Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Animisme dan Henoteisme

Pengertian Animisme dan Henoteisme – Semua manusia tanpa terkecuali memiliki kecenderungan untuk bertuhan sekalipun tidak sedikit dari mereka yang tidak mau terikat dengan aturan agama. Hal ini didasarkan pada prinsip hati untuk menggantungkan hasrat dan keinginan pada sesuatu yang lebih tinggi. Maka lahirlah persepsi tuhan di otak mereka yang mereka anggap bisa membantu mereka dalam kehidupan.

Pengertian Animisme dan Henoteisme

Pengertian Animisme dan Henoteisme

Kecenderungan manusia untuk menggantungkan segala keinginannya terhadap tuhan, menjadi latar belakang munculnya istilah animisme dan henoteisme. Istilah spiritual bahkan metafisis yang muncul di dunia sebelum masuknya agama-agama samawi yang salah satunya adalah agama islam.

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian dua istilah tersebut yaitu animisme dan henoteisme yang juga pernah menjadi aliran spiritual di Indonesia.

Pengertian Animisme dan Henoteisme

Pengertian Animisme

Pengertian Animisme adalah aliran spiritual yang menyebutkan bahwa roh tidak hanya menempati mahluk bernyawa semata tetapi juga menempati mahluk tak bernyawa. Efek dari aliran ini ialah para pemuja animisme akan senantiasa beranggapan kalau mahluk tak bernyawa sekalipun bisa menjadi penyebab hilangnya keberkahan dalam hidup.

Maka dari itu, salah satu bentuk peribadatan untuk pemuja animisme adalah memberikan sesaji pada pepohonan, meletakkan makanan di simpang empat dengan ritual-ritual tertentu dan yang lainnya.

Pengertian Henoteisme

Henoteisme adalah aliran spiritual yang dasarnya adalah keyakinan bahwa tuhan berjumlah banyak tetapi yang disembah hanya satu tuhan.  Menurut aliran ini, semua agama di suatu negara memiliki tuhan yang benar tetapi hanya satu tuhan yang di sembah oleh pemuja henoteisme yang disebut tuhan utama.

Dari segi definisi, aliran henoteisme merupakan lawan dari monoteisme (islam) yang hanya mengakui kebenaran satu tuhan bukan tuhan-tuhan yang lain.

Itulah pengertian istilah animisme dan henoteisme yang kami ulas secara ringkas namun cukup jelas. Semoga ulasan ini menjadi penambah ilmu pengetahuan tentang adanya aliran spiritual di jaman dulu.

Aliran spiritual yang menambah khasanah relegiutas masa lalu dengan berbagai ritual-ritualnya yang sebagian masih ada dan diwariskan sebagai profil budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!