Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis dan Letak Candi Hindu di Indonesia

Jenis dan Letak Candi Hindu di Indonesia – Halo sobat, kembali lagi dengan saya yang akan memberikan cerita – cerita dan informasi menarik seputar sejarah yang ada di Indonesia.

Nah berbicara tentang Indonesia, Negara kita tercinta ini dahulu kala memiliki banyak sekali kerajaan yang tersebar dari sabang hingga merauke.

Pada awalnya, Negara Indonesia mendapatkan banyak pembawaan pengaruh dari luar , seperti Hindu dan Buddha sehingga dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru nusantara.

Jenis dan Letak Candi Hindu di Indonesia

Jenis dan Letak Candi Hindu di Indonesia

Dari banyaknya peninggalan sejarah di Indonesia, terdapat banyak masuknya peninggalan berupa candi – candi yang tersebar di bagian – bagian penjuru Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Kerajaan-Kerajaan Islam Yang Pernah Berjaya Di Indonesia

Pada hari ini, kita akan membahas beberapa jenis candi Hindu yang ada di Indonesia.

Candi prambananan

Siapa tak kenal candi satu ini?

Candi yang begitu besar dan sarat sejarah serta merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan local ataupun asing .

Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan juga terkenal dengan sebutan lain, yaitu candi Roro Jonggrang.

Candi ini sarat cerita rakyat yang menarik untuk disimak. Pada suatu hari, Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging bermaksud memperistri wanita cantik bernama Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang memberikan tugas untuk untuk mensyaratkan untuk dibuatkan 1000 candi yang dibuat hanya selama satu malam saja.

Percaya diri dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso menyetujuinya dan mulai memperlihatkan kemampuannya.

Akibat kecurangan Roro Jonggrang yang buru buru membangunkan ayam hingga berkokok tanda sudah pagi, maka candi yang hamper jadi sebanyak 1000 itu pun gagal selesai. Sang raja yang kecewa kemudian mengutuk dara tersebut hingga menjadi arca.

Candi Asu

Wow, nama candi ini cukup unik, yaitu candi asu. Candi ini merupakan candi peninggalan budaya Hindu dan terletak di Desa Candi Pos, Magelang Jawa Tengah.

Di sekitar candi asu terdapat 2 buah candi Hindu lainnya, yaitu candi pendem dan candi lumbung. Nama candi ini merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat yang ada disekitar tersebut.

Mengapa namanya candi Asu? Dikarenakan candi ini terletak di dekat arca lembu nandi, dimana media dewa siwa yang menurut penduduk itu sendiri sebagai arca asu “anjing”.

Baca Juga : Jenis Candi-candi Yang Berada di Jawa Barat

Candi Gunung Sari

Candi ini terletak  di desa Gunung Gulon, Magelang Jawa Tengah. Lagi – lagi candi ini terletak di pulau Jawa dan merupakan salah satu candi Siwa.

Lokasi dari candi ini pun berdekatan sekali dengan Candi Gunung Wukir tempat kita bisa menemukan Prasasti Canggal.

Candi ini diperkirakan lebih tua dari candi Gunung Wukir. Keindahan dari candi ini bisa kita temukan ketika kita memanjat hingga di bagian atas candi ini.

Candi Gedong Songo

Candi ini merupakan komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Semarang, Jawa Tengah .

Candi ini merupakan candi peninggalan budaya Hindu pada zaman Wangsa Syailendra abad ke -9 (tahun 927 masehi). Candi ini memiliki keunikan masing – masing  dari pada dengan candi lain.

Candi yang memiliki kesamaan dengan candi Dieng ini terletak pada ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut sehingga udara sekitar candi terasa sangat dingin. Lokasi candi ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.

Bayangkan, di sekitaran lokasi ini terdapat hutan pinus yang sangat cantik, serta memliki mata air yang mengandung belerang, sehingga kemungkinan sangat bagus bagi kita yang ingin menyembuhkan penyakit kulit.

Nah itu dia beberapa candi budaya hindu yang tersebar di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Pengertian Zaman Pra Aksara dan Aksara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!