Peranan Jamur Dalam Pengadaan Pangan

Peranan Jamur Dalam Pengadaan Pangan – Jamur memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah untuk pengadaan pangan.Beberapa jamur berikut yang dimanfaatkan sebagai pengadaan pangan sehari –hari manusia :

Berperan dalam pembuatan tempe

Tempe adalah salah satu makanan murah meriah yang digemari balita hingga manula.

Untitled

Salah satu peran jamur dalam pengadaan pangan adalah sebagai pembuat tempe.

Pada umumnya biji kedelai yang dicampur dengan ragi tempe akan berfermentasi menjadi tempe setelah beberapa hari oleh jamur Rhizopus Stolonifer, Rhizopus Olygosporus, Rhizopus oryzae.

Kandungan yang dimiliki tempe adalah zat besi, serat pangan, vitamin B, dan kalsium, serta antibiotik umtuk menyembuhkan infeksi dan kolesterol darah karena mengandung antioksidan.

Berperan sebagai pembuat tape

Tape adalah salah satu makanan asli dari Indonesia yang disukai banyak orang dan bisa diolah menjadi berbagai macam jenis pangan, seperti untuk wedang tape atau untuk jajan gorengan.

Biasanya tape terbuat dari singkong dan ketan yang difermentasikan oleh jenis jamur Saccharomycopsis. Jamur Saccharomycopsis diantaranya

Saccharomyces cerevisiae, Saccharomyces ovale, Saccharomycopsis fibuligera. Pada umumnya, tape yang telah difermentasi akan memiliki rasa yang manis keasaman, lengket dan mengandung alkohol.

Berperan sebagai pembuat keju

Keju terbuat dari susu yang difermentasi oleh jamur setelah melalui beberapa tahap. Biasanya susu yang dipakai adalah susu kambing, sapi dan kerbau.

Jamur Penicellium camemberti, Penicellium roqueforti merupakan jamur yang digunakan untuk proses fermentase dari susu menjadi keju.

Berperan sebagai pembuatan oncom

Salah satu peran jamur adalah untuk pembuatan oncom yang menjadi makanan khas Indonesia.

Proses fermentasi dilakukan oleh jamur Neurospora sitophila untuk pembuatan oncom merah yang terbuat dari ampas tahu dan jamur rhizopus oligosporus untuk pembuatan oncom hitam yang terbuat dari bungkil kacang tanah.

Berperan sebagai bahan pangan

Jamur juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi,  biasanya di goreng atapun di tumis.

Biasanya jamur yang digunakan adalah jamur merang (Volvariella volvacea) dan jamur tiram (Pleurotus sp).

Demikian peranan jamur dalam pengadaan pangan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *