Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Tiroid

Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Tiroid – Dikutip dari WHO, kanker merupakan istilah umum satu kelompok besar penyakit yang dapat mempengaruhi bagian tubuh.

Definisi dari kanker adalah pertumbuhan sel-sel baru secara abnormal yang tumbuh melampaui batas normal, dan yang kemudian dapat menyerang bagian sebelah tubuh dan menyebar ke organ lain.

Proses ini disebut metasis. Metasis merupakan penyebab utama kematian akibat kanker.

Ada juga yang menyebutkan bahwa kanker merupakan neoplasma ganas. Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian Utama di seluruh dunia.

Baca Juga : Pengertian, Jenis Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi

Pada tahun 2012 saja terhitung sekitar 8,2 juta kematian disebabkan oleh kanker. Jenis kanker ini sangat beragam, seperti kanker paru, hati, perut, kolorektal dan kanker payudara yang merupakan penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya.

Dari semua jenis nama penyakit kanker yang ada, tahukah anda dengan jenis Kanker Tiroid?

Pengertian Kanker Tiroid

Kanker Tiroid merupakan salah satu penyakit ganas yang jaran ditemukan. Pertumbuhan kanker Tiroid ini tergantung lambat namun ada waktu dimana bertumbuh dengan sangat cepat.

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa kanker Tiroid ini dijumpai pada golongan usia 7 – 65 tahun dan dengan perbandingan gender laki-laki dan wanita sebesar 1:3. Dimana dengan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa wanita rentan terjangkit kanker Tiroid.

Tiroid sendiri merupakan kelenjar yang berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher.

Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat bada, dan lainnya.

Gejala Kanker Tiroid

Gejala adanya kanker Tiroid ini umumnya dengan ditandai adanya pembengkakan leher, suara menjadi serak, terjadi batuk atau batuk berdarah. Selain itu biasanya gejala diikuti dengan terjadinya diare ataupun sembelit.

Diagnosa Kanker Tiroid

Diagnosa awal dari kanker Tiroid biasanya terdapat benjolan namun tidak nyeri yang terdapat pada leher.

Dapat dilakukan Scanning Tiroid yang menentukan apakah nodul berfungsi dengan baik atau tidak (jika nodul tidak berfungsi akan cenderung bersifat ganas).

Pemeriksaan USG dapat membantu apakah nodul berbentuk padat atau berisi cairan.

Contoh nodul biasanya diambil dengan jarum untuk keperluan biopsi. Biopsi salah satu cara terbaik untuk menentukan apakah nodulnya jinak atau ganas.

Jenis kanker Tiroid

Terdapat 4 jenis penyakit kanker Tiroid adalah sebagai berikut :

  • Kanker Papiler

Merupakan jenis kanker Tiroid yang paling umum terjadi. Biasanya mempengaruhi wanita dengan usia dibawah 40 tahun. Jenis kanker ini lebih cepat tumbuh dan menyebar.

Risiko tinggi terjadi terhadap orang yang pernah menjalani terapi penyinaran di leher.

Kanker jenis Papiler termasuk salah satu kanker yang dapat disembuhkan dengan berbagai proses pengobatan.

Salah satunya dengan cara pembedahan yang terkadang juga dilakukan pengangkatan kelenjar getah bening di sekitarnya.

Kemudian diberikan hormon tiroid dalam dosis cukup untuk menekan pelepasan TSH dan membantu mencegah kambuhnya kanker.

Terkadang ahli bedah juga melalukan pengangkatan terhadap kelenjar Tiroid secara menyeluruh dengan diberikan yodisium radioaktif dengan harapan bahwa kanker yang telah menyebar dapat hancur.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

  • Kanker Folikuler

Jenis kanker ini biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia. Penyebaran kanker Folikuler melalui aliran darah, dengan proses menyebarkan sel-sel kanker ke berbagai organ tubuh.

Cara pengobatan kanker  ini dengan dilakukan pengangkatan terhadap kelenjar Tiroid secara menyeluruh dengan diberikan yodisium radioaktif dengan harapan bahwa kanker yang telah menyebar dapat hancur.

  • Kanker Meduler

Jenis kanker ini jarang terjadi tidak seperti kanker Papiler dan Folikuler. Umumnya dipengaruhi oleh faktor keturunan dengan gejala-gejala yang tidak biasa. Penyebarannya melalui darah ke hati, paru-paru dan tulang.

Pengotan jenis kanker ini dengan cara pengangkatan kelenjar tiroid secara menyeluruh.

Untuk mengetahui gejala penyakit ini dapat dilakukan tes perangsangan terhadap kadar kalsitonin jika hasilnya tinggi maka dapat dipastikan orang tersebut menderita kanker meduler.

Tes ini dapat dilakukan jika terdapat turunan yang mengidap kanker Meduler, mengingat kanker ini termasuk penyakit turunan.

  • Kanker Anaplastik

Jenis kanker ini termasuk paling jarang ditemui dan umumnya terjadi di usia 60 tahun ke atas.

Kanker Anaplastik ini termasuk jenis kanker yang menyebar dengan cepat dan biasanya menyebabkan benjolan yang besar di leher.

Jika pada pengobatan kanker lainnya diberikan yodisium radioaktif, namun untuk kanker Anaplastik tidak dapat digunakan.

Hal ini dikarenakan kanker ini tidak dapat menyerap yodisium radioaktif. Biasanya para ahli akan memberikan obat anti kanker dan terapi penyinaran yang dilakukan sebelum dan sesudah pembedahan.

Baca Juga : Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Rematik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!