Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Fungsi Sistem Saraf Manusia

Pengertian dan Fungsi Sistem Saraf Manusia – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha!

Mengenai sistem saraf manusia tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tapi readers tahu nggak apa itu sistem saraf manusia?

Jika kalian belum mengetahui tentang sistem saraf manusia, pilihan bijak sekali karena kalian telah mengunjungi website ini.

Karena pada kesempatan kali ini, informasi yang akan dibahas yaitu mengenai sistem saraf manusia.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Usus Halus

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Pengertian Sistem Saraf Manusia

Sistem saraf pada manusia merupakan suatu sistem koordinasi (pengatur tubuh) yang berupa penghantaran impuls saraf menuju ke susunan saraf pusat, yaitu pemrosesan impulsa saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan. Unit yang paling kecil dari pelaksanaan kerja sistem saraf yaitu sel saraf atau neuron.

Neuron berperan sebagai alat menghantarkan impuls (rangsangan) dari panca indra menuju otak. Sistem saraf ini sangat berperan dalam iritabilitas tubuh manusia.

Yang dimaksud dengan iritabilitas yaitu kemampuan dalam menanggapi rangsangan.

Iritabilitas ini memungkinkan makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dan juga dapat menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya.

Pada sistem saraf manusia terdapat sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer (biasa disebut dengan sistem saraf tepi).

Pada sistem saraf pusat, terdiri dari otak serta sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem saraf perifer terdiri dari sistem saraf somatik serta sistem saraf otonom.

Baca Juga : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Bagian-bagian Faring

Fungsi Sistem Saraf Manusia

Sistem saraf pada manusia merupakan suatu sistem koordinasi (pengatur tubuh) yang berupa penghantaran impuls saraf menuju ke susunan saraf pusat, yaitu pemrosesan impuls saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan.

Sistem saraf ini memiliki tiga fungsi, yaitu: menerima informasi dalam bentuk stimulus atau rangsangan; memproses informasi yang diterima; dan memberi respon (tanggapan) terhadap rangsang.

  • Menerima informasi dalam bentuk stimulus atau rangsangan. Ini merupakan saraf sebagai alat komunikasi antara dunia di luar tubuh dan tubuh kita sendiri. Proses menerima informasi ini dilakukan oleh alat indera pada manusia, yitu: mata, hidung, kulit, telinga, dan lidah. Karena adanya indera pada tubuh kita, hal tersebut memudahkan kita untuk mengetahui perubahan yang terjadi di luar tubuh.
  • Memproses informasi yang diterima. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sistem saraf merupakan suatu sistem koordinasi (pengatur tubuh) yang berupa penghantaran impuls saraf menuju ke susunan saraf pusat. Informasi atau rangsangan yang diterima oleh indera kita akan dihantarkan menuju ke susunan saraf pusat. Sehingga dapat bekerja serasi sesuai dengan fungsinya masing- masing.
  • Memberi respon (tanggapan) terhadap rangsang. Setelah impuls (rangsangan diterima dan diproses, selanjutnya tubuh akan memberikan respon (tanggapan) terhadap perubahan keadaan di sekitarnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa saraf merupakan pengendali kerja alat tubuh, maka jaringan saraf terdapat pada seluruh tubuh. Contohnya, ketika lengan kita tidak sengaja menyentuh api, sontak kita akan mengangkat tangan kita dan menjauhkannya dari api tersebut.

Nah readers, gimana?

Sudah paham kan mengenai apa itu sistem saraf manusia, apa saja fungsi dari sistem saraf manusia.

Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi membacanya. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Selanjutnya aku bakal ngasih banyak lagi informasi yang bermanfaat buat kalian. Terimaksih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca artikel lainnya yha. sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian, Peranan, Bagian dan Struktur Lambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!