Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Alasan Anda Kagum Melihat Orang Piawai Bermain Gitar

Ini Alasan Anda Kagum Melihat Orang Piawai Bermain Gitar – Bermain gitar sekarang ini bukan hanya untuk mengaktualisasikan diri bagi seseorang yang memang memiliki hobi main gitar, melainkan juga bermanfaat secara fisik dan psikologis bagai anak – anak yang tertarik dan kebetulan memiliki hobi bermain musik.

Ini Alasan Anda Kagum Melihat Orang Piawai Bermain Gitar

Ini Alasan Anda Kagum Melihat Orang Piawai Bermain Gitar

Dilansir dari Guitar World, berikut penjelasan tentang alasan kenapa banyak orang kagum melihat seseorang yang lain pandai bermain gitar :

  1. Selalu merasa senang

Cukup mengambil gitar, memainkannya, dan mendengarkan musik yang dipilihkan untuk dimainkan, maka anda udah bisa membuat teman di sebelah anda puas menikmati hari tersebut. Benarkah ? Menurut sebuah studi ilmu saraf dari McGill University, Kanada, menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik bisa memicu pelepasan dopamin (neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan) di otak seseorang yang membuat orang tersebut menjadi rileks.

  1. Jauh dari stress

Sebuah studi ganda dari Mind-Body Wellness Center, Amerika Serikat, dan  Loma Linda University School of Medicine, California, Amerika Serikat serta lembaga penelitian Applied Biosystems, menyatakan bahwa stres dapat dikurangi dengan cara yang sangat sederhana pada tingkat genom dengan memainkan alat musik seperti gitar.

  1. Mengusir rasa nyeri

Kalau anda adalah pengidap sakit kronis, lebih baik kesampingkan sementara obat – obatan klinis yang sementara ini anda minum agar bisa sembuh. Cobalah latihan bermain musik untuk ‘menyembuhkan’ rasa sakit anda. Sebuah studi dari University of Utah’s Pain Research Center, menunjukkan bahwa dengan anda mendengarkan musik, bahkan musik dari alat musik yang seadanya saja maka akan mampu mengalihkan pikiran anda dari rutinitas yang membuat rasa bosan serta mengurangi rasa nyeri. Mungkin hal inilah akan membuat anda bisa berpikir bahwa ini adalah sugesti. Ternyata benar, bukankah penyakit parah apa pun bisa teratasi kalau pikiran anda jernih ?

  1. Mempertajam pikiran

Sebuah studi dari Skotlandia menyatakan bahwa jika anda suka bermain gitar (bisa juga alat musik lain), otak anda akan semakin tajam. Hal ini akan membantu menjaga pikiran supaya tidak terjadi penurunan mental di masa depan.

  1. Menguatkan tubuh

Tim penelitian dari Belanda menemukan bahwa pasien yang suka bermain musik lebih dari 100 menit per hari, menunjukkan bahwa tekanan darah yang rendah (stabil) dan detak jantung teratur perlahan membuat mereka selalu tampil sehat, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak suka bermain. Tiga diantara subjek yang dites adalah gitaris.

  1. Menjadi kaya

Para peneliti dari Michigan State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa musisi yang memainkan instrumen musik dimulai pada usia dini dan terus mempertahankannya hingga dewasa, memiliki kesempatan yang lebih bagus dalam meraih kesuksesan, baik dalam bisnis atau profesi lain, bahkan di luar mereka menjadi musisi.

  1. Membangun kekuatan otak

Menurut sebuah studi di Cambridge University, Inggris, menemukan bahwa musisi tetap mampu menjadi kreatif, sekalipun mereka jarang main instrumen musik, termasuk gitar. Peneliti lain juga menemukan bahwa pemusik bisa mencoba memvisualisasikan nada ke dalam bentuk musik, dan proses pembuatannya itulah merupakan praktik yang melibatkan tenaga dan pikiran. Intinya adalah, praktik bermusik akan melatih otak untuk bisa berpikir tentang bagaimana menyelaraskan irama agar musik mampu membangun kekuatan otak.

Jadi, bersyukurlah bagi anda yang menjadi gitaris atau siapa pun anda yang pandai memainkan alat musik apa pun tetap bisa tampil keren dan sehat !

Baca Juga : Sejarah Peradaban Mesopotamia

Updated: 16 Mei 2019 — 9:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!