Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Cara Membuat Pupuk Hijau

Pengertian dan Cara Membuat Pupuk Hijau – Memelihara tanaman di pekarangan rumah merupakan upaya untuk mencegah pemanasan global yang sedang terjadi sekarang ini.

Apalagi jika pohon – pohon dan tanaman lainnya tumbuh rimbun dan sehat. Selain sejuk juga menambah pekarangan rumah kamu semakin cantik dan asri.

Namun, jika memelihara tanaman yang sehat dan subur bukanlah langkah yang instan begitu saja.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lalui untuk mendapatkan tanaman yang optimal tentunya.

Baca Artikel Terkait :

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Bagi Pemula

Cara Membuat Pupuk Hijau Dari Tanaman Orok-Orok

Pengertian dan Cara Membuat Pupuk Kandang

Cara Membuat Pupuk Phonska cair

Jenis Pupuk Untuk Meningkatkan Hasil Kelapa Sawit

Salah satunya saja pemberian pupuk agar tanaman bisa cepat tumbuh maksimal dan sehat.

Pupuk hijau adalah salah satu dari pupuk tanaman lainnya yang melalang buana. Kamu harus mengetahui beberapa langkah ini untuk mendapatkan tanaman yang kamu inginkan.

Pengertian

Menurut wikipedia pupuk hijau merupakan pupuk yang berasal dari tumbuhan atau tanaman.

Manfaatnya untuk menambah unsur hara tanah, terutama nitrogen karena pupuk hijau banyak mengandung unsur tersebut.

Memang seperti namanya, semua jenis tanaman dapat dijadikan sebgai pupuk hijau, tapi kamu harus memperhatikan kandungan yang ada pada tanaman – tanaman tersebut.

Diantaranya memiliki kandungan humus total tinggi, kandungan nitrogen tinggi dan rasio C/N (Nisbah karbon terhadap nitrogen) rendah.

Terdiri Dari 4 Jenis

Pupuk hijau ternyata mempunyai empat jenis tanaman yang biasanya dijadikan sebagai sumber pupuk hijau. Diantaranya,

1) sisa tanaman produksi, yaitu sisa panen yang telah diangkut oleh petani. Sisa tanaman itu yang akhirnya dibakar dan dapat dijadikan sebagai pupuk hijau.

2) tanaman pagar, yaitu tanaman yang bersumber dari sela – sela tanaman utama. Bisa ditanam di lorong antar bedengan tanaman utama.

3) tanaman penutup tanah, yang terdiri dari dua jenis tanaman, yaitu tanaman yang ditanam pada masa bera atau masa ketika lahan sudah tidak digunakan dan tanaman yang ditanam persis disamping tanaman utama.

4) tanaman liar, yaitu tanaman yang tumbuh liar di sekitar lahan yang kamu tanam. Biomassanya ini lah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk hijau.

Bahan Utama

Jangan buru – buru membuang sampah dedaunan ke bak sampah ya. Manfaatkan bekas – bekas dedaunan ini sebagai pupuk agar dapat membuat tanaman lain lebih subur dan sehat.

Hanya dengan tanaman hijau maka kamu sudah dapat membuat pupuk hijau ini lho.

Kamu harus menyediakan bahan utama seperti daun hijau dengan berat 200 kg. 10 kg dedak halus, ¼ kg gula pasir / gula merah. ¼ liter bakteri dan 200 liter air / secukupnya.

Untuk cairan bakteri kamu juga bisa membuatnya sendiri lho. Bakteri cair sendiri merupakan salah satu cara alternatif untuk mengolah limbah cair rumah tangga secara biologis yang ramah lingkungan.

Bahan utama bakteri cair ini pun didasarkan oleh tempe dan dan tape singkong dengan takaran yang tepat. Kemudian susu fermentasi seperti yogurt juga salah satu bahan dasarnya.

Setelah menambahkan 200 liter air atau secukupnya pada bahan utama pembuatan pupuk hijau ini, kamu juga bisa menambhkan pupuk kandang supaya proses penguraiannya lebih cepat.

Cara Pembuatan

Sediakan wadah besar untuk memuat semua sampah dedaunan. Basahi dan cacah halus kemudian campurkan dedak halus atau bekatul dengan sampah dedaunan.

Ingat, cairkan terlebih dahulu gula pasir atau gula merah. Setelah itu kamu masukkan bakteri ke dalam air. Gula pasir atau gula merah yang sudah mencair tersebut baru lah bisa kamu campurkan dan aduk rata.

Cairan bakteri serta gula dapat kamu siramkan pada sampah dedaunan yang sudah dicacah halus tadi.

Aduk hingga rata kemudian ditumpuk sampai mencapai ketinggian 15 – 20 cm. Lalu tutup rapat.

Biarkan tertutup rapat dalam waktu 2 – 3 hari, maka setelah itu pupuk hijau sudah dapat kamu gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme