Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Dan Jenis – Jenis Cacat Mata Pada Manusia

Pengertian, Dan Jenis – Jenis Cacat Mata Pada Manusia Pengertian Cacat mata pada manusia merupakan sebuah penyakit yang tidak bisa dianggap remeh karena kondisi buruk ini dapat terjadi pada siapa saja untuk segala usia.

Pengertian, Dan Jenis - Jenis Cacat Mata Pada Manusia

Pengertian, Dan Jenis – Jenis Cacat Mata Pada Manusia

Guna mencegah atau mengatasinya maka maka anda harus mengetahui secara detil terhadap kondisi cacat mata tersebut.

Jika cacat mata ini dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan kebutaan yang cukup fatal, maka dari itu ketahuilah sedini mungkin tentang jenis – jenis cacat mata pada manusia seperti yang akan kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1. Presbiopi

Istilah lain dari jenis cacat mata ini adalah mata tua dimana si penderita memang memiliki gejala sakit mata yaitu rabun jauh atau rabun dekat secara bersamaan. Mereka yang positif terkena penyakit ini akan mengalami kesulitan untuk bekerja dengan komputer, menjahit, maupun membaca.

Penyebabnya adalah : faktor genetik dan lingkungan. Terjadinya kondisi penebalan pada area lensa secara alami sekaligus munculnya keadaan yaitu kehilangan fleksibilitas. Penyebab yang lain adalah bertambahnya usia, terjadinya perubahan kandungan protein di area lensa mata, diabetes, penyakit anemia dan kardiovaskular, ‘hyperopia’, ‘multiple sclerosis’, ‘insufisiensi vaskular’, dan trauma mata.

Gejala – gejala yang perlu diperhatikan adalah munculnya tanda – tanda yaitu terjadinya penurunan penglihatan secara bertahap, membutuhkan cahaya bantuan guna melihat objek jarak jauh dan jarak dekat, dan mulai kesulitan dalam membaca. Mata menjadi mudah lelah karena usai melakukan aktivitas yang kebanyakan melihat jarak dekat dan sakit kepala setelah membaca.

Pengobatan Yang Dilakukan

Pada umumnya perawatan yang wajib dilakukan bagi si penderita adalah dengan menggunakan kacamata ‘korektif’, melakukan operasi atau memakai lensa kontak. Bantuan seperti ini bertujuan agar jatuhnya bayangan cahaya dapat dengan langsung menuju kepada permukaan retina mata.

2. Astigmastisma

Penyakit ini dalam istilah medis dikenal dengan nama / istilah yaitu mata ‘silindris’ dimana merupakan salah satu jenis penyakit mata yang penderitanya memiliki bola mata berbentuk lonjong seperti telur ayam kampung sehingga menyebabkan terjadinya penyebaran bayangan ketika memasuki area mata dan kurang fokus pada bagian retina. Bayangan benda – benda jauh terlihat bergelombang seperti kabur.

Penyebab Penyakit Ini

Penyebab penyakit ini adalah secara garis besar sudah menyerang manusia ketika mereka masih berusia anak – anak dimana pada umumnya terjadi karena adanya faktor keturunan. Penyebab yang lainnya adalah kebiasaan membaca yang buruk atau suka melihat benda – benda berjarak sangat dekat yang menyebabkan kornea mata mendapatkan tekanan secara berlebihan.

Gejala Penyakit Ini

Penglihatan mulai kabur setiap digunakan untuk melihat benda – benda jarak jauh maupun dekat. Mata mudah merasa lelah dan sering merasakan sakit kepala.

Pengobatan Penyakit Ini

Bagi yang positif terkena penyakit ini maka wajib memakai lensa kontak atau kacamata. Menggunakan lensa silinder bisa disarankan apabila kondisi si penderita sudah dianggap parah atau melakukan operasi laser adalah jalan terakhir untuk penyembuhan.

Demikian kami merangkum, semoga bermanfaat !

Baca Juga :

Updated: 24 November 2018 — 4:12 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!