Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kerja Jantung pada Tubuh Manusia

Cara Kerja Jantung pada Tubuh Manusia – Jantung adalah organ vital makhluk hidup yang memiliki tugas sangat penting.

Dalam kondisi normal, setiap menit jantung manusia (orang dewasa) berdetak sebanyak 60-100 kali. Sehingga darah dapat dialirkan menuju seluruh tubuh dengan baik.

Jantung terletak pada bagian dada di sebelah kiri tubuh (dibawah tulang rusuk) dan diapit oleh paru-paru.

Cara Kerja Jantung pada Tubuh Manusia

Cara Kerja Jantung pada Tubuh Manusia

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Bronkiolus dan Alveolus

Di dalam jantung terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu:

Ruang Jantung

Di dalam Jantung terdapat 4 ruang utama yang masing-masing dipenuhi darah dan oksigen.

Atrium (serambi jantung) merupakan dua ruang atas jantung yang dipenuhi darah kemudian darah tersebut kembali lagi ke dalam jantung, maksudnya atrium yang sebelah kanan menerima asupan darah dengan oksigen yang sangat sedikit dari seluruh tubuh, sedangkan atrium bagian kiri menerima darah dengan kandungan oksigen yang sangat melimpah dari dalam paru-paru.

Lalu dua ruang dalam jantung pada bagian bawah disebut dengan Ventrikel (bilik jantung).

Tugas dari Ventrikel kiri adalah mendistribusikan darah yang kaya akan oksigen dari atrium kiri menuju ke seluruh pembuluh darah utama (aorta).

Kemudian melalui aorta inilah darah tersebut disebarkan menuju ke seluruh tubuh. Sedangkan tugas dari Ventrikel kanan adalah menerima darah dari antrium kanan yang kemudian dipompa menuju paru-paru.

Pembuluh Darah Jantung

Pembuluh Darah Jantung ini berfungsi sebagai tempat keluar masuknya aliran darah saat jantung berdetak yang dikenal dengan system sirkulasi jantung, baik itu darah yang kaya dengan oksigen maupun darah yang memiliki sedikit oksigen.

Dengan adanya pembuluh darah jantung ini, sirkulasi darah akan berjalan dengan baik sehingga organ tubuh lain dapat menerima asupan darah dengan baik.

Berikut ini adalah cara kerja Jantung:

Jantung memiliki fungsi utama untuk menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia berdetak sekitar 100.000 kali/hari dan diatur oleh peacemaker. Peacemaker atau pacu jantung terletak pada serambi kanan dan bertugas untuk memberi informasi agar otot jantung berkontraksi. Terdapat tiga lapidan jantung, yaitu:

  1. Pericardium

Perikardium adalah lapisan terluar jantung (membrane pembungkus jantung) yang di dalamnya berisi cairan pericardium. Cairan tersebut berfungsi untuk menjaga gesekan saat jantung berdenyut.

  1. Miokardium

Miokardium adalah lapisan otot jantung dengan fungsi sebagai alat kontraksi agar jantuk dapat berdetak.

  1. Endokardium

Endokardium adalah lapisan dalam berupa selaput yang membatasi ruang jantung.

System saraf yang mengatur kerja jantung dialakukan oleh system saraf tak sadar yang yerletak pada miokardium. Terdapat tiga system saraf yang mengendalikan kerja jantung, yitu:

  1. Simpul yang berada pada dinding serambi.
  2. Simpul yang berada pada sekat serambi, dan
  3. Saraf yang berada pada sekat diantara bilik jantung.

Setiap ruang jantung akan mengendur ketika jantung berdenyut, sehingga ruang jantung akan terisi darah. Gambaran mudahnya seperti dibawah ini:

  1. Dinding jantung berelaksasi, sehingga serambi jantung menegembang untuk membawa darah dari tubuh dan paru-paru masuk ke dalam serambi.
  2. Dinding serambi kemudian memacu darah melalui katup yang terletak diantara serambi dan bilik. Lalu darah tersebut akan masuk ke dalam bilik.
  3. Dinding bilik berkontraksi, sehingga darah dengan tekanan yang tinggi masuk ke dalam arteri, kemudian darah menuju paru-paru dan seluruh tubuh.

Demikian tadi beberapa hal terkait dengan Jantung pada tubuh manusia. Mengingat begitu pentingnya jantung dalam hidup manusia, hendaknya kita selalu menjaga jantung dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan para pembaca.

Baca Juga : Pengertian, Bagian, Gangguan, Gejala dan cara Mengobati Penyakit Katup Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!