Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin – Vitamin sangat dibutuhkan oleh manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya, karena semuanya tidak akan dapat melakukan aktifitas kehidupan jika kekurangan vitamin.

Dan sebagai akibat kekurangan vitamin ini akan dapat menyebabkan terjadinya peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

PENGERTIAN

Termasuk dalam keluarga zat senyawa kompleks yang sangat diperlukan oleh tubuh setiap manusia dan sangat berfungsi untuk membantu didalam pengaturan atau proses aktifitas tubuh.

SEJARAH

Kazimierz Funk menemukan istilah vitamin pada tahun 1912. Ia mengemukakan bahwa vitamin adalah zat spesial yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi. Istilah vitamin diambil dari kata “vita” dan “amina”. Vita mempunyai pengertian hidup dan amina adalah kumpulan zat sejenis thiamine yang sumber nya didapatkan dari makanan yang kita asup sehari-hari.

Baca Juga : Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengobati Dermatitis Ulcerative

JENIS VITAMIN

Vitamin A (Retinol)

  • Fungsi vitamin A: sebagai kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan, dan untuk sistem imunitas.
  • Makanan yang mengandung vitamin A: susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning, dll
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A: rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dll.

Vitamin B1 (Thiamine)

  • Fungsi vitamin B1: untuk kesehatan jantung dan fungsi syaraf, serta mencegah penyakit beri-beri
  • Makanan yang mengandung vitamin B1: gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1: kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan tubuh berkurang.

Vitamin B2 (Riboflavin)

  • Fungsi vitamin B2: untuk kesehatan kulit dan perkembangan system tubuh.
  • Makanan yang mengandung vitamin B2: sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dll
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B2: turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

Vitamin B3 (Niacinamide)

  • Fungsi vitamin B3: untuk mengubah kalori menjadi energy, meningkatkan system syaraf dan meningkatkan nafsu makan
  • Makanan yang mengandung vitamin B3: buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya
  • Penyakit yang banyak ditimbulkan sebagai akibat dari kekurangan vitamin B3: akan berakibat pada terganggunya fungi sistem pencernaan, fungsi otot akan mudah mengalami keram dan kejang, insomnia atau susah tidur, badan  menjadi lemas, mudah mengalami muntah serta mual, dll

Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

  • Fungsi vitamin B5: untuk kesehatan syaraf dan otak, penghasil senyawa asam dan hormone
  • Makanan yang banyak mengandung vitamin B5: daging merah, susu, sayuran hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5: otot mudah sekali mengalami kram, kesulitan tidur atau insomnia, kulit pecah-pecah, bersisik, dan lain-lain

Vitamin B6 (pridoksin)

  • Fungsi vitamin B6: banyak berpengaruh untuk kesehatan gigi, membantu terbentuknya pembentukan sel darah merah, berguna bagi kesehatan sistem syaraf dan untuk proses pembentukan antibody.
  • Makanan yang mengandung vitamin B6: kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging, dll.
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B6: kulit pecah-pecah, mudah mengalami keram pada otot, insomnia atau kesulitan tidur, dll.

Vitamin B7 (Biotin)

  • Fungsi vitamin B7: adalah untuk reaksi kimia dalam tubuh.
  • Makanan yang mengandung Vitamin B7: kuning telur, ragi, daging tanpa lemak dan gandum.
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B7: menyebabkan masalah kulit, kekurangan darah, susah tidur dan rambut rontok.

Vitamin B9 (asam folat)

  • Fungsi vitamin B9: adalah untuk penurun resiko jantung, pembentuk sel-sel darah merah dan pencegah kecacatan otak janin.
  • Makanan yang mengandung Vitamin B9: kacang-kacangan, bayam, buah jeruk, tomat dan hati.
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3: menyebabkan janin cacat dalam kandungan dan kurang darah atau anemia.

Vitamin B12 (Methylcobalamin)

  • Fungsi vitamin B12: adalah untuk pertumbuhan, kesehatan system syaraf dan pencegah anemia.
  • Makanan yang mengandung vitamin B12: telur, hati, daging, dan lainnya
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12:  kurang darah atau anemia, gampang capek, penyakit pada kulit, dan sebagainya

Vitamin C (Asam askorbat)

  • Fungsi vitamin C: adalah sangat berguna untuk membantu meningkatkan system imun tubuh, pembentukan sel-sel darah merah, sebagai antioksidan, menjaga kesehatan gigi dan gusi.
  • Makanan yang mengandung vitamin C: jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar
  • Penyakit yang banyak ditimbulkan akibat dari kekurangan vitamin C : akan sangat mudah terkena infeksi pada luka, gusi mudah berdarah, dan mengalami rasa nyeri pada persendian dan otot.

Vitamin D (Kalsiferol)

  • Fungsi vitamin D: adalah untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Makanan yang mengandung vitamin D: minyak ikan, susu, telur, keju
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D: gigi akan lebih mudah rusak, otak dapat mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal, menyebabkan diabetes dan osteoporosis.

Vitamin E (Tocopherols)

  • Fungsi vitamin E: adalah pengontrol asam lemak berlebih dan kesehatan kulit.
  • Makanan yang mengandung vitamin E: ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, havermut, dll
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E: mengakibatkan kemandulan baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll

Vitamin K (Menaquinones)

  • Fungsi vitamin K: adalah untuk pencegah diabetes, dan pencegah osteoporosis.
  • Makanan yang mengandung vitamin K: susu, kuning telur, sayuran segar.
  • Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K: darah sulit membeku bila terluka/pendarahan, di dalam tubuh.

Baca Juga : Pengertian, Penyebab, Jenis, Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Kanker Tulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!