Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Rekasi Kimia

Faktor Yang Mempengaruhi Laju Rekasi Kimia – Apakah anda pernah melihat besi menjadi berkarat? Atau pernahkah anda melihat indahnya kembang api? Hal ini terjadi dikarenakan adanya laju reaksi kimia.

Cepat atau lambatnya perubahan konsentrasi per satuan waktu pada reaktan atau suatu produk tertentu disebut dengan laju reaksi kimia. Reaksi kimia yang terjadi membutuhkan waktu yang berbeda karena memiliki karakteristik yang beragam.

Agar laju rekasi tersebut ingin dikondisikan pada laju yang kita inginkan, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia:

  1. Konsentrasi

Jika anda ingin mempercepat laju reaksi kimia, maka anda perlu untuk menaikkan konsentrasi dari reaktan. Semakin tinggi konsentrasi, maka molekul reaktan yang tersedia akan semakin banyak, hal inilah yang menyebabkan kemungkinan bertumbukan akan semakin banyak juga sehingga adanya peningkatan kecepatan reaksi.

  1. Temperatur / Suhu

Apabila anda ingin laju reaksi semakin cepat, maka anda perlu untuk menaikkan suhunya. Hal ini akan menyebabkan partikel semakin aktif untuk bergerak, sehingga tumbukkan akan sering terjadi, maka dari itu laju reaksi akan semakin besar. Namun sebaliknya, jika anda ingin laju reaksi menjadi lambat maka suhu dapat diturunkan, jadi partikel tersebut akan menjadi tidak aktif, dan laju reaksi semakin kecil.

  1. Wujud dan Luas Permukaan

Apabila wujud fisiknya sama pada suatu reaktan/produk, maka gerak acak termal dari partikel mendasari tumbukkan antar partikel. Namun, apabila wujud fisik pada reaktan berbeda, maka tumbukkan yang efektif hanya terjadi pada bagian antar fisiknya. Dapat diketahui bahwa luas permukaan reaktan, dapat membatasi reaksi dari reaktan-reaktan yang berbeda fisik. Sehingga, semakin luas permukaan sentuh reaktan, maka semakin cepat juga laju reaksi yang akan terjadi, begitu juga sebaliknya.

  1. Katalis

Ketika anda menambahkan katalis, maka reaksi kimia akan dipercepat. Katalis ini hanya mempercepat dalam laju reaksi dalam prosesnya, namun katalis tidak akan mempengaruhi hasil reaksi. Katalis sendiri merupakan zat yang dapat mempercepat laju reaksi kimia.

  1. Tekanan

Apabila ingin memperbesar laju reaksi, maka anda perlu untuk menambahkan tekanan dengan cara memperkecil volume yang akan meningkatkan konsentrasi. Namun hal ini akan terlihat hanya pada pereaksi berupa gas.

Demikianlah pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia, semoga artikel ini dapat menambah ilmu, wawasan dan juga dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah membacanya.

Updated: 27 Januari 2019 — 4:29 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!