Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Karakteristik E-Learning

Pengertian dan Karakteristik E-Learning – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu E-Learning. Simaklah pembahasan pengertian E-Learning berikut dari beberapa sumber :

  1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
  2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
  3. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013).

PENGERTIAN E-LEARING

Dapat disimpulkan bahwa E-Learning adalah sebuah proses kegiatan belajar-mengajar jarak-jauh yang menggunakan media komputer tanpa harus bertatap muka secara langsung. Pada proses kegiatan belajar yang menggunakan E-Learing ini memungkinkan siswa dan siswi atau mahasiswa dan mahasiswi untuk belajar di rumah tanpa harus datang ke sekolah atau universitas masing-masing.

Dengan mengakses sebuah web yang telah menjadi rujukan sebagai media utama untuk belajar E-Learning yang diberikan oleh Guru atau Dosen, kita akan mengunduh materi yang diberikan dan dijadwalkan pada hari tertentu dan mempelajarinya di rumah masing-masing tanpa harus bertatap muka.

Biasanya lembaga yang menggunakan sistem E-learning dalam metode pembelajarannya adalah STTI (Sekolah Tinggi Teknik Informasi) dan pelajaran seputar Teknik Informasi di Universitas.

MANFAAT E-LEARNING

Dari pemaparan di atas tentu saja kita bisa menyimpulkan banyak manfaat mengenai manfaat dari kegiatan E-Learning tersebut, adalah sebagai berikut :

  • Fleksibel

Dengan menggunakan sistem metode pembelajaran E-Learning tentu saja akan membuat waktu belajar lebih fleksibel dan tidak terjadwal, dikarenakan setiap orang bebas memilih waktu yang diinginkan untuk mengakses atau mengunduh materi pelajaran kapapnpun yang diinginkan.

  • Mandiri

Dikatakan mandiri karena setiap orang akan melakukan observasi sendiri atau memegang kendali untuk mengkaji lebih dalam mengenai materi E-Learning baik di dalam web yang menjadi rujukan atau menambah referensi di web lain seputar materi E-Learning yang sudah diunduh/diberikan di web rujukan tersebut.

  • Penghematan Biaya

Tentu saja ketika menerapkan sistem E-Learning maka metode pembelajaran menjadi tidak langsung karena melalui web dengan perantara media computer, hal ini menyebabkan terpangkasnya biaya yang dibutuhkan berupa biaya transportasi, baik pulang ataupun pergi ke sekolah atau universitas.

Karakteristik E-Learning

Berikut ini adalah Karakteristik E-Learning menurut beberapa sumber :

Menurut Rosenberg (2001) karakteristik E-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi.

Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:

  1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik.
  2. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
  3. Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja. 4. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian dan Karakteristik E-Learning. Semoga menambah wawasan pembaca yang budiman.

Updated: 8 Februari 2019 — 2:23 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!