Pengertian dan Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Embrionik

Pengertian dan Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Embrionik – Mungkin sebagian dari kita sudah tau dan mengerti tentang apa itu Embrionik, namun tidak sedikit juga yang masih belum mengerti tentang hal ini.

Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki status pendidikan bukan dari Ilmu Pengetahuan Alam.

Untuk itu melalui artikel ini sedikit banyak akan dibahas tentang apa itu embrionik dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut.

Pengertian dan Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Embrionik

Pengertian dan Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Embrionik

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Embrionik merupakan proses yang terjadi selama masa embrionik. Masa Embrionik terjadi melalui tahapan-tahapan yang sistematis dan teratur.

Diawali melalui fertilisasi dimana dalam proses ini terjadi pertemuan antara sel kelamin, yaitu sel kelamin jantan atau yang disebut dengan sel sperma dengan sel kelamin betina atau disebut sel telur.

Setelah berlangsungnya proses tersebut, kemudian dari fertilisasi akan menghasilkan zigot atau sel yang merupakan calon makhluk baru. Untuk mencapai bentuk yang sempurna Zigot akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan melalui beberapa tahap, yaitu:

  1. Pembelahan

Pembelahan (cleavage) yang terjadi pada zigot secara mitosis atau kelipatannya, yaitu dari satu sel menjadi dua sel, dari dua sel menjadi empat sel, dan seterusnya hingga menjadi sangat banyak.

Pembelahan tersebut akan merubah zigot yang pada awalnya berupa sel yang besar menjadi bola sel padat yang menyerupai buah anggur atau disebut dengan Morula. Keberadaan morula ini sangat rapat antara satu dengan yang lain sehingga akan memudahkan kelak saat morula tersebut akan menyatu.

  1. Blastula

Dari morula tersebut akan mengalami pembelahan hingga menjadi blastula. Blastula adalah proses dimana terjadi pembentukan lanjutan dari fase moryla yang terus mengalami pembelahan.

Bentuk dari blastula sendiri ditandai mulai dari adanya perubahan sel dalam mengadakan pelekukan yang dilakukan secara teratur. Dalam blastula terdapat sebuah cairan yang dinamakan blastoseol.

  1. Gastrulasi

Gastrulasi adalah proses pertumbuhan dan perkembangan dari blastula menjadi gastrula. Grastulasi dari setiap kelompok makhluk hidup tertentu berbeda rinciannya.

Dalam gastrulasi ini terbentuk tiga lapisan jaringan pada embrio yang disebut dengan ectoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah), dan endoderm (lapisan dalam).

  1. Organogenesis

Organogenesis adalah proses pembentukan alat-alat tubuh atau organ-organ pada tubuh. Organ-organ ini berkembang dari ketiga lapisan embrionik yang terbentuk pada saat proses gastrulasi. Perkembangan dari ketiga lapisan tersebut adalah:

  • Ectoderm. Ectoderm ini akan mengalami diferensiasi sehingga menjadi kulit, rambut, system saraf, dan indra.
  • Mesoderm. Mesoderm akan mengalami diferensiasi sehingga menjadi otot, rangka, alat ekskresi, dan alat sirkulasi.
  • Endoderm. Endoderm akan mengalami diferensiasi menjadi alat pencernaan, alat reproduksi, alat pernafasan, dan kelenjar yang berhubungan dengan pencernaan.
  1. Imbas Embrionik

Imbas embrionik adalah suatu pengaruh dari adanya dua lapisan dinding pada tubuh embrio dalam proses pembentukan organ tubuh yang ada pada manusia secara utuh dan sempurna. Misalnya lapisan mesoderm dan lapisan ectoderm yang keduanya mempengaruhi dalam pembentukan kelopak mata.

Dari kelima proses tersebut kita dapat mengetahui bahwa makhluk hidup ini memiliki fungsi yang sangat luar biasa di dalam tubuhnya. Mulai dari pembuahan hingga proses yang dinamakan Imbas Embrionik.

Demikianlah artikel tentang perkembangan dan pertumbuhan embrionik ini, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Namun demikian karena penulis sendiri juga masih belajar, jadi mohon maaf apabila ada hal-hal yang mungkin kurang tepat.

Baca Juga : Jenis Sel yang Terdapat pada Tumbuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018