Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Faktor Yang Mempengaruhi Iklim dan Cuaca

Faktor Yang Mempengaruhi Iklim dan Cuaca – Dalam ilmu geografi memiliki pelajaran yaitu tentang iklim dan cuaca. Iklim dan cuaca ini memiliki kesamaan namun juga berbeda.

Yang membuatnya sama adalah dari beberapa faktor yang dimiliki dan mempengaruhinya. Dalam pengertian singkatnya, jika cuaca adalah keadaan alam yang terjadi dalam 24 jam atau sehari dan memiliki perbedaan di bebagai wilayah.

Contoh saja jam saat ini di Surabaya cuaca hujan, sedangkan di malang cerah. Maka sudah terlihat bahwa cuaca itu dalam lingkungan yang kecil.

Dalam pengertian iklim, iklim merupakan rata rata cuaca yang meliputi kawasan yang lebih luas (kawasan negara atau benua) dan memiliki jangka waktu yang lebih panjang.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

Peraturan internasional mengatakan pengamatan iklim dilihat sekurang kurangnya selama 30 tahun.

Untuk tambahan saja ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut dengan meteorology, sedangkan ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut dengan kilimatologi.

Nah, tadi hanya untuk mengetahui perbedaan dan sedikit ilmu tentang iklim dan cuaca. Berikut ini adalah faktor faktor yang mempengaruhi iklim dan cuaca, antara lain :

  1. Sinar Matahari

Matahari sendiri adalah sumber cahaya utama yang menerangi bumi kita dan juga tata surya kita. Sinar matahari ini memberikan berbedaan siang dan malam.

Daerah yang terkena sinar matahari daerahnya akan terang dan sebaliknya daerah yang tidak dapat matahari akan jadi gelap atau malam. Faktor ini membuat adanya perbedaan cuaca dan iklim.

Contohnya saja dari yang kita ketahui, bumi yang di lalui garis katulistiwa dengan daerah yang tidak, memiliki cuaca dan iklim yang berbeda.

Semakin menjauhi katulistiwa daerah itu akan semakin kekurangan sinar matahari dan memberikan cuaca dan iklim yang berbeda.

  1. Suhu dan Temperatur

Berhubungan dengan sinar matahari, faktor lain adalah suhu dan temperatur. Semakin sinar matahari ada daerah yang sering terkena sinar biasanya memiliki suhu dan temperature yang hangat dan tinggi.

Sedangkan daerah seperti kutub utara dan selatan karena jarang terkena sinar matahari, hasilnya daerah disana memiliki suhu dan temperature yang dingin dan rendah. Maka jekas suhu dan temperature juga termasuk faktor yang mempengaruhi cuaca dan iklim.

  1. Kelembapan Udara

Pemanasan yang terjadi di bumi mengakibatkan air baik di darat maupun di laut mengalami penguapan dan akhirnya termuat dalam udara, inilah yang dimaksud dengan kelembapan udara.

Kelembapan udara dapat berubah ubah tergantung dengan pemanasan yang terjadi.

Jika semakin tinggi suhu dan temperature maka semakin tinggi juga kelembapan udaranya, begitu pula sebaliknya semakin rendah suhu semakin rendah juga kelembapan udaranya.

  1. Tekanan Udara.

Tekanan udara adalah suatu gaya yang terjadi dari berat lapisan udara. Udara adalah kumpulan gas yang masing masing memiliki massa dan mempuanyai ruang.

Suhu di suatu wilayah sangat berpengaruh dengan tekanan udara. Bila suhu tinggi maka tekanan udaranya rendah, begitu sebaliknya jika suhu rendah tekanan udara yang di hasilkan tinggi.

  1. Angin

Di setiap tempat atau daerah, angin itu berbeda beda. Di setiap tempat atau wilayah angin memiliki kecepatan yang berbeda beda, arah angin yang berbeda beda, maupun juga tekanan angin yang dihasilkan pun juga berbeda.

Maka disitulah angina juga merupakan faktor yang mempengaruhi iklim dan cuaca. Faktor angin dapat merubah kondisi iklim dan cuaca.

  1. Curah Hujan

Curah hujan juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi iklim dan cuaca. Kenapa demikian, karena curah hujan ini memiliki intensitas yang berbeda beda.

Dari curah hujan yang ringan, sedang, dan tinggi ini membuat iklim dan cuaca terpengaruh. Misal di tempat ini lagi memang musim hujan, namun di berbagai wilayah memiliki curah hujan yang berbeda beda sehingga membuat iklim dan cuaca bisa berganti dan terpengaruh.

  1. Awan

Bentuk awan, jenis awan, ukuran awan serta daya tampung awan dapat mempengaruhi iklim dan cuaca. Sehingga dari awan juga kita dapat mengetahui wilayah ini itu memiliki jenis iklim apa dan bercuaca seperti apa setiap harinya.

Beberapa jenis awan yang biasa kita ketahui adalah cirrus, stratus, nimbus, dan cumulus.

Demikian artikel tentang faktor yang mempengaruhi iklim dan cuaca. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Ruang Lingkup Ekologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!