Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Karakteristik dan Dimensi Servant Leadership

Pengertian, Karakteristik dan Dimensi Servant Leadership – Servant Leadership adalah suatu kemimpinan yang berasal dari rasa tulus untuk melayani, menempatkan kebutuhan pengikut sebagai prioritas dan bertanggung jawab atas orang-orang yang dipimpinnya.

Konsep Servant Leadership ini pertama kali diperkenalkan oleh Robert K. Greenleaf (1970) dalam bukunya yang berjudul The Servant as Leader.

Pengertian, Karakteristik dan Dimensi Servant Leadership

Pengertian, Karakteristik dan Dimensi Servant Leadership

Sebagai seorang Vice Presiden American Telephone and Telegraph Company, ia berpendapat bahwa Servant Leadership adalah orang yang menjadi pelayan terlebih dahulu, dimulai dari perasaan alami yang menyatakan bahwa jika seseorang ingin dilayani maka orang tersebut harus melayani terlebih dahulu.

Menurut Spears (2002:27-29) terdapat sepuluh Karakteristik Servant Leadership, yaitu:

  1. Mendengarkan

Mendengarkan atau listening berarti Servant Leadership harus mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian untuk mengidentifikasi dan membantu memperjelas keinginan kelompok.

  1. Empati

Empati berarti seorang pemimpin harus mampu memahami rekannya dan berempati terhadap orang lain.

  1. Penyembuhan

Penyembuhan berarti Servant Leadership harus mampu menciptakan penyembuhan emosional dan mampu untuk melakukan suatu hubungan untuk transormasi dan integrasi.

  1. Kesadaran

Seorang Servant Leader harus mampu untuk memahami isu-isu yang melibatkan etika, kekuasaan, dan nilai-nilai yang ada di sekitarnya.

  1. Persuasi

Persuasi berarti pemimpin berusaha untuk meyakinkan orang lain. Tidak seperti pomimpin otoriter tradisional yang memaksa orang untuk mengikuti apa yang sudah diterapkan.

  1. Konseptualisasi

Konseptualisasi berkaitan dengan kemampuan seorang pemimpin melihat suatu masalah beserta dengan dampaknya. Ini berarti seorang Servant Leadership haruslah berfikir jangka panjang.

  1. Kejelian

Kejelian atau Foresight berarti seorang pemimpin harus teliti dalam memahami masa lalu sebagai pelajaran, realitas yang terjadi saat ini dan kemungkinan konsekuensi dari keputusan untuk masa depan.

  1. Keterbukaan

Keterbukaan ini ditekankan untuk membangun kepercayaan dari orang lain.

  1. Komitmen untuk pertumbuhan

Komitmen untuk pertumbuhan ini berkaitan dengan tanggung jawab dalam melaksanakan usaha dalam rangka meningkatkan pertumbuhan professional karyawan dan organisasi.

  1. Membangun komitmen

Untuk membangun suatu komitmen, pemimpin harus mengidentifikasi cara apa yang akan diterapkan dalam prosesnya.

Sekarang kita beranjak menuju Dimensi Servant Leadership, dan berikut adalah macam-macam dimensi yang masuk di dalamnya :

  1. Altrulstic Calling

Altrulstic Calling adalah kemauan yang kuat untuk menciptakan perubahan positif dalam hidup orang lain dan lebih mengutamakan kepentingan orang lain, serta bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan pengikut atau bawahannya.

  1. Emotional Healing

Emotional Healing adalah komitmen pemimpin untuk meningkatkan dan mengembalikan semangat yang dimiliki oleh karyawannya.

  1. Service

Service adalah sejauh mana pelayanan yang diberikan oleh seorang pemimpin kepada bawahannya.

  1. Vision

Vision berkaitan dengan sejauh mana pemimpin dapat mencari komitmen para anggota organisasi terhadap visi yang telah disepakati bersama. Setelah pemimpin tersebut mengetahuinya, maka para anggota akan diajak untuk menentukan arah masa depan perusahaan.

  1. Humility

Humility ini berkaitan dengan kerendahan hati yang dimiliki olrh seorang pemimpin.

  1. Organizational Stewardship

Organizational Stewardship adalah sejauh mana seorang pemimpin menyiapkan organisasi untuk memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan.

  1. Persuasive mapping

Persuasive mapping adalah sejauh mana pemimpin memiliki ketrampilan untuk memetakan persoalan dan membuat konsep kemungkinan tertinggi yang mungkin saja terjadi serta mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu yang memiliki peluang tinggi untyuk berhasil.

  1. Wisdom

Wisdom adalah pemimpin yang dapat dengan mudah memahami situasi serta dampak dari situasi tersebut.

Demikian tadi hal-hal yang berkaitan dengan Servant Leadership, yang dimasa sekarang ini sudah sangat sulit untuk menemukan pemimpin yang memiliki kriteria seperti disebut diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!