Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dampak Pemberian Air Kotor terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan

Dampak Pemberian Air Kotor terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan – Hallo teman-teman, pembahasan kali ini berbeda dari sebelumnya ya. Kali ini kita akan membahas tentang air.

Seperti halnya manusia, tumbuhan juga membutuhkan air untuk bertahan hidup, menjalankan fungsi setiap organ dan melanjutkan pertumbuhannya. Tahukah Anda, kalau 80% tubuh kita mengandung air?

Begitu pentingnya air untuk semua makhluk ya. Nah namun bagaimana ceritanya jika yang diberikan pada tumbuhan adalah air kotor?  Oleh sebab itu, yuk kita simak langsung apa Dampak Pemberian Air Kotor terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan.

  1. Perubahan Hasil Panen

Perubahan hasil panen dalam hal ini lebih cenderung pada hasil pertanian, seperti padi, jagung, ubi, dan hasil pertanian yang lainnya. Jika kapasitas air cenderung banyak apalagi air yang banyak ini tercemar dengan segala polusi dan kotor, sudah pasti hasil panen tidak akan bisa maksimal dan tidak sedikit yang justru mengalami gagal panen atau kerugian.

  1. Menghambat Tumbuh Kembangnya

Tumbuhan gangga atau tumbuhan parasit biasanya lebih subur berada di air yang kotor. Ini akan menyebabkan persaingan ketat antara tumbuhan yang Anda tanam dan juga tumbuhan parasit.

Tidak jarang tumbuhan yang Anda tanam ini justru akan kalah dan tidak berkembang. Selain mengganggu tumbuh kembangnya, tumbuhan parasit yang bermukim di air kotor ini akan membuat tanaman Anda bisa mati.

  1. Mengubah Rasa Hasil Panen

Terakhir adalah air yang kotor mampu mengubah rasa pada hasil panen itu sendiri. Ini karena air yang kotor dan tercampur dengan macam-macam zat polusi akan diserap melalui akar tumbuhan dan nantinya akan masuk ke dalam tumbuhan. Tumbuhan yang menyerap air kotor akan memiliki rasa yang berbeda pula.

Selain bisa mengubah rasa pada tumbuhan, menghambat tumbuh kembangnya, dan mempengaruhi hasil panennya, air kotor juga sudah tercemar dengan segala macam zat berbahaya yang  jika dikonsumsi oleh manusia akan menimbulkan dampak yang berbahaya juga.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita memilki kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan air terutama sungai kita.

Baca Juga : Cara Budidaya Pepaya

Nah, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penambah wawasan Anda untuk ke depannya. Terus pantau artikel selanjutnya ya.

Updated: 1 Januari 2019 — 1:43 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!