Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Macam-Macam Islah

Pengertian dan Macam-Macam Islah – Secara bahasa, Pengertian islah dalam bahasa Arab memiliki arti memperbaiki, mendamaikan, atau menghilangkan sengketa.

Secara istilah, islah merupakan usaha untuk berbuat baik dan memperbaiki atau mendamaikan pihak-pihak yang berselisih atau bersengketa dengan cara yang seadil-adilnya.

Umat islam tentunya harus menjaga persatuan agar timbulnya perdamaian serta tercipta kehidupan di masyarakat yang damai dan erat.

Terjadinya perbedaan pendapat antara dua pihak atau lebih merupakan hal yang wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, perbedaan pendapat ini hendaknya tidak tumbuh menjadi perselisihan yang berkepanjangan. Islah memang suatu kewajiban bagi umat Islam, karena sudah sepantasnya kedamaian dalam masyarakat dijaga dengan baik.

Ruang lingkup islah sangat luas dan mencakup segala aspek dalam kehidupan manusia. Banyak cara dapat dilakukan untuk mewujudkan perdamaian.

Adapun bentuk islah yang dilarang yaitu islah yang menggunakan cara menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal, sesuai dengan hadits riwayat At Turmudzi “Perdamaian itu dilaksanakan antara para kaum muslimin untuk menghasilkan perdamaian, kecuali perdamaian yang menghalalkan yang Allah haramkan dan mengharamkan yang Allah halalkan”.

Macam-macam Islah

Berikut adalah penjelasan mengenai macam-macam islah dalam kehidupan manusia:

  • Islah dalam menganut agama

Manusia hendaknya menganut agamanya dengan taat dan damai, serta tidak mengganggu kerukunan antara umat beragama

  • Islah dalam kehidupan pribadi

Setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi orang yang baik. Hendaknya semua orang berusaha untuk tetap menjadi orang yang baik, saling menolong sesama manusia, dan mencintai adanya perdamaian. Perdamaian dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat memang dimulai dari adanya niat dalam diri masing-masing untuk menjadi orang yang baik

  • Islah dalam kehidupan bermasyarakat

Manusia memang merupakan makhluk sosial yang tidak bisa bertahan hidup tanpa adanya manusia lainnya. Manusia perlu untuk berhubungan dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi antara manusia memang bisa menciptakan perbedaan pendapat, namun perbedaan ini hendaknya tidak mengganggu perdamaian, malah menjadi sesuatu yang menyatukan masyarakat.

  • Islah dalam pemerintahan

Dalam kehidupan bernegara, hendaknya pemerintah memperhatikan kesejahteraan seluruh rakyatnya. Perlakuan dari pemerintah atau lembaga negara tidak boleh membeda-bedakan rakyatnya berdasarkan golongan tertentu. Hal ini diperlukan agar kedamaian dalam kehidupan bernegara dapat diwujudkan.

Baca Juga :

Updated: 24 November 2018 — 3:40 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!