Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Dan Fungsi Hormon Brassinosteroids

Pengertian Dan Fungsi Hormon Brassinosteroids – Disini saya akan menjelaskan dan memberitahukan kepada kalian semua pengertian dan fungsi Hormon Brassinosteroids , Tapi sebelumnya apakah ada diantara kalian yang tau pengertian hormon itu sendiri ? dan juga fungsi hormon itu sendiri ?

Perlu kalian ketahui bahwasannya banyak sekali macam macam hormon yang ada dalam tubuh manusia bahkan bukan hanya manusia saja yang mempunyai hormon, hewan dan tumbuhanpun mempunyai hormon tentu dengan manfaat dan fungsi yang berbeda-beda, jadi hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antarkelompok sel, Semua orgasnisme multiselular, termasuk tumbuhan, memproduksi hormon, hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida untuk mencari sel target.

Lantas apa itu Hormon BrassinosteroidsSeperti yang telah dijelaskan di atas bahwa hormon tidak hanya dimiliki manusia saja , bahwa tumbuhan dan hewanpun mempunyai hormon didalam tubuhnya.

Dan tentu saja didalam tumbuhan juga terdapat banyak sekali berbagai hormon, yang memiliki fungsi yang berbeda satu hormon dengan hormon lainnya.Tetapi hormon yang ada dalam tumbuhan ini sama dengan hormon yang ada pada manusia bahwa seyogyanya hormon hormon tersebut saling bekerjasama.

Hal ini tentu dilakukan untuk mencapai tujuan didalam proses pertumbuhan atau perkembangan tumbuhan tersebut. Terus apa itu Hormon Brassinoteroids ? Merupakan sebuah hormon yang mirip dengan kolestrol dan hormon kelamin manusia ( seperti estrogen dan testosteron ).

Hormon akan memicu pemanjangan dan pembelahan sel batang dan kecambah. Hormon ini juga mempengaruhi diferensiasi xilem dan memperlambat gugurnya daun . Hormon Brassinosteroids dihasilkan pada biji yang belum matang , serbuk sari , daun , dan ujung batang .

Dan tentu setiap hormon baik itu pada manusia , hewan maupun tumbuhan mempunyai manfaat dan fungsi nya masing masing , sama hal nya dengan hormon brassinosteroids mempunya fungsi nya sendiri seperti berikut ini :

  • Fungsi pertama , sebagai hormon yang memiliki fungsi sebagai pemicu pembelahan dan pemanjangan sel batang serta kecambah.
  • Fungsi kedua, memiliki fungsi untuk mempengaruhi diferensiasi xilem dan floem.
  • Fungsi ketiga , memiliki fungsi untuk memperlambat gugurnya daun atau absisi daun .
  • Fungsi keempat , memiliki fungsi untuk mempengaruhi sebuah proses fisiologis pada tumbuhan.
  • Fungsi kelima, memiliki dungsi untuk merespon datangnya cahaya, sehingga cahaya yang masuk tersebut bisa bekerja maksimal , pada daun sebuah tumbuhan , sehingga terciptalah proses fotosintesis.
  • Fungsi keenam , juga memiliki fungsi sebagai sensen, rhizpgenesis

Nah dan itulah beberapa fungsi dari hormon brassinosteroids yang memiliki fungsi sebagai pemanjang tunas, sehingga semakin hari semakin bertambah pula panjang tunasnya pada tumbuhan kecambah kacang polong, hal itu tentu bisa terjadi karena memang ada peran dari hormon tersebut, makan hormon brassinosteroids ini menjadi salah satu hormon yang penting.

Baca Juga :

Mungkin itulah pengertian dan fungsi Hormon Brassinosteroids tentu dengan adanya tulisan/artikel ini semoga semakin banyak orang yang tau dan semakin banyak juga orang yang bertambah wawasannya itulah harapan dari penulis, TerimaKasih.

Updated: 30 Januari 2019 — 12:26 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!