Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian dan Contoh Kebutuhan PrimerPengertian Kebutuhan primer adalah kebutuhan paling dasar dan paling utama yang harus kita penuhi. Paling basic, jika kita tidak memenuhinya maka itu akan mempengaruhi kelangsungan hidup kita.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Contohnya kita hidup pasti membutuhkan makan dan minum, jika hal itu tidak terpenuhi maka bisa dipastikan kehidupan kita akan berakhir dengan cepat, walaupun semua tentang umur adalah kehendak tuhan, tapi tuhan juga mengajarkan serta menyuruh kita untuk menjaga kesehatan dengan cara makan dan minum secara baik.

Dalam kehidupan terdapat tiga kebutuhan, yang paling utama adalah kebutuhan primer, kemudian sekunder yang ketiga adalah kebutuhan teriser.

Dari penjelasan disimpulkan bahwa kebutuhan paling pokok adalah kebutuhan primer, maka manusia harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan primer tersebut. setelah semua terpenuhi maka bisa mereka memikirkan kebutuhan sekunder dan tersier.

Contoh kebutuhan primer

  1. Sandang (pakaian)

Manusia sangat membutuhkan pakaian, karena pakaian dapat melindungi mereka dari panasnya terik matahari, dari dinginnya udara malam. Tanpa pakaian, mereka juga akan di tuduh sebagai manusia yang tidak bermoral karena melanggar etika kesopanan yang ada. Maka mereka akan mendapatkan sanksi berupa pengkucilan dan cemoohan.

  1. Pangan (makanan)

Bayangkan saja manusia tanpa makan dan minum, apakah mereka bisa hidup?, pasti tidak bisa, karena manusia membutuhkan makan dan minum untuk bertahan hidup dan melewatkan segala aktifitasnya sehari-hari. Jika kita tidak makan maka akan terjadi masalah dalam kinerja organ tubuh kita. Misalkan program diet yang asal-asalan, seperti tidak makan seharian,atau hanya makan sepotong nasi. Memang diet nya akan berhasil, tetapi takakan lama akan terjadi masalah dengan organ-oragan dalam tubuhnya. Karena hal itulah makanan sangatlah penting.

  1. Papan (rumah)

Rumah adalah tempat singgah, tempat kembali dari rutinitas seharian yang cukup melelahkan. Rumah adalah suatu bangunan yang di dalamnya tersimpan sejuta kebahagiaan kesedihan yang dialami suatu keluarga.

Baca Juga :

Tanpa rumah kita tidak bisa bertahan dari teriknya matahari dan dinginnya ketika salju mauapun hujan turun. Terlebih lagi jikakita tidak memiliki rumah, itu akan sangat rentan menjadi sasaran kejahatn di lingkungan luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!