Pengertian dan Definisi Sehat

Pengertian dan Definisi Sehat – Sehat merupakan satu anugrah terbesar yang telah diberikan Tuhan kepada kita, selain itu sehat adalah kondisi dimana setiap hal yang berkaitan dengan tubuh kita bekerja atau berjalan normal sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Dalam Kamus Bessar Bahasa Indonesia, sehat merujuk pada kondisi dimana kondisi badan beserta dengan bagian-bagiannya dalam kondisi yang baik.

Sehat disini tidak hanya berkaitan dengan kondisi tubuh atau badan saja, yang dimaksud sehat itu dalam banyak hal karena seiring berjalannya waktu, kata sehat digunakan dalam berbagai hal.

Pengertian dan Definisi Sehat

Pengertian dan Definisi Sehat

Baca Juga : Pengertian, Jenis, dan Struktur Gigi pada Manusia

Tidak hanya terhadap Makhluk Hidup, tapi juga hampir semua benda yang ada di sekitar kita, sehingga untuk makna dari kata sehat sendiri menjadi semakin luas.

Untuk itu kita harus mengetahui betul pengertian dari kata sehat. Berikut ini beberapa definisi kesehatan menurut para ahli, yaitu;

  1. Pengertian Sehat manurut WHO (World Health Organizations)

Menurut WHO sehat berarti suatu keadaan yang sempurna, baik itu fisik, mental, dan social. Jadi tidak hanya bebas dari penyakit atrau lemah saja, namun sehat yang meliputi jasmani, rohani, dan lingkungan.

Menurut WHO sehat terdiri dari 4 komponen, sehat jasmani, sehat mental, sehat spiritual, dan kesejahteraan social.

  1. Pengertian Sehat Menurut UU No.23/1992

Sehat menurut UU No.23/1992 adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan social yang memungkinkan hidup productif secara social dan ekonomi.

Menurut pengertian tersebut, seseorang dapat dikatakan sehat apabila jiwa, tubuh, dan kehidupan sosialnya berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Pengertian Sehat Menurut Paune 1983

Paune mengemukakan bahwa sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (Self Care Resouces) yang menjamin tindakan perawatan diri (Self Care Actions).

Sumber perawatan diri tersebut mencakup pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.

Sedangkan tindakan perawatan diri merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai (menjaga dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual).

  1. Pengertian Sehat Menurut MUI

Dalam MUNAS Ulama 1983, MUI mendefinisikan sehat sebagai ketahanan jasmaniah, ruhaniah, dan social yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri, dijaga, dipelihara, dikembangkan, serta diamalkan sesuai dengan tuntunan-Nya.

Dari beberapa definisi tersebut kita mengetahui bahwa sehat merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa yang harus kita syukuri dengan cara menjaganya.

Sehat disini tidak hanya berkaitan dengan kondisi tubuh saja, melainkan juga segala hal yang ada di luar maupun di dalam tubuh, termasuk hubungan yang kita miliki. Tentunya ada hal-hal yang dapat membuat seseorang semakin sehat dan kurang sehat.

Hal tersebut ada banyak sekali karena jika kita kaji lebih lanjut, dalam setiap unsur dalam kesehatan seperti fisik, mental, dan social pasti ada kekurangannya.

Untuk itu, marilah kita senantiasa menjaga diri baik itu fisik maupun mental agar kondisi kita di masyarakat juga baik.

Dalam artian sehat fisik dimana kita bugar dan jarang sakit sakitan yang bisa dilakukan salah satunya dengan olahraga.

Sehat mental dimana batin kita merasa tentram dan meminimalisir pikiran-pikiran negative.

Sehat social dimana kita dapat memenuhi kebutuhan tanpa merugikan orang lain dan saling tolong menolong agar tercipta hubungan yang baik dengan orang lain.

Dengan begitu kita dapat merasakan sehat yang mendekati sempurna karena tidak mungkin manusia mendapat kesempurnaan.

Demikianlah artikel tentang kesehatan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Satu hal yang perlu diingat, lakukanlah yang terbaik bagi badan kita, mental kita, dan masyarakat disekitar kita, intinya untuk hidup kita, niscaya hidup kita akan mendekati sempurna.

Baca Juga : Pengertian dan Sistem Peredaran Getah Bening (Limfe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018