Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Sel yang Terdapat pada Tumbuhan

Jenis Sel yang Terdapat pada Tumbuhan – Sel Tumbuhan termasuk ke dalam Sel Eukariotik dengan struktur yang sedikit berbeda dibandingkan sel organisme eukariotik lainnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai Jenis Sel pada Tumbuhan.

Sel Parenkim

Sel Parenkim adalah sel yang berfungsi dalam proses terjadinya fotosintesis (Sel Parenkim mengandung kloroplas yang memiliki peran besar dalam klorenkim) penyimpanan, dan tempat terikatnya floem.

Jenis Sel yang Terdapat pada Tumbuhan

Jenis Sel yang Terdapat pada Tumbuhan

Sel Parenkim memiliki dinding sel yang tipis dan permeabel sehingga memungkinkan terangkutnya molekul kecil di dalamnya.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Sel Parenkim juga dapat tumbuh menjadi duri, sehingga dapat melindungi tumbuhan tersebut. umumnya, Sel Parenkim yang terdapat pada kentang dan kotiledon pada biji kacang-kacangan mempunyai fungsi penyimpanan.

Sel Kolenkim

Sel Kolenkim merupakan Sel yang berasal dari Meristem yang awalnya pada awalnya menyerupai Sel Parenkim.

Dengan dinding primer yang tebal dibagian sudutnya sehingga memungkinkan tiga atau lebih sel bersentuhan dan untuk bagian didinding yang tipis hanya memungkinkan dua sel saja yang bersentuhan.

Kandungan utama dinding sel ini adalah Pektin dan Hemiselulosa. Dengan bentuk yang memanjang memungkinkan fleksibilitas pada Sel ini dan tidak ada lignin dalam dinding selnya sehingga menjadi kaku.

Sel Sklerenkim

Sel Sklerenkim adalah sel keras dan tangguh yang memberikan kekuatan pada tumbuhan.

Sel ini terdiri atas sklereid dan serat serta terdapat dinding sekunder yang kedap air sehingga tidak dapat bertahan lama karena tidak dapat melakukan proses metabolism.

Biasanya Sel Sklerenkim akan mati pada waktu tertentu dan sitoplasma akan hilang, sehingga meninggalkan rongga kososng.

Sel Xilem

Sel Xilem adalah sel yang mengalami lignifikasi dinding sel. Sel ini memiliki fungsi untuk mengangkut air dan zat hara dan air dari tanah menuju daun untuk proses fotosintesis.

Sel xilem adalah sel yang kompleks dan terdiri dari banyak sel, namun pada umumnya xylem tersusun dari sel-sel mati dan membrane sel yang yang lebih tebal.

Xilem juga mengandung lignin dan juga berperan sebagai penguat . unsur-unsur yang terkandung dalam Sel xilem biasanya Trakea, Trakeid, dan parenkim xilem.

Sel Floem

Sel Floem adalah penyusun jaringan khusus untuk transportasi zat-zat makanan pada tumbuhan.

Sel Floem terdiri dari dua jenis sel yaitu tabung saringan (tidak terdapat inti seldan ribosom sehingga metabolisnya diatur oleh sel pendamping) dan sel pendamping (trhubung dengan tabung melalui plasmodesmata).

Penyusun sel Floem ini adalah sel alumin, sel pngantar, unsur-unsur kibral, parenkim floem, serat-serat floem, dan unsur tapis.

Sel Epidermis

Sel Epidermis adalah sel parenkim khusus yang terdapat di seluruh permukaan daun, batang, dan akar.

Sel ini berperan sebagai perisai yang terletak di bagian paling luar organ-organ tumbuhan seperti batang, daun, bunga, buah, akar, dan lainnya.

Sel epidermis memiliki berbagai macam fungsi, yaitu selain menjadi pelindung dari semua organ tumbuhan, sel ini juga membatasi penguapan pada tumbuhan, menyimpan cadangan air, penyerapan zat air dan unsur hara, serta difusi oksigen dan karbondioksida.

Demikian tadi beberapa hal terkait dengan sel-sel yang terdapat pada tumbuhan. Dengan mengetahui sel-sel tersebut, setidaknya kita lebih dapat memanfaatkan tumbuhan secara arif dan bijaksana.

Selain itu, kita juga harus tetap menjaga kelestarian tumbuhan karena baik secara langsung maupun tidak, tumbuhan memiliki peran yang besar dalam kehidupan.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan para pembaca mendapatkan tambahan pemahaman terkait dengan sel yang terdapat pada tumbuhan dan fungsinya.

Baca Juga : Pengertian, dan Struktur VAKUOLA TUMBUHAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!