Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Perbedaan Antara Tanaman Menyerbuk Sendiri dan Menyerbuk Silang

Perbedaan Antara Tanaman Menyerbuk Sendiri dan Menyerbuk Silang – Penyerbukan merupakan transfer serbuk sari pada stigma bunga atau dua bunga yang berasal dari jenis yang tidak berbeda atau sama.

Ada dua jenis penyerbukan dalam duania pertumbuhan yaitu penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri.

Penyerbukan sendiri yaitu posisi serbuk sari dari bunga pada stigma dari bunga yang sejenis.

rasa

Kebanyakan tanaman tahunan menunjukkan penyerbukan sendiri. Sedangkan penyerbukan silang ialah posisi dari serbuk sari dari bunga pada stigma dari bunga yang tidak sama dari tanaman yang sama atau tanaman yang berbeda dari jenis yang sama. Kebanyakan tanaman beradaptasi untuk penyerbukan silang.

Bunga yang memiliki warna indah dan beraroma biasanya diproduksi oleh bunga dengan penyerbukan silang. Adaptasi ini bertujuan untuk menarik serangga.

Beberapa tanaman menunjukkan jenis khusus dari adaptasi untuk penyerbukan silang.

Salah satu adaptasi ialah unisexuality atau kehadiran jantan yang berbeda dan tanaman betina.

Dihogami merupakan adaptasi lain yang berarti kematangan Ginesium, dan andresium dari bunga yang sama terjadi pada 2 waktu yang tidak bersamaan. Benang sari atau Ginesium akan matang terlebih dulu.

Dimorfisme merupakan adaptasi lain. Itulah beberapa bunga yang mempunyai tangkai putik yang pendek dengan letak benang sari di mulut tabung mahkota.

Sedangkan bunga lainnya memiliki tangkai putik yang panjang dengan kepala sari yang melekat pada tabung corolla yang terletak di bawah mulut.

Serangga dengan bagian mulutnya yang panjang akan membantu penyerbukan bunga dengan tangkai putik pendek yang diambil dari serbuk sari dari kepala sari yang melekat pada tabung corolla di bawah mulut.

Sedangkan serangga dengan bagian mulut yang pendek akan membantu melakukan penyerbukan pada bunga dengan tangkai putik panjang yang diambil dari serbuk sari dari kepala sari di mulut tabung mahkota.

Perbedaan Penyerbukan sendiri dan Penyerbukan silang

Adaptasi lain ialah herkogamy yang  dapat menjadi cara yang berbeda. Adaptasi ini terjadi pada saat benang sari yang tegak, tangkai putik jauh melengkung dari benang sari dan juga ketika tangkai putik tegak, benang sari melengkung lepas.

Terkadang benang sari berada di atas stigma. Stigma seperti paha, dan permukaan masing-masing yaitu permukaan bawah.

Serbuk sari jatuh akan pada permukaan atas dan tidak akan tumbuh. Dalam beberapa tanaman, antera selalu berada di bawah stigma.

Dalam beberapa tanaman, serbuk sari yang steril ketika jatuh pada stigma dari bunga yang sama.

Bunga yang diserbuki angin akan menunjukkan beberapa adaptasi untuk melakukan penyerbukan silang.

Penyerbukan dengan bantuan angin dilakukan oleh bunga-bunga kecil, tidak berwarna, tidak wangi dan tidak ada nektar, stigma besar serta berbulu.

Dengan demikian akan meningkat di atas bagian lainnya. Serbuk sari kecil dan ringan akan diproduksi dalam jumlah besar.

Teksturnya kering dengan extine halus. Bunga ini berada pada tangkai panjang sehingga  terlihat lebih tinggi di atas bagian lain dari tanaman.

Bunga yang melakukan penyerbukan dengan bantuan serangga juga menunjukkan beberapa adaptasi untuk meningkatkan penyerbukan silang.

Bunga tersebut memiliki ukuran besar, berwarna cerah, bunga wangi dengan nektar, stigma kecil dan lengket.

Serbuk sari terlihat besar dan berat dengan extine kasar. Bunga tersebut akan menunjukkan struktur yang sangat kompleks.

Fertilisasi silang memungkinkan aliran gen di dalam suatu spesies untuk dapat menghasilkan kombinasi genetik baru.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan akan perbedaan antara penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri.

Baca Artikel Lainnya :

Penyerbukan sendiri merupakan  posisi serbuk sari dari bunga pada stigma dari bunga yang sama sedangkan penyerbukan silangan ialah pengendapan serbuk sari dari bunga pada stigma dari bunga yang berbeda dari tanaman yang sama atau tanaman yang berbeda dari jenis yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme