Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Panduan Praktis Cara Budidaya Pepaya

Panduan Praktis Cara Budidaya Pepaya – Yang dimaksud dengan Tanaman Pepaya adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari Amerika bagian selatan dan timur dimana manfaat tanaman ini tidak hanya berasal dari daging buahnya saja juga daun muda dan bunga bisa diolah menjadi sayur yang enak sebagai teman makan nasi.

Bagi anda yang berminat untuk menekuni budidaya tanaman Pepaya dalam skala besar, sebelumnya wajib mengetahui tentang cara budidaya Pepaya sehingga mengenal lebih dekat tentang syarat – syarat tumbuh tanaman Pepaya untuk menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas.

Syarat – Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya Bagi Pemula 

Sebelum kami memberikan secara singkat tentang cara menanam Pepaya, sebaiknya kami menyarankan anda untuk mengenal sedikit saja tentang syarat – syarat atau faktor pendorong tumbuh dan kembang tanaman Pepaya sehingga bisa tumbuh subur dan diharapkan mampu berbuah lebat.

1. Iklim

Tanaman Pepaya mampu tumbuh dengan subur pada daerah – daerah yang mempunyai curah hujan rata – rata 1.000 s/d 2.000 mm/tahun, untuk selanjutnya disarankan anda memilih salah satu lokasi penanaman Pepaya yang mempunyai suhu antara 22 s/d 26 derajat C dengan daerah yang dilalui angin sedang karena tiupan angin ini nantinya bermanfaat guna proses penyerbukan dengan rata – rata tingkat kelembaban daerah mampu mencapai 40 % dalam setahun.

2. Ketinggian Tempat

Bercocok tanam tanaman Buah Pepaya adalah pada daerah – daerah dataran rendah maupun dataran tinggi dengan rata – rata ketinggian lokasi yang cukup ideal untuk melakukan budidaya tanaman Buah Pepaya mencapai antara 700 s/d 1000 dpl.

3. Tanah Atau Media Tanam

Tanaman Pepaya akan tumbuh dengan subur jika tanaman ini ditanam pada tanah yang banyak mengandung humus dan dalam kondisi subur, juga tanaman ini sangat menyukai tanah yang gembur dan mampu menahan aliran air. Pilih tanah yang mengandung tingkat keasaman atau pH 6 s/d 7.

Panduan Praktis Tentang Cara Menanam Pepaya 

Nah di atas tadi adalah syarat – syarat tumbuh kembang tanaman Buah Pepaya dimana di bawah ini selanjutnya kami akan membahas tentang tahap – tahap penanaman Pepaya yang akan dijelaskan secara ringkas tersebut di bawah ini :

  1. Proses pemilihan bibit Buah Pepaya
  2. Proses pengolahan lahan tanaman
  3. Proses penanaman bibit Buah Pepaya
  4. Proses penyemaian bibit Buah Pepaya
  5. Proses perawatan Pepaya
  6. Proses panen

Demikian kami menjelaskan secara ringkas tentang panduan praktis cara budidaya Pepaya, semoga bermanfaat !

Updated: 29 Desember 2018 — 6:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!