Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, dan Manfaat Tradisi

Pengertian, dan Manfaat Tradisi – Menurut pendapat dari Wikipedia, Pengertian tradisi atau sebuah kebiasaan ( dalam Bahasa Latin : traditio, diteruskan ) merupakan sesuatu kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama dan hingga saat ini menjadi bagian penting dari kehidupan sebuah kelompok atau masyarakat tertentu di suatu tempat, biasanya dalam skala luas adalah dari suatu negara terkait dengan keberadaan kebudayaan, waktu, atau agama yang sama.

Hal – hal yang mendasar terhadap sebuah tradisi adalah mengenai informasi yang selanjutnya diteruskan dari generasi ke generasi baik itu yang bersifat tertulis atau kadang – kadang lisan dimana jika kondisi ini tidak dijalankan maka seperti menghadapi sebuah tradisi yang hampir punah.

Seperti dijelaskan di atas, tradisi berasal dari suku kata ‘traditium’ mengandung makna semua sesuatu yang akan diwarisi dari masa kejayaan jaman dahulu. Tradisi yang dimaksud adalah hasil cipta beserta karya dari manusia berupa objek material, keyakinan, imajinasi, insiden, atau lembaga – lembaga yang hendak diwariskan dari suatu generasi ke generasi selanjutnya.

Contohnya adalah tentang adat – istiadat, kesenian dan properti yang akan diterapkan. Yang perlu diingat di sini adalah sesuatu yang sudah diwariskan tidak berarti wajib diterima, dihargai, ‘diasimilasi’ atau disimpan hingga yang bersangkutan tiada.

Manfaat Tradisi Yang Dimulai Dari Sebuah Keluarga Kecil

1. Guna mempererat ikatan – ikatan antar anggota keluarga.

Dengan dikenalnya sebuah tradisi yang dianut oleh masing – masing anggota menjadi sebuah ikatan sehingga memberi nilai tambah lain terhadap tradisi yang dimaksud untuk menjadi momen yang diharapkan mampu untuk mengingatkan masing – masing anggota akan nilai berharga terhadap sebuah keluarga.

2. Guna menjaga keseimbangan hidup

Dimana saja masing – masing orang pastilah setiap hari ada saja kesibukan apakah itu bekerja di kantor, keperluan sekolah, atau sekedar kumpul bersama anggota keluarga atau teman – teman, maka dari kondisi ini akan muncul sebuah tradisi untuk meluangkan sedikit waktu guna memperoleh hal – hal yang berbeda sehingga dengan demikian akan terwujud keseimbangan hidup.

3. Sebagai media untuk menjadi pengikat

Apabila dalam suatu masyarakat sudah memiliki sebuah tradisi, maka masing – masing anggota keluarga di dalamnya wajib untuk mengingatnya. Tradisi yang dimaksud adalah menjadi pengikat guna melahirkan rasa bangga dan rindu terhadap anggota keluarga besar.

Updated: 6 Desember 2018 — 4:12 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!