Pengertian dan Jenis-Jenis Kekebalan Tubuh Manusia

Pengertian dan Jenis-Jenis Kekebalan Tubuh Manusia – Organisme adalah satuan terkecil dari populasi dan ekosistem yang ada pada sistem makhluk hidup. Ada berbagai macam organisme yang ada di ekosistem bumi, mulai dari yang terkecil hinga terbesar.

Dalam hal ini, manusia merupakan salah satu bagian dari organisme yang menyusun ekosistem di bumi ini.

Sebagai bagian dari ekosistem maka manusia akan senantiasa berhubungan dengan organisme lain baik secara positif maupun negatif.

Baca Juga : Pengertian Rantai Makanan Dan Jaring-Jaring Makanan

Hubungan antar organisme yang positif tentunya membawa keuntungan bagi kedua belah pihak.

Contoh hubungan jenis ini ialah simbiosis mutualisme. Namun demikian, ada pula hubungan yang merugikan salah satu pihak sehinga hal ini akan mematikan organisme lain.

Manusia juga bisa menjadi korban dari hubungan negatif ini sehingga manusia memerlukan sistem yang bisa melindunginya dari dampak buruk dari sistem hubungan negatif itu.

Salah satu sistem paling ampuh untuk menjaga manusia dari serangan organisme jahat ialah sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini, sistem ini bekerja seperti proteksi yang siap melawan organisme dan benda asing yang hendak menyerang tubuh manusia. Dengan sistem ini, tubuh manusia akan aman dari berbagai macam ancaman.

  1. Pengertian Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah sebuah sistem yang memungkinkan tubuh manusia memiliki kemampuan untuk melawan berbagai benda asing yang berpotensi merusak tubuh. Sistem ini memiliki nama lain yaitu Imunitas.

Dengan imunitas yang baik, manusia akan bisa bertahan di berbagai kondisi eksternal.

Banyak sekali benda atau organisme asing yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia.

Benda-benda asing ini merupakan jenis protein yang sangat berbeda dengan protein yang ada di dalam tubuh manusia. Karena perbedaan inilah maka protein ini disebut dengan antigen.

Keberadaan antigen di dalam tubuh manusia dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, manusia sangat membutuhkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang baik untuk bertahan dari serangan antigen tersebut.

Dalam perlawanannya terhadap antigen, sistem kekebalan tubuh manusia memiliki sebuah mesin yang dinamakan antibodi.

Antibodi adalah protein gama globulinyang bertugas untuk melawan antigen secara langsung.

Biasanya, antigen akan dihancurkan atau dinetralisirkan oleh antibodi sehingga tidak memberikan dampak buruk lebih banyak ke tubuh.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Antara Jaring-Jaring Makanan dan Rantai Makanan

  1. Jenis-Jenis Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam sistem kekebalan tubuh manusia, terdapat berbagai jenis-jenis yang membedakan imunitas tubuh sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam hal ini, jenis-jenis yang berbeda dari sistem kekebalan tubuh manusia memberikan dampak yang berbeda pula terhadap perlawanannya kepada antigen.

Secara umum, sistem kekebalan tubuh manusia dibagi menjadi 2 (dua) kelompok besar, yaitu:

Sistem Kekebalan Tubuh Bawaan (Non-Spesifik)

Imunitas ini merupakan jenis imunitas yang sudah ada di dalam tubuh manusia sejak masa infant.

Sistem ini secara otomatis mempertahankan diri manusia dari berbagai serangan berbahaya dari antigen. Contoh-contoh pertahanan diri  bawaan yang ada di dalam diri manusia, antara lain:

  • Enzim pencernaan menghancurkan antigen yang ikut tertelan di dalam sistem pencernaan manusia;
  • Penghancuran antigen oleh leukosit (sel darah putih) manusia

Sistem Kekebalan Tubuh Didapat (Spesifik)

Sistem kekebalan tubuh kedua yang dimiliki manusia ini dinamakan sistem kekebalan tubuh spesifik.

Mengapa dinamakan spesifik?

Hal ini disebabkan oleh perannya yang memang sangat spesifik dalam menghancurkan antigen dan patogen tertentu yang ada di dalam tubuh.

Imunitas spesifik didapat tubuh manusia saat patogen atau antigen berhasil menembus sistem kekebalan tubuh bawaan yang ada di dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit pada tubuh manusia.

Namun demikian, tubuh manusia akan membentuk kekebalan tubuh spesifik atas kondisi masuknya patogen atau antigen spesifik tersebut sehingga di lain waktu patogen atau antigen tersebut akan sulit menembus kekebalan tubuh manusia kembali.

Ada dua jenis sistem kekebalan tubuh spesifik, yaitu: imunitas sel B dan imunitas sel T.

Kedua jenis ini bekerja untuk melawan patogen atau antigen yang berbeda. Namun demikian, keduanya tetap berperan besar dalam menghancurkan benda asing yang datang ke dalam tubuh manusia.

Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh manusia memang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Dalam hal ini, sistem kekebalan tubuh manusia memiliki berbagai macam fungsi, diantaranya: melindungi manusia dari penyakit, menetralisir racun dan sel-sel mati dan sebagai warning system terhadap kondisi-kondisi abnormal di dalam tubuh.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Transpirasi Dengan Evaporasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018