Mengenal Kerajaan-Kerajaan Islam Yang Pernah Berjaya Di Indonesia

Kerajaan Islam Di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang besar dengan bentuk kepulauan. Negara ini juga memiliki jumlah penduduk yang relatif besar.

Kebesaran Indonesia ini bisa terlihat dari berbagai macam hal, termasuk peninggalan sejarah yang ada di dalamnya.

Sebagai negara yang besar, Indonesia tentunya juga memiliki riwayat sejarah yang besar pula, salah satunya riwayat perkembangan Agama Islam di dalamnya.

Mengenal Kerajaan-Kerajaan Islam Yang Pernah Berjaya Di Indonesia

Mengenal Kerajaan-Kerajaan Islam Yang Pernah Berjaya Di Indonesia

Sebagai negara Islam terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki riwayat perkembangan Agama Islam yang cukup besar pula.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Kerajaan Sriwijaya

Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peninggalan sejarah yang bernafaskan Islam berada di berbagai daerah di Indonesia.

Mulai dari barat hingga timur, kita bisa menjumpai jejak-jejak peninggalan budaya Islam yang besar di negara Indonesia ini.

Salah satu bukti kebesaran perkembangan Agama Islam yang ada Indonesia ialah peninggalan kerajaan-kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.

Sejarah mencatat, ada banyak sekali kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang dan berjaya di Indonesia.

Bahkan bisa dikatakan bahwa era kerajaan Islam adalah era terakhir dari masa kerajaan sebelum pemerintahan Indonesia beralih ke sistem pemerintahan seperti sekarang.

Jika dirunut dari sejarahnya, Agama Islam dan budayanya mulai masuk ke Indonesia di abad ke 13 melalui jalur perdagangan.

Pedangang-pedagang dari Arab, Persia dan India yang berdagang ke Indonesia membawa budaya Islam yang ada di negaranya. Masuknya budaya Islam ini menjadi tonggak berdirinya kerajaan-kerajaan Islam yang besar di Indonesia.

Ada banyak sekali kerajaan Islam yang berdiri di Indonesia. Kerajaan-kerajaan ini memegang peranan penting bagi perkembangan dan penyebaran Agama Islam di nusantara.

Berikut ini adalah beberapa kerajaan Islam besar yang pernah ada di Indonesia:

Samudera Pasai

Kerajaan Islam besar pertama yang ada di Indonesia ialah Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan ini merupakan kerajaan kedua di Aceh yang berdiri dimana memiliki nilai-nilai Islam yang cukup kuat.

Kerajaan Samudera Pasai didirikan pada pertengahan abad ke – 13 oleh raja pertamanya, Malik al-Saleh.

Kerajaan Samudera Pasai dikenal melalui perdagangan dan kunjungan Marco Polo ke daerah nusantara.

Selain itu, bukti keberadaan kerajaan ini ialah adanya prasasti atau batu nisan Sultan Malik as-Saleh. Kerajaan ini menjadi pusat studi dan perkembangan Agama Islam pertama di nusantara sebelum kerajaan-kerajaan lain muncul dan berkembang.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Islam besar kedua yang perlu kita ketahui berada di Kalimantan, khususnya daerah Kalimantan Timur.

Pada awalnya, daerah Kalimantan Timur belum mengenal ajaran Islam. Namun kemudian, datanglah penyebar agama dari Makassar bernama Tuan dan Bandang. Kutai yang awalnya bukan kerajaan Islam berubah menjadi kerajaan Islam dan segera membangun masjid pertamanya untuk penyebaran agama.

Di era Raja Mahkota, Kutai mulai menjadi kerajaan Islam yang besar. Kebesaran Kutai dikenal di Kalimantan.

Kebesaran ini digunakan untuk menyebarkan ajaran agama kepada daerah-daerah terpencil sehingga dengan demikian Islam tersebar di Kalimantan.

Baca Juga : Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Kalingga

Kerajaan Demak

Kerajaan Islam pertama di tanah Jawa adalah kerajaan Demak. Kerajaan ini bangkit seiring dengan jatuhnya Kerajaan Majapahit yang punya latar belakang ajaran Budha.

Dalam perkembangannya, Wali Songo – khususnya Sunan Ampel dan Sunan Kalijaga – memegang peranana penting dalam pembangunan dan perkembangan kerajaan Demak.

Dalam hal ini, para sunan mengangkat Raden Patah sebagai raja pertama Kerajaan Demak.

Kerajaan Demak bertahan dan berkembang dari masa ke masa. Dalam hal ini, saat Portugis datang untuk menjajah nusantara, kerajaan Demak lah yang berhasil memukul mundur pasukan Portugis di pantai Pulau Jawa. Pada masa ini, Kerajaan Demak dipimpin oleh Sultan Trenggono.

Kerajaan Banten

Kerajaan Banten merupakan kerajaan Islam yang berdiri dari pecahan-pecahan kerajaan di daerah Sunda Kelapa dan Banten.

Dalam hal ini, Sunan Gunung Jati memegang peranan penting dalam pembangunan kerajaan ini.

Pada masa itu, Raden Fatahillah berhasil menaklukkan invasi Portugis di Sunda Kelapa sehingga pelabuhan tersebut menjadi kunci penting perkembangan Kerajaan Banten dan penyiaran agama.

Kerajaan Gowa-Tallo

Kerajaan Islam pertama di daerah timur nusantara ialah Kerajaan Gowa-Tallo. Pada awalnya, kerajaan Gowa Tallo bukanlah kerajaan Islam. Namun demikian, karena masuknya ajaran Islam di daerah Makassar maka kerajaan ini berubah menjadi kerajaan Islam. Sejak saat itulah, kerajaan Gowa-Tallo mulai dikenal oleh banyak kalangan.

Kerajaan Gowa Tallo sangat terkenal sering berkontra dengan penjajahan, khususnya penjajahan Belanda.

Pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin, kerajaan ini sering memerangi VOC dan sekutunya sehingga menimbulkan banyak kerugian bagi Belanda.

Itulah tadi beberapa kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia. Ada lebih banyak lagi kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia. Dalam perkembangannya, kerajaan-kerajaan ini akhirnya memberi dampak bagi perkembangan Agama Islam secara besar-besaran di Indonesia.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Kerajaan Demak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018