Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Ciri Zaman Mesozoikum

Pengertian dan Ciri Zaman Mesozoikum – Dalam ilmu geologi, sejak awal bumi tercipta hingga sekarang ini terdapat beberapa pembagian zaman.

Pembagian tersebut diawali pada zaman Archaeikum atau zaman yang tertua (terjadi sekitar 2.500 juta tahun dimana bumi masih dalam keadaan panas dan belum terdapat kehidupan), Zaman Palaeozoikum atau zaman primer (terjadi kira-kira 340 juta tahun, sudah Nampak tanda-tanda kehidupan), Zaman Mesozoikum atau zaman sekunder (berlangsung kira-kira 140 juta tahun, dimana hewan sebangsa ikan, reptile, amfibi, dan dinosaurus sudah mulai banyak), Neozoikum atau Keinozoikum disebut juga dengan zaman hidup baru (terjadi sejak 60 juta tahun lalu hingga sekarang, zaman ini dibagi menjadi zaman tersier dimana reptil raksasa mulai punah dan selanjutnya zaman kuarter dimana manusia sudah ada).

Pengertian dan Ciri Zaman Mesozoikum

Pengertian dan Ciri Zaman Mesozoikum

Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lebih lanjut mengenai Zaman Mesozoikum.

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa zaman Mesozoikum atau zaman sekunder adalah zaman dimana bumi sudah dihuni oleh Dinosaurus.

Setelah hal tersebut berlangsung selama kurang lebih 140 juta tahun, munculah spesies baru yang berjenis burung dan hewan bertulang belakang.

Pada zaman ini terdapat tiga masa tingkat kehidupan pertengahan, yaitu zaman trias, kretaseus, dan jura.

Zaman Trias adalah zaman yang paling kering dan tidak subur, ditandai dengan jarangnya terdapat fosil hewan maupun tumbuhan.

Pada periode zaman Trias ini kehidupan laut dan darat menunjukansebarab adatif yang dimulai dengan biosfer yang sudah semakin langka setelah terjadinya peristiwa kepunahan Permian-Trias.

Kemudian ada beberapa jenis spesies baru di bumi, seperti karang dari kelompok Zoantharia, tumbuhan berbibiji tertutup (Angeospermae), dan vebrata terbang.

Zaman Trias terbagi menjadi tiga waktu, yaitu : Trias Awal yang didominasi oleh gurun karena pangea belum terpecah, pada masa ini bumi baru saja mengalami kepunahan besar ddimana hampir 95% dari semua kehidupan punah sedangkan hanya tinggal Lystrosaurus, Labyrinthodont, dan Euparkeria beserta beberapa jenis makhluk hidup lain yang masih bertahan hidup.

Trias Tengah merupakan masa dimana Pangaea mulai pecah dan awal mula terciptanya Laut Tethys. Kemudian Ekosistem perlahan mulai pulih.

Trias Trias Akhir ditandai dengan sering terjadinya gelombang panas dan curah hujan yang sedang.

Selanjutnya Zaman Jura, pada masa itu terdapat dua Benua besar di bumi, yaitu Laurasia dan Gondwana. Zaman ini telah teridentifikasi melalui lapisan batuan yang mecirikan awal dan akhir periode ini. Namun untuk waktu terjadinya zaman ini belum bisa dipastikan, kira-kira 5 hingga 10 juta tahun.

Zaman Jura juga terbagi dalam tiga waktu, yaitu : Periode jura Awal yang ditandai dengan iklim yang lebih lembab dan dunia menjadi tropis. Periode Jura Tengah yang ditandai dengan perkembangan reptile secara berkawanan seperti Brachiosaurus dan Diplodocus.

Dan Periode Jura Akhir yang ditandai dengan kembali terjadinya kepunahan karena Pangea yang terpisah.

Kemudian zaman kretaseus atau zaman kapur adalah zaman dimana benua-benua sudah mulai menjauh satu sama lain dan iklim sudah mulai basah. Periode zaman kapur ini terjadi selama hampir setengah zaman Mesozoikum.

Selain itu muncul beberapa jenis dinosaurus baru. Pada Zaman Kretaseus ini juga terbagi menjadi tiga periode, yaitu : Kapur Awal yang ditandai dengan terjadinya perluasan laut.

Zaman kapur akhir yang ditandai dengan terjadinya pembagian wilayah di dunia. Selain itu, Bumi sudah dipenuhi oleh hutan sehingga dinosaurus berevolusi menjadi pemakan tumbuhan.

Ciri-ciri Zaman Mesozoikum :

  1. Terdapat banyak sekali hewan reptile.
  2. Terdapat terjadi pergerakan tektonik, iklim, dan evolusi.
  3. Bumi mengalami pergeseran dan saling menyatu.
  4. Terjadi perkembangan dan pertumbuhan dinosaurus dan binatang reptile lain.
  5. Bumi terasa hangat.

Demikian tadi penjelasan mengenai Zaman Mesozoikum, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!