mengandung gen.

Sentromer sangat penting pada masa pembelahan karena di sentromerlah lengan kromosom yaitu kromatid saling melekat satu sama lainnya pada masing-masing bagian kutub pembelahan.

Pada bagian sentromer terdapat kinetokor yaitu bagian kromosom dimana disitu terjadi pelekatan benang-benang spindle selama proses pembelahan inti dan juga tempat melekat lengan kromosom.

  1. Lengan Pendek

Kromosom pada tumbuhan  ada yang bentuknya satu lengan dan ada juga yang memiliki dua lengan, ada yang memiliki lengan panjang dan ada yang memiliki lengan panjang namun ada juga yang tidak memiliki lengan.

Lengan pendek atau kromomer merupakan struktur yang bentuknya seperti manik-manik, hasil akumulasi dari materi kromatid yang kadang-kadang terlihat pada pembelahan masa interfase.

Kromomer akan terlihat jelas setelah kromosom pada tumbuhan mengalami pembelahan secara berkali-kali.

  1. Satelit

Satelit merupakan bagian dari kromosom tumbuhan yang bentuknya seperti bulatan dan terletak di ujung lengan kromatid.

Satelit dapat terbentuk karena adanya konstriksi sekunder di daerah tersebut.

  1. Lengan Panjang

Lengan panjang atau telomer adalah bagian pada kromosom tumbuhan yang berisi DNA.

Fungsi telomere adalah menjaga stabilitas ujung kromosom supaya DNA tersebut tidak terurai.

Di sentromer terdapat kinetokor yaitu benang gelendong yang melekat pada bagian tersebut.

Bagian-bagian kromosom pada tumbuhan tidak sama dengan kromosom virus, eukariot dan prokariot karena terdapat beberapa perbedaan.

Itulah beberapa informasi mengenai bagian-bagian pada kromosom tumbuhan semoga informasi di atas dapat menambah wawasan baru bagi pembaca.

Baca Juga : Ukuran, Bentuk, serta Struktur Kromosom Pada Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme