Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Ciri-Ciri Hukum

Pengertian dan Ciri-Ciri Hukum – Sebagai manusia, tentu kita terikat pada aturan-aturan tertentu. Jika aturan tersebut dilanggar, kita akan terjerat hukum. Maka dari itu, semua manusia harus patuh hukum. Sehingga, perilaku dalam kehidupan menjadi lebih baik.

Walaupun begitu, masih banyak orang ingkar hukum. Seakan hukum tidak ber-efek apapun bagi kebebasannya. Malah, mereka begitu mudah melakukan pelanggaran-pelanggaran. Tanpa rasa menyesal.  Menurut para pakar, diskursus ini disebabkan oleh ketidaktahuan tentang definisi hukum itu sendiri.

Supaya kita menjadi insan sadar hukum, pada artikel berikut ini, kami akan menjabarkan tentang pengertian hukum dan jenis-jenis hukum. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan.

Pengertian Hukum

  1. Menurut Bahasa

Hukum berasal dari bahasa Latin yaitu “Rechtum“. Kata ini mengandung tiga arti, yaitu pimpinan, tuntunan, bisa juga bermakna pemerintahan. Dari kata rechtum inilah, awal mula munculnya kata ” hukum ” di Indonesia.

  1. Menurut Para Ahli

Wiryono Kusumo

Menurut Wiryono Kusumo, hukum adalah semua peraturan yang mengatur kehidupan. Baik peraturan tertulis, maupun peraturan yang dikembangkan melalui tradisi ujaran. Dan orang yang melanggar, akan mendapat ganjaran yang disebut sanksi hukum.

Van Kan

Menurut Van Kan, hukum adalah semua peraturan yang bersifat memaksa. Peraturan ini dibuat sebagai perlindungan terhadap kepentingan masyarakat. Menurut pendapat ini, Kepentingan manusia harus dilindungi oleh negara, dan oleh tradisi kultural. Jika kepentingan ini dicabik-cabik oleh individu atau kelompok, sanksi hukum akan mereka dapatkan.

Utrecht

Utrecht memiliki pandangan definisi hukum yang berbeda. Menurut beliau, hukum adalah kumpulan berbagai peraturan dan tata tertib. Yang didalamnya berisi perintah dan larangan, yang harus dipatuhi masyarakat suka maupun tidak.

Jenis-Jenis Hukum

Jenis-jenis hukum sangat banyak. Namun, menurut garis besarnya, jenis-jenis hukum terbagi menjadi dua. Yaitu, Hukum tertulis dan hukum tidak tertulis. Dari dua jenis inilah, hukum terpetakan lagi menjadi bermacam macam.

  1. Hukum Tertulis

Hukum tertulis adalah, peraturan yang sudah termaktub di dalam berkas perundang-undangan. Hukum yang termasuk jenis ini, ialah hukum pidana dan hukum perdata. Jenis sanksi pelanggaran adalah kurungan.

  1. Hukum Tidak Tertulis

Hukum tidak tertulis adalah hukum yang terdapat di dalam masyarakat. Hukum ini berjalan sesuai kesepakatan budaya, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Norma adalah peraturan yang termasuk hukum tidak tertulis.

Baca Juga :

Itulah Artikel tentang pengertian hukum dan jenis-jenisnya. Semoga bisa menjadikan kita sebagai insan yang lebih taat hukum.

Updated: 29 Januari 2019 — 2:31 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!