Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Tanaman CAM Beserta Contohnya

Pengertian Tanaman CAM Beserta Contohnya – CAM atau lebih dikenal dengan metabolisme asam crassulacean tanaman ini awalnya melampirkan CO2 untuk PEP dan bentuk OAA.

Namun, dalam memperbaiki karbon siang hari dan memompa OAA untuk sel-sel lain, tanaman CAM akan memperbaiki karbon di malam hari dan menyimpan OAA di dalam sebuah vakuola besar di dalam sel.

Hal ini memungkinkan mereka untuk memiliki stomata mereka terbuka di dinginnya malam, menghindari proses kehilangan air, dan menggunakan CO2 untuk siklus Calvin-Benson pada siang hari, ketika dapat digerakkan oleh bantuan energi matahari.

cam

Tanaman CAM akan lebih umum dari pada tanaman C4 dan termasuk kaktus dan berbagai tanaman sukulen lainnya.

Tumbuhan CAM merupakan tumbuhan yang dapat berubah seperti tumbuhan C3 pada saat pagi hari dengan suhu rendah dan dapat berubah seperti tumbuhan C4 pada siang hari dan malam hari.

Tumbuhan CAM ialah tumbuhan yang stomatanya akan membuka pada malam hari dan akan menutup pada siang hari dengan memiliki laju fotosintesis yang lebih rendah bila dibandingkan dengan tanaman C3 dan C4.

  • Tumbuhan ini mempunyai karakter unik yaitu mampu hidup pada daerah yang cukup panas dan kering
  • Tumbuhan lain yang tergolong sukulenatau dapat menyimpan air bila terdapat pada lingkungan yang suhunya tinggi ( 50 0), biasanya lingkungan gurun
  • Contoh tumbuhannya ialah kaktus dan nanas yang memiliki kemmapuan adaptasi fotosintesis yang berbeda lagi.
  • Tidak seperti tumbuhan umumnya, kelompok tumbuhan ini akan membuka stomata pada malam hari dan akan menutup pada siang hari.
  • Stomata yang menutup pada siang hari akan membuat tumbuhan ini mampu menekan penguapan sehingga dapat menghemat air, tetapi mencegah masuknya CO2.

Saat stomata terbuka pada malam hari, CO2 di dalam sitoplasma sel-sel mesofil akan diikat oleh PEP dengan bantuan enzim PEP karboksilase, sehingga akan terbentuk oksaloasetat yang kemudian diubah menjadi malat atau persis seperti tumbuhan C-4.

Selanjutnya malat yang telah terbentuk akan disimpan dalam vakuola sel mesofil hingga pagi hari tiba. Pada siang hari pada saat reaksi terang terjadi, akan menyediakan ATP dan NADPH untuk siklus Calvin-Benson, malat akan dipecah lagi menjadi CO2 dan piruvat.

CO2 akan masuk ke dalam siklus Calvin-Benson di stroma kloroplas, sedangkan piruvat akan digunakan untuk membentuk kembali PEP.

Ada beberapa tumbuhan yang termasuk dalam golongan tumbuhan CAM adalah Crassulaceae, Cactaceae, Bromeliaceae, Liliaceae, Agaveceae, Ananas comosus, dan Oncidium lanceanum (Anggrek).

  • Suku cocorbebek-cocorbebekan atau Crassulaceae merupakan salah satu anggota dari tumbuhan yang berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG IIsuku ini dimasukkan ke dalam bangsa Saxifragales, klad dikotil sejati inti atau core eudicots, tetapi tidak termasuk ke dalam dua kelompok besar, rosids dan asterids.
  • Kaktusialah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan yang berbunga dengan famili Cactaceae. Kaktus akan dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa membutuhkan air. Kaktus dapat ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti pada gurun.
  • Suku nanas-nanasan atau Bromeliceae yaitu salah satu suku dari anggota tumbuhan yang berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG IIsuku ini termasuk ke dalam bangsa Poales, klad commelinids (eumonocots). Di dalamnya tercakup berbagai genus seperti Ananas, Bilbergia, dan Bromelia.
  • Liliaceaemerupakan salah satu suku dari anggota tumbuhan yang berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Liliales, klad monocots.
  • Agave tequilana, atau yang biasa disebut dengan agave biru (agave azul), agave tequila, mezcalatau maguey yaitu tanaman agave yang menjadikan produk ekonomi penting dari Jalisco, Meksiko, karena peranan tumbuhan ini sebagai bahan dasar dari pembuatan tequila. Tumbuhan ini akan menghasilkan gula dalam jumlah yang tinggi, sebagian besar dalam bentuk fruktosa dan memiliki sifat yang cocok untuk membuat minuman yang beralkohol.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme